Rahasia Murai Batu Juara 1 Kontes

Diposting pada 25 views
Burung murai batu juara

Burung merupakan salah satu hewan unggas yang bisa terbang dan sering di perlombakan dengan suara yang indah.

Untuk menghasilkan suara yang indah dan memenangkan suatu perlombaan tentu harus merawatnya dengan baik.

Dalam pembahasan kali ini saya hanya sedikit memberi saran, buka berarti sok jago atau sombong.

Namun cara perawatan yang saya berikan ini, sudah saya terapkan pada burung murai yang saya miliki dan sering menjuarai perlombaan.

Saya sendiri sangat hobbi dalam merawat burung murai,kacer, dan burung lainya. Dengan saran yang saya berikan bukan berarti semua burung bisa juara.

Tetapi ada beberapa faktor yang sering di lalaikan untuk memilih burung yang bagus untuk di perlombakan.

Memahami karakter burung adalah langkah yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Karena master peternak burung murai batu juga banyak yang menggunakan cara ini.

Setalah karakter anda juga harus memahami pakan yang harus diberikan agar membentuk mental dan kelincahan burung saat diperlombakan di kontes burung murai.

Apabila burung murai sudah memiliki mental yang baik atau sudah matang. anda bisa mengunakan cara yang saya berikan ini.

Karena cara perawatan yang saya berikan ini hanya bisa diterapkan pada burung murai yang sudah memiliki mental matang saja.

Jika anda baru merawat burung murai dan masih tahap pembentukan. Saya sarankan untuk tidak menggunakan cara ini.

Tidak dapat dipungkiri perawatan burung murai setiap master burung pasti memiliki tips dan cara yang berbeda, agar burung dapat juara setiap diperlombakan .

Cara Perawatan Harian Burung Murai Batu

Perawatan harian tentu berbeda dengan perawatan saat menjelang diperlombakan. Walaupun untuk setiap hari saja, tetapi juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Dapat mempengaruhi kesehatan dan mental burung menjadi menurun saat diperlombakan jika tidak menerapkan rawatan harian burung murai dengan maksimal.

Perhatikan langkah-langkah perawatan agar burung dapa menjuarai kontes dan tidak mengalami Penurunan mental saat di gantang.

  • Bukalah krodong sangkar burung pada pagi hari sekitar jam 07:00 dan dilakukan pada tempat yang teduh.
  • Lalu berikan pakan berupa jangkrik sekitar 5 ekor saja jangan lebih.
  • Dan juga berikan pakan kroto pada wadah pakan burung sebanyak 2 sendok, Sebelum memasukan kroto alangkah baiknya di bersihkan dahulu pada bagian wadah tersebut.
  • Setelah sudah sudah memasukan kroto dalam wadah dan sudah di berikan jangkrik. Anda bisa menjemur burung murai dengan jangka waktu 1 sampai 2 jam saja, dan jangan terlalu lama.
  • Setelah sudah di jemur anginkan burung pada tempat yang teduh selama 20 menit. lalu anda tutup kembali sangkar burung murai dengan kerodong. dan beri masteran suara burung isian.
  • Pada waktu jam 3 sore. silahkan mandikan burung murai anda.
  • Setelah selesai memandikan, jangan lupa beri jangkrik kembali sebanyak 5 ekor saja.
  • Selanjutnya gantang burung pada tempat yang tenang agar tidak setres, usahakan pada tempat yang tidak terlalu terang dengan menutup krodong kembali.

Sebenarnya pemberian jangkrik dan kroto saat di jemur dan setelah dimandikan adalah salah satu cara menghindari burung agar tidak setres.

Pemberian vitamin dapat anda lakukan 2x seminggu saja, Pemberian vitamin terlalu sering tidak baik untuk burung murai.

Burung murai tidak menyukai aroma yang terlalu menyengat. Jika terlalu sering pemberian vitamin, burung murai tidak mau minum dan hasilnya burung akan bersuara serak.

Pemberian vit yang tepat adalah dengan cara diatas. Hal ini sering terjadi dan sering dilakukan oleh pencinta burung murai pemula.

Download Suara Masteran Burung Murai Batu

Perawatan Satu Minggu Sebelum Lomba

Menjalang satu minggu sebelum burung diperlombakan. Ada tahap dan langkah perawatan yang sedikit berbeda dari perawatan diatas.

Perawatan burung sebelum diperlombakan berfungsi sebagai cara burung tidak mengalami masalah saat sudah berada di arena gantangan.

Dalam perlombaan itu, burung harus mempunyai mental yang kuat dan memiliki suara yang unik dan unggul dari burung lain.

Hal yang pertama harus di ketahui karakter burung harus kuat dan memiliki suara yang gacor untuk mendapatkan juara pertama.

Walaupun dirumah burung kita gacor belum tentu waktu di tempat perlombaan akan seperti itu. Bahkan bisa mengalami penurunan mental secara dratis.

Maka sebelum waktu lomba tiba lakukan cara berikut agar tidak mengalami penurunan secara tiba-tiba saat melihat burung lawan.

  • Pada hari senin sampai hari rabu burung lakukan perawatan seperti harian biasa saja.
  • Dan saat hari kamis tiba tembahkan porsi pemberian jangkrik 8 pagi dan 7 sore hari .
  • Pada hari jum’at pemberian pakan jangkrik ditambah menjadi pagi 10 dan sore 10 ekor. tambahkan juga pakan ulat hongkong sebanyak 5 ekor dan perawatan lainya masih sama seperti hari biasa.
  • Selanjutnya pada hari sabtu pekan jangkrik menjadi 15 pagi hari dan 10 sore hari. pakan ulat hongkong tetap 5 saja dan tambahkan kroto 2 sendok saat pagi hari saja. dan untuk perawatan penjemuran jangan dilakuakan dan pada sore hari burung jangan di mandikan. Setelah pemberian kroto, ulat dan jangkrik burung harus di kerodong seharian pada tempat yang teduh.
  • Pada hari minggunya sebelum diperlombakan berikan jangkrik 10 ekor, ulat hongkong 5 ekor saja dan kroto dua sedok . Ingat burung tidak boleh dijemur atau pun dimandikan.
  • Pada saat burung sudah mau di perlombakan usahankan cari tempat yang jauh dari tempat tersebut agar burung tidak berdekatan dengan burung murai lainya sebelum di gantang.
  • Jika setelah ronde pertama selesai dan ingin menurukan kebabak ronde kedua burung jangan anda mandikan tetapi beri pakan jangkrik 5 ekor dan ulat 3 ekor berada di tempat yang jauh dari burung murai lainya.

Bacajuga : cara beternak kroto dengan toples dengan mudah

Perawatan Murai Batu Setelah Lomba

Setelah perlombaan burung murai selesai sesampainya dirumah langsung anda mandikan kembali jangan di beri jangkrik atau pun ulat dan kroto Agar burung tidak menjadi galak setelah diperlombakan dan kembali ke perawatan seperti biasanya.

Yang perlu di ingat kembali bahwa cara perawatan diatas hanya bisa di gunakan oleh burung murai yang siap di perlombakan dan memiliki mental yang sudah matang.

Sehingga burung saat sudah di gantang akan memiliki karakter yang sangat bernafsu untuk menghadapi lawanya dan menjadi burung yang lebih agresif dalam menyambut lawanya.

Lakukan cara diatas dengan benar agar burung murai dapat memiliki tingkat kegacoran yang baik dan seperti yang di harapkan.

Apa bila burung sering diperlombakan dan tidak membedakan cara harian dan cara akan dilombakan, sangat sulit untuk menjadi juara karena pasti akan mengalami Penurun mental saat berada di area perlombaan.

Segi perawatan dan perhatian pada burung setiap hari adalah faktor penentu utama agar burung murai batu yang anda pelihara menjadi burung handalan dan tingkat mental yang luar biasa.

Efek Pemberian Doping Pada Burung Murai Batu

Pemberian domping sebenarnya tidak efektif, karena ada beberapa efek samping terhadap burung. salah satunya memiliki sifat ketergantungan terhadap doping tersebut.

Kalau bisa saya sarankan jangan menggunakan doping, namun lebih mengutamakan dengan pakan dan cara perawatan saja. saya rasa sudah cukup, seperti yang saya lakukan setiap hari.

Efek tersebut akan terlihat jelas ketika burung selesai mabung, burung tidak memiliki gairah dan nafsu makan sama sekali.

Lebih baik anda mengutamakan pekan jangkrik, ulat hongkong dan kroto dengan cara perawatan diatas.

Perawatan burung murai batu dengan teliti dan setiap hari dilakukan akan membuat peningkatan yang sangat baik dan lebih efektif.

Saya memiliki burung murai batu, namun saya tidak pernah menggunakan doping pada burung murai batu saya.

hasil burung sering juara dan semua teman saya juga menirukan cara ini alahamdulilah semua burung juga mengalamami jauh lebih baik.

Jadi pada intinya cara ini bukan saya saja yang membuktikan tetapi juga sahabat dan teman saya.

Bacajuga :Cara Merawat Ayam Bangkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *