Penyebab Ikan Koki Tiba-Tiba Mati

Diposting pada 105 views

Penyebab Ikan Koki Tiba-Tiba Mati- Kematian ikan koki sangat sering terjadi dan menimbulkan pertanyaan dan tanda tanya besar dikalangan penghobby ikan koki.

Apalagi penghobby baru yang masih pemula, pasti akan sering mengalami kematian dan penyakit banyak meyerang. Jika anda masih tahap awal memelihara ikan koki jangan pernah menyerah untuk memelihara ikan koki agar tetap hidup dalam waktu panjang.

Semakin lama anda mengalami masalah saat memelihara ikan koki tentu akan semakin bertambah juga pengalaman anda untuk menangani penyakit yang menyerang ikan mas koki itu sendiri.

Penyebab Ikan Koki Mati Mendadak

Nah dalam pembahasan ini, saya ingin berbagi bagaimana penyebab dan faktor ikan koki bisa mati secara mendadak. Bahkan jika anda lihat pada tubuh ikan koki tidak mengalami penyakit atau becak merah.

Terkadang ikan koki mati bukan karena penyakit atau bisa terpengaruh dari drop suhu. hal ini biasanya terjadi pada saat musim pancaroba. apalagi anda sebagai petani yang memelihara pada kolam out door yang pasti sangat berpengaruh besar ikan koki mati secara mendadak.

Oleh sebaB itu jika anda memelihara ikan koki pada kolam out door pada musim pancaroba jangan sekali-sekali memberikan air terlalu dalam. jika air dalam kolam terlalu tinggi akan mengalami drop suhu dan penyakit jamur, finroot dan penyakit lainya akan menyerang. kurangi ketinggian air pada musim pancaroba atau musim dingin.

Terus bagaimana jika memeliharA di aquarium/tank? nah jika anda memelihara pada Aqurium/tank tentu sangat mudah untuk mengoptimalkan pada musim pancaroba. Anda bisa memberikan heater untuk mempertahankan suhu dengan setelan suhu antara 28 – 30 drajat. jadi pada intinya memelihara ikan koki pada aquarium tidak usah mengurangi air, tetapi cukup anda menggunakan heater saja dan berikan okesigen yang banyak agar ikan koki tidak mati kekurangan oksigen saat menggunakan heater.

Berikut ini bagaimana penyebab ikan koki bisa tiba-tiba mati dan bagaimana cara menanganinya agar tidak terjadi kematian berkelanjutan untuk ikan mas koki yang anda pelihara. Seperti berikut penjelasanya :

1. Mengalami Drop Suhu

Nah pada biasanya ikan koki terlihat sangat sehat dan tidak menunjukan gejala sakit atau timbulnya penyakit yang menyerang ikan mas koki. Perlu ketelitian dan perhatian untuk memelihara ikan ini agar gejala drop suhu bisa teratasi dan ikan koki tidak berujung kematian.

Ciri-ciri ikan mas koki mengalami drop suhu seperti berikut :

  • Tanda pertama ikan mas koki yang mengalami drop suhu biasanya ikan akan diam dan tidak mau makan.
  • Ikan mas koki akan mengalami lambat dalam bergerak, jika di pegang ikan terlihat lemas.
  • Ikan mas koki akan menyendiri dan tidak mau berkelompok dengan ikan yang lain. Jika di biarkan maka ikan mas koki akan mengalami kematian.

Cara menangani ikan mas koki yang mengalami drop suhu :

  • Lakukan penanganan dengan mengarantina ikan yang sudah terkena drop suhu dengan menggunakan heater dan tambahkan obat medifit, garam pada kolam karantina anda. gunakan obat karantina dengan dosis yang sudah dianjurkan.
  • Jika pada musim dingin air kolam jangan terlalu tinggi agar ikan koki tidak mengalami drop suhu, jika sudah ada yang terkena lakukan pengurangan air pada kolam agar tidak semua ikan yang ada di kolam mengalami drop suhu.

2. Mengalami Busuk Ingsang

Selain mengalami drop suhu ikan koki mati secara mendadak juga mengalami ingsang berjamur atau biasanya disebut juga dengan busuk ingsang, hal penyebab busuk ingsang adalah air jarang di ganti atau juga pada musim pancaroba penyakit jenis ini menyerang ikan mas koki.

Pada musim dingin jangan lupa untuk mengganti air secara rutin dan membersihkan filter agar kebersihan air selalu terjaga.

Cara menangani ikan koki yang terkena busuk ingsang :

  • Karantina ikan yang sudah terkena busuk ingsang
  • Gunakan obat tetracycline dan berikan dosis yang sudah dianjurakan
  • Selama ikan pada masa penyembuhan jangan diberi makan selama 3 hari.
  • Untuk mempercepat penyembuhan bisa menggunakan penyetabil suhu menggunakan heater dan seting suhu 30 drajat celcius. dalam suhu tersebut bakteri tidak akan mudah berkembang dan ikan mas koki akan lebih cepat sembuh.

Agar penyakit tidak mudah menyerang menjaga kualitas air adalah salah satu penanganan utama untuk mencegah agar ikan koki yang anda pelihara tidak terserang penayakit. Terkadang banyak sekali penghobby pemula yang kurang mengutamakan kebersihan air.

Jika ada ikan yang mati mendadak lakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ingsang jika pada bada ikan mas koki tidak terdapat penyakit yang menyerang. Jika pada ingsang tidak ada pembusukan ingsang, berarti ikan mas koki anda mengalami drop suhu, langkah dan cara menanganinya sudah saya jelas diatas bagaimana jika ikan mengalami drop suhu.

Itulah bagaimana penyebab ikan mas koki anda bisa mangalami kematian secara tiba-tiba dan bagaimana cara menanganinya, semoaga dalam pembahasan kali ini dapat membantu penghobby pemula dalam merawat ikan mas koki tidak mengalami kematian.

BACAJUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *