Perawatan Burung Kacer Bahan

Diposting pada 9 views
Perawatan Burung Kacer

Perawatan Burung Kacer- memang terbilang cukup sulit untuk menjadikan kicau burung ini. Namun untuk penghobbi burung yang sudah sering merawat burung kacer tetap saja terbilang mudah.

Apalagi untuk pemula pastika akan merasa kesusahan untuk melatih burung kacer bahan hingga burung sudah siap di perlombakan.

Burung kacer adalah salah satu burung yang paling banyak di cari oleh pencita burung kontes, karena tidak jarang juga perlombaan setiap satu minggu sekali diadakan.

Harga burung kacer bahan juga tidak murah, apalagi jika sudah jadi harga sudah pasti meningkat tinggi.

Burung kacer yang sudah jadi, akan mendapatkan respon positif dari para pengghobbi burung kicau.

Sudah pasti banyak yang mengincar untuk dibeli, walaupaun dengan harga yang mahal tetap saja tidak menjadi penghalang.

Karena ketika burung sudah sering juara maka akan mengahasilkan uang yang lebih banyak dari harga burung tersebut.

Untuk malatih dan merawat burung kacer bahan hingga jadi, butuh usaha yang sangat panjang sehingga harus merawatnya dengan baik dan benar.

Perawatan burung kacer sendiri tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Tetapi butuh perawatan dan perhatian yang cukup.

Perawatan burung kacer secara sembaranga tiak dapat membuat burung jadi gacor. Tetapi membuat mental burung menurun dan suara kicau burung kacer pun akan menjadi serak.

Ada beberapa cara perawatan burung kacer yang harus anda ketahui. setiap burung bahan dan burung sudah jadi memiliki cara perawatan berbeda.

Dalam pembahasan kali ini saya ingin berbagai bagaimana perawatan burung kacer yang baik dan benar agar burung memiliki mental yang bagus dan kicau yang gacor ketika di perlombakan. caranya seperti berikut.

Cara Merawat Burung Kacer Bahan

Perawatan yang baik maka akan memprmudah burung kacer cepat gacor, Sehingga perlu langkah dan metode yang benar untuk merawatnya.

Tetapi banyak yang mengalami kegagalan melatih burung kacer bahan, hal tersebut disebabkan karena kurang memperhatikan perawatan dan pemberian pakan yang efektif untuk burung.

Pada umumnya merawat burung kacer bahan adalah salah satu faktor terpenting dalam memeliharanya. Sukses dan tidaknya burung agar jadi dan siap di gantang bisa dilihat dari segi perawatanya.

Apabila burung kacer yang anda pelihara tidak dirawat dengan benar dan hanya semaunya sendiri.

maka hasilnya pun juga akan tidak karuan dan burung akan susah anda didik jika sudah berumur dewasa nantinya. Berikut ini langkah yang tepat merawat burung kacer bahan.

1. Persiapan Kandang Burung Kacer

Kandang adalah tempat yang paling dibutuhkan untuk memelihara burung kacer. Tetapi kandang yang digunakan juga tidak bolah asal membelinya saja.

Karena kadang yang berukuran kecil atau kurang luas akan mempengaruhi gerakan burung sehingga tidak dapat bergerak bebas dan burung bisa setres.

Gunakan kandang yang memiliki luas 30 x 35 cm, lebih luas kandang makan akan lebih bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan burung kacer agar segera berbunyi.

Apabila kacer masih keadaan masih giras jangan tempatkan pada tempat yang terlalu ramai kendaraan. Tempatkan burung kacer pada tempat yang nyaman.

2. Pakan Burung kacer

Burung kacer bahan belum bisa atau belum terbisa dengan pakan pur. maka anda bisa memberikan pakan berupa kroto dan ulat hongkong terlebih dahulu.

Anda bisa memberikan pakan pur dengan mengajarkan secara perlahan. Agar burung kacer mulai terbiasa dengan pakan pur.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mencampurkan pur dengan kroto, namun sebelum dicampur denagan pur berikan pakan kroto full dan setelah sudah habis anda baru memberikan pancingan dengan mencampurkan pur dan kroto di wadah pakannya.

Takaran pur untuk dicampurkan dengan pakan kroto yaitu sekitar 20-30% pakan kroto. Setelah sudah mau full makan pur, maka anda juga masih mencampur pakan pur dengan kroto dengan takaran 50%.

Dengan begitu cara paling ampuh untuk melatih burung kacer agar mau full dengan pakan pur. Untuk jenis pakan pur bisa anda beli dengan berbagai merek ditoko pakan burung di dekat rumah anda.

3. Adaptasi Lingkungan

Adaptasi lingkungan untuk burung kacer sangat di butuh karena perlu waktu agar terbiasa sampai burung jinak dan nyaman di lingkungan tersebut.

Untuk masa adaptasi bisa dilakukan dengan menggantang sangkar di area teras rumah, Agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Karena burung kacer bahan pasti akan gerabag ketika kita membuka krodong pada sangkar. Oleh kerena itu buka kerodong dengan pelan dan saat menutup krodong juga akan gerabag tidak karuan.

Buka krodong sebentar saja ketika sudah, tutup kembali krodong agar burung tidak setres dan gantang kembali di teras rumah.

Lakukan cara ini setiap hari agar burung bisa anda sesuaikan dengan lingkungan anda dan tidak takut dengan manusia lagi.

4. Menjinakan Burung Kacer Bahan

Cara menjinakan burung kacer memang terbilang tidak mudah, namun jika kita mengetahui langkah-langkahnya akan terbilah mudah.

Burung kacer akan gacor dan memiliki mental yang kuat, Jika kita berhasil menjinakkan burung kacer dengan sempurna.

Tahap ini bisa dibilang tahap pembentukan mental. Burung yang sudah jinak tidak akan giras/grabagan ketika kita dibuka krodong pada sangkar dan juga saat didekati.

Ketika krodong terbuka maka burung kacer akan berbunyi. itu tandanya anda berhasil menjinakan dan melatih mental kacer tidak takut terhadap manusia.

Cara menjinakan anda bisa dengan memandikan burung setiap hari dan gantang pada teras rumah agar terbiasa dengan adanya manusia di sekelilingnya. Jangan lupa juga beri pakan kroto sebagai pelengkapnya.

5. Tempat Mandi Burung Kacer

Setelah burung bahan sudah jinak, berikan tempat mandi sendiri di sangkar, siapkan wadah berupa keramba yang sudah di isi air lalu masukan kedalam sangkar.

Di alam liar burung kacer sangat menyukai mandi di genangan air. sehingga burung akan nyaman ditempat tersebut.

Jika langkah penjinakan dapat anda lakukan dengan sempurna, anda bisa memberi dorong atau melatih kegacoran burung kacer.

6. Pemasteran Burung Kacer

Pemasteran burung kacer dapat anda lakukan dengan menggunakan burung asli atau bisa juga menggunakan Mp3 yang bisa anda download lawat ponsel anda.

Suara burung bisa anda tentukan menggunakan suara burung murai, kenari dan suara burung isian lainya.

Nah dengan begitu burung bisa menangkap rangsangan suara tersebut. Masteran ini bertujuan untuk melatih kegacoran burung bahan.

Lakukan pemasteran setiap hari agar burung kacer cepat jadi dan siap di konteskan. Waktu untuk masteran bisa anda lakukan pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Untuk waktu yang tepat, bedakan hasil masteran. Jika pada sore hari maka anda lakukan masteran pada sore hari untuk seterusnya.

Setelah burung sudah tidak giras, mandi sudah nyaman, dan burung sudah ngiriwik. Lakukan langkah dengan menentukan settingan perawatan harian

Perawatan harian bisa dilakukan dengan cara memberi pakan yang efektif. Namun anda tetap menggunakan masteran agar burung cepat jadi dan siap di perlombakan di tempat gantangan.

Nah itulah bagaimana cara merawat dan melatih mental burung bahan agar tidak giras dan jinak. Apabila cara diatas sukses maka menjadikan burung kacer gacor akan lebih mudah.

Bacajuga: Rahasia Murai Batu Juara 1 Kontes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *