Pengertian Merunduk Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Merunduk Menurut Para Ahli

Pengertian Merunduk Menurut Para Ahli- Pengertian merunduk adalah salah satu pengembangbiakan tanaman secara vegetatif ( Tak kawin ) dan dengan cara membengkokan batang atau ranting pohon lalu memendam/menanam didalam tanah.

Sedangkan tanaman yang bisa dikembangbiakan dengan sistem merunduk yaitu jenis tanaman yang memiliki batang yang menjulur dan lentur.

Banyak jenis-jenis tanaman yang bisa dikembangbiakan dengan sistem vegetatif atau lebih dikenal dengan sistem merunduk. dengan menggunakan teknik ini bisa dengan mudah mengembangbiakan tanaman dengan cepat dan tidak menghandalkan pengembangan dari biji.

Langkah-Langkah Menanam Sistem Merunduk :

  • Langkah pertama lakukan sedikit pengeratan ke batang tanaman yang akan di kembangbiakan
  • Langkah kedua merundukan (Melengkung) ranting atau batang tanaman yang telah di keratkan ketanah.
  • Langkah ketiga lakukan penyiraman pada tanah untuk menjaga kelembapan lakukan sampai tumbuh tanaman baru.

Bacajuga : Cara menanam Nangka Mini Di pot

Pembagian 2 Macam Merunduk

Jika kita sudah mengetahui pengertian merunduk, yang perlu dikatahui sistem tanam merunduk sebenarnya bisa di bagi menjadi dua macam yaitu merunduk biasa dan merunduk majemuk.

1. Cara Menanam Merunduk Biasa

Cara menanam dengan merunduk biasa yaitu batang tanaman dirundukan terlebih dahulu, lalu timbun batang dengan tanah kecuali bagain cabang ujungnya. setelah tanaman sudah bertumbuh akar atau menjadi tanaman baru, potong batang tersebut sehingga sudah menjadi bibit untuk di tanam lagi.

2. Cara menanam Merunduk Majemuk

Cara tanam meruduk yaitu batang tanaman di rundukan semua, lalu timbun semua cabang atau ranting dengan tanah kebeberapa tempat atau keseluruh tempat di sekitar tanaman. Itulah perbedaan merunduk biasa dan merunduk majemuk yang perlu anda ketahui

Bacajuga: Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah

Contoh Tanaman Merunduk

Setelah mengetahui cara merunduk biasa dan mejemuk, selanjutnya dengan mengetahui jenis apa saja tanaman yang bisa di kembangbiakan dengan cara merunduk, selanjutnya contoh tanaman yang bisa dijadikan tanaman merunduk juga ada dua macam seperti berikut :

Contoh Tanaman Merunduk Majemuk

1. Anggur

Tanaman anggur juga adalah salah satu tanaman yang bisa anda kembangbiakan secara mejemuk, ya sistem majemuk adalah seperti kita jelaskan pada poin diatas yaitu menimbun seluruh cabang dengan tanah sehingga akan menjadikan tanaman baru.

2. Tanaman Asoka

Tanaman asoka adalah salah satu tanaman yang bisa di kembangbiakan dengan cara majemuk juga. Dengan cara sistem tanam vegetatif tanaman asoka jauh lebih cepat tumbuh.

3. Apel

Apel juga masuk dalam kelompok tanaman yang di kembangbiakan dengan cara vegetatif dengan sistem merunduk majemuk.

Bacajuga: Cara Ampuh Mengatasi Hama Orong-Orong

Contoh Tanaman Merunduk Biasa

1. Bunga mawar

Bunga mawar Adalah salah satu jenis tanaman yang bisa di kembangbiakan dengan cara vegetatif dengan sistem merunduk biasa. Sebenarnya cara ini memang hampir sama dengan sistem merunduk majemuk, hanya saja yang membedakan sistem merunduk biasa hanya sebagaian saja cabang yang di timbuni tanah.

2. Buah Arbei

Buah arbei adalah salah satu tanaman yang bisa juga di kembangbiakan dengan cara merunduk biasa. jenis tanaman ini setelah di timbun tanah akan menghasilkan akar untuk tumbuh menjadi tanaman baru membutuhkan wakti 2-3 minggu.

3. Jambu Air

Jambu air juga dapat di kembangbiakan dengan cara merunduk biasa, sehingga akan membuat pertumbuhan jambu lebih cepat dari pada mengembangkan dari bijinya dan jambu akan lebih cepat untuk mengasilkan buah.

Demikian pengertian merunduk dan contoh jenis tanaman merunduk biasa dan majemuk yang dapat kami rangkum dalam bentuk artikel ini untuk memabantu kawan-kawan memahami bagaimana cara membedakanya, semoga dapat di pahami dan bermanfaat untuk kita semua terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *