Panduan Budidaya Pisang Kepok Untuk Pemula

Diposting pada 25 views
Cara budidaya pisang kepok

Panduan Budidaya Pisang Kepok- Tanaman yang satu ini memang sangat populer dikalangan masyarakat indonesia. Dengan bentuk pisang yang berbeda dengan bentuk pisang lain.

Di Indonesia pisang kepok bisa anda temukan biasanya ditanam di area perumahan oleh petani. Jika kita berjalan diarea perdesaan banyak sekali yang menanam di area perumahan.

Pisang kepok juga bisanya di olah menjadi olahan campuran kue dan juga sebagai pisang goreng dan masih banyak lagi kegunaan pisang ini.

Sebab itu tingginya permintaan pasar, membuat pisang satu ini menjadi salah satu incaran untuk di budidayakan petani.

Prospek sangat bagus jika anda juga ingin berbudidaya pisang kepok, harga pasarnya tinggi sehingga income yang besar yang anda dapatkan.

Namun dalam dunia budidaya sebelum anda melakukanya ada beberapa yang harus anda pelajari agar mendapatkan hasil panen yang sesuai yang anda inginkan.

Budidaya pisang kepok sangat lah tidak sulit dalam perawatanya, sehingga menjadi peluang usaha yang pas untuk anda lakukan tanpa sekill khusus.

Agar anda lebih faham bagaimana cara memulai budidaya yang benar agar mendapatakan hasil budidaya yang bagus.

Berikut ini akan saya terangkan dalam pembahasan kali ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang Kepok

  • Syarat Tumbuh sebenarnya tidak dulit dapat tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi, dengan ketinggian 1000 – 2000 mdpl.
  • Syarat Tumbuh berikutnya tanaman ini sangat cocok pada media tanah yang memiliki unsur hara yang cukup dan memiliki tanah yang gembur, maka akan cepat tumbuh dengan baik.
  • Jauh lebih baik lagi bila anda tanaman pada area tanah yang mengandung kapur, agar cepat dalam meresap nutrisi pada unsur tanah tersebut.
  • Iklim juga perlu anda perhatikan pada tanaman pisang kepok lebih menyukai area lahan yang lembab dan iklim teropis.
  • Faktor curah hujan pertahunya pada area tanah juga mempengaruhi, jika saat musim kering anda bisa melakukan penyiraman.
  • Perhatikan area tanah yang tidak dapat tergenang air atau bisa dikatakan terendam dengan jangaka waktu yang lama.
  • Jika terndam terlalu lama akan membuat pohon pisang tersebut membusuk dan anda akan gagal penen tentunya.

Apakah sayarat tersebut sangat penting?. ya memang sangat Penting sekali dan mempengaruhi pertumbuhan pohon pisang kepok.

Jika lahan yang akan anda tanami memenuhi sayarat diatas berarti tanah tersebut sangat subur dan bagus untuk bebudidaya pisang kepok.

Karena keberhasilan berbudidaya pisang kepok juga dapat berpengaruh dari faktor lahan yang akan ditanami. Jika tanah tersebut tandus dan tidak lembab maka akan membuat tanaman pisang kepok tidak tumbuh dengan baik.

Cara Budidaya Pisang Kepok

Sebenarnya pisang kepok bisa tumbuh didaearah manapun, namun jika ingin mendapat hasil yang optimal perlu mempoerhatikan tingkat kesuburan lahan yang akan kita tanami.

Dengan memperhatikan lahan yang bagus dan memiliki tekstur tanah yang gembur maka hasil panen pun juga melimpah.

Anda tertarik ingin budidaya pisang kepok berikut ini langkah-langakah yang tepat untuk anda pelejari :

Cara memilih Bibit Unggul Pisang Kepok

Bukan menjdi rahasia lagi, bibit adalah faktor penentu utama untuk mendapatkan hasil panen yang memuasakan.

Dalam pemilihan bibit sendiri tidak boleh asal saja, perlu diperhatikan kulitas bibit yang akan anda tanam.

Jika bibit tersebut mengalami kerusakan dan anda paksa untuk ditanam maka akan berdampak buruk untuk hasil petumbuhannya.

Dan hasilnya penanaman anda hanya akan sia-sia saja, tidalk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, anda akan mengalami kerugian modal tanam.

  • Ciri pisang kepok yang baik untuk anda jadikan bibit adalah pilih lah bibit yang hasil dari pengembangbiakan yang hasil vegetative yaitu hasil tunas atau kultur jaringan.
  • Bibit yang baik memiliki tinggi 1 – 1,5 meter. Dan bibit diambil dari pohon pisang kepok yang memiliki kualitas baik dan tingkat produksi buangya bagus.
  • Ambil lah tunas bibit pada pohon pisang kepok yang sudah berumur dewasa. Tanda pisang yang sudah dewasa pohon tersebut sudah berbunga dan bonggol yang memiliki pencandangan makanan.
  • Ambillah bibit tunas pisang kepok tersebut yang daunya masih menggulung, jangan memilih bibit yang daunya melebar.

Cara Proses Pengolahan Lahan

Sebelum anda menanam bibit pisang kepok anda harus melakukan survaei kulitas tanah apakah lembab atau tidak.

Dan lakukan pengecekan juga untuk membasmi hama jika ada dilahan tersebut seperti gulma, semak- semak dan tumbuhan yang mempengaruhi perkembangan bibit pisang yang akan anda tanam direa tersebut.

Jangan lupa buatlah aliran air agar jika turun hujan tidak tergenang air sehingga tanaman anda aman dari rendaman air hujan yang berlebihan yang dapat membuat tanaman pisang anda busuk.

Setelah itu anda dapat membuat lubang pada area lahan dengan ukuran 30x30x30 Cm. Fungsi lubang tersebut untuk menanam bibit pisang.

Lakukan pencampuran pupuk kandang 5 kg / satu lubang galian. fungsinya agar kualitas buah yang dihasilkan baik dan optimal.

Jarak yang baik untuk lubang tanam antara 3 x3 meter. fungsinya agar tidak berhimpitan dan pada lorong tanah yang kosong tersebut masih bisa di manfaatkan untuk menanam sayuran atau tanaman sejenisnya.

Cara Menanam Pisang

Untuk penanaman pisang kepok sendiri musim yang paling baik adalah pada saat musim hujan Agar tenaman tidak kekurangan air. Penanaman bisa anda lakukan pada waktu pagi dan sore hari.

  • Buang bebrapa daun bibit fungsinya untuk mengurangi penguapan. buang pada daun yang sudah mekar saja, sisakan daun yang masih menguncup.
  • Selanjutnya anda lakukan penanaman kelubang yang sudah anda buat tadi dan lalu timbun dengan tanah galian yang sudah anda campur pupuk kandang.
  • Berikan anjir pada bibit pisang yang berfungsi sebagai penumpang agar tidak roboh saat terkena angin.

Cara Perawatan Pohon Pisang Kepok

Nah untuk perwatanya sebenarnya tidak ada perwatan khusus hanya saja anda untuk meperhatikan pertumbuhan pada pohon pisang tersebut dan membersihkan gulma pada area lahan yang anda tanami dan membersihan tumbuhan yang dapat menghambat pertumbuhan pohon pisang.

Berikut cara perwatanya yang benar :

1. Pengairan

Proses pengairan dapat andalakukan secara rutin, namun juga lihat kondisi musim. Pada musim penghujan anda tidak perlu melakukanya dan pengaliran bisa anda lakukan lewat aliran air yang sudah anda buat.

2. Penyiangan

Lakukanpenyiangan secara rutin agar tanaman tidak terganggu oleh gulma yang menggangu pertumbuhan pohon pisang tersebut. Singkirkan rumput pada area lahan penanaman.

Dan anda juga sekalian mengemburkan tanah yang ada di sekeliling pohon pisang. Sehingga dapat memperbaiki perkembangan akar pohon pisang.

3. Penjarangan

Proses penjarangan harus dilakukan dengan membuang anakan yang terdapat pada batang bawah pohon pisang. sisakan anakan pohon pisang per satu batang 3-4 saja yang lainya bisa anda buang.

Agar penyerapan Nutrisi pada tanaman tidak terganggu dan tetap fokus pada pohon pisang yang sudah dewasa agar buah optimal.

4. Pembungkusan Buah Dan Pemotongan Jantung Pisang

Pada saat pohon pisang sudah berbuah anda bisa membungkusnya dengan plastik dan memotong jantung pisang yang sudah berjarak 25 cm. pembungkusan dilakukan untuk menghindari hama dan penyakit yang dapat menyerang buah pisang dan berikan lubang pada pembungkus buah tersebut dengan ukiuran 0.5 cm untuk mengeluarkan air hasil penguapan.

5.Tahap Pemupukan

Tahap pemupukan dilakukan sebagai pendongkrak utama pertumbuhan pohon pisang untuk memberi asupan nutrisi dan zat kalium.

Lakukan pemupukan dua kali dalam jangka 1 th. Yang perlu anda ketahui tanaman pisang kepok membutuhkan kalium dengan jumlah besar.

Untuk satu hektar lahan membutuhkan pupuk urea 207 kg, 138 kg pupuk super fospat, 600 kg KCL dan 200 kg kapur. Setelah 6 bln penanaman anda bisa melakukan pemupukan dengan cara pupuk di letakan pada area akar.

6. Tahap Pemanenan

Pemanenan dapat anda lakukan 3 bulan dari bibit pisang di tanam. Nah dalam jangka waktu satu tahun anda dapat melakukan pemanenan 2-3 kali.

Untuk mengatahui ciri buah pisang yang sudah siap dipanen anda juga bisa membedakan dari bentuk buah yang sudah tua danyang masih muda.

Demikianlah cara pembahasan tentang budidaya pisang kepok yang dapat anda lakukan dirumah dengan mudah mengikuti tata cara diatas semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *