Jenis – Jenis Hama Tanaman Padi

Diposting pada

Jenis – Jenis Hama Tanaman Padi- Padi merupakan sumber pangan pokok masyarakat di indonesia, sehingga meningkatkan tanaman padi sangat di pentingkan.

Mangoptimalkan hasil panen tanaman padi untuk menunjang kebarhasilan hingga masa panen sering menjadi perbincangan oleh petani.

Jika petani padi terus mengalami kegagalan dalam mengelola lahan tanam dan terus mengalami kemerosotan dalam masa panen akan berakibat fatal.

Hal yang akan terus terjadi jika gagal panen terus meningkat yang akan merasakan bukan lah petani saja, tetapi seluruh masyarakat di indonesia.

Dengan mengendalikan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman padi bahkan sering terjadi kegagalan dalam pengendaian hama tersebut.

Hama tanaman padi terbilang cukup ganas dan terkadang susah untuk di tangani, banyak petani yang mengeluhkan hal ini.

Oleh sebab itu pengenalan hama apa saja yang dapat menyerang sangat penting diketahui petani untuk selalu waspada dalam menjaga tanaman padi.

Hama Tanaman Padi Wajib Di Ketahui Petani

Pengacau tanaman padi tidak lain adalah hama yang dapat menyerang tanpa mengenal waktu dan tempat, sehingga perlu dilakukan pembasmian.

Pengenalan tentang hama yang menyerang tanaman padi sangat di perlukan. Jangan sampai petani tidak megetahui hama apa saja yang menyerang tanamanya.

Jika tidak mengenali jenis hama yang menyerang tanaman padi akan membuat petani itu sendiri kebingungan karena tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Dengan mengenali nama hama satu persatu dapat mempermudah petani mengetahui bagaimana cara mengatasinya pengendalian hama. Simak berikut ini 7 hama tanaman padi yang wajib di waspadai oleh petani.

Bacajuga: Cara Menanam Padi Yang Benar

1. Hama Tikus

Tikus adalah salah hewan yang sering mengganggu tanaman padi. Jika hama ini menyerang tanaman padi dapat menyebabkan gagal panen.

Hama tikus tergolong ganas dan dapat menyebkan kerusakan tanama yang berjumlah besar bahkan dalam waktu satu malam dapat menghabiskan batang tanaman padi.

Untuk pengendalian hama satu ini terbilang sangat tidak mudah bahakan sering petani berupaya menggunakan segala cara untuk membasmi atau mengusir hama ini.

Hewan tikus merupakan salah satu hewan yang aktif pada malam hari sehingga pada keadaan lahan tanam tidak ada manusia akan menyerang tanaman dengan leluasa.

Proses berkembang biak tikus sendiri terbilang begitu cepat sehingga hama satu ini begitu sulit untuk di kendalikan pada area persawahan.

Jika pada siang hari tikus akan bersarang pada semak, lubang tanah dan tempat yang rimbun dan jarang di masuki manusia.

Dalam satu lubang biasanya dihuni tidak haya satu atau ekor tikus, karena pada malam hari hewan tikus akan beraktivitas berkelompok, oleh sebab itu tanaman padi yang terserang bayak mengalami kegagalan panen.

2. Hama Wereng

Wereng marupakan hewan yang menjadi salah satu hama tanaman padi juga, walupun tidak seganas hama tikus tetapi hama wereng juga dapat menghambat pertumbuhan padi.

Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan pada batang padi dan dapat menularkan virus Tungro. Virus ini lah yang nantinya dapat menjalar ketanaman padi dan mengakibatkan gagal panen.

Jarak tanaman padi terlalu rapat akan membuat hama wereng dapat cepat berkembang biak dan membuat tanaman padi mati atau susah tumbuh karena terkena virus yang di sebabkan hama wereng ini.

Sehingga bisa anda antisipasi dengan mengatur jarak tanam agar hama wereng tidak mudah berkembang biak atau menambah populasi.

Bacajuga: Cara menanam Kacang Tanah Dengan Mudah

3. Hama Keong Mas

Jenis - Jenis Hama Tanaman Padi

Keong mas adalah salah hama juga yang dapat menyerang tanaman padi, bisanya tanaman ini menyerang padi pada masa vegetatif.

Pada masa vegetatif tanaman padi diserang hama ini akan membuat padi mati karena hama tersebut menyerang bagian daun atau tanaman padi itu sendiri.

Untuk mengatasi hama satu ini yaitu dengan cara membuat jebakan dengan membuang telur keong mas.

Buatlah parit di pinggir lahan tanam dan letakan daun pisang atau daun pepaya di area persawahan atau pada parit yang anda buat tadi.

Tujuan pelatakan daun pepaya pada lahan tanam adalah agar keong mas berkumpul pada daun tersebut

Jika keong mas sudah berkumpul langkah selanjut adalah pidahkan ketempat yang aman dari tanaman dan letakan lagi daun yang baru untuk mengatasi hama ini jika masih terdapat pada area persawahan.

4. Hama Kepik Hijau

Hama Kepik Hijau adalah hama yang biasanya merang tanaman padi dan memiliki bekas seperti bakas tusukan pada batang tanaman padi.

Jika tanaman padi yang terserang pada bagian buah maka akan memiliki bekas noda seperti bekas hisapan.

Hal yang dikhawaatirkan pada hama ini adalah padi yang terserang akan mengalami kegagalan dalam pertumbuhan.

Padi akan tumbuh kerdil jika sudah diserang hami ini hal ini lah di takuti oleh petani padi, oleh sebab itu penanganan hama sangat di pentingkan.

Untuk cara menangani hama ini anda bisa memusnahkan telur-telur terdapat pada tanaman padi menggunakan pestisida semprot secara berkala.

5. Hama Walang sangit

Walang sangit juga tidak jauh berbeda dari hama kepik hijau. Karena hama walang sangit juga bisa mengacam pertumbuhan dan produktivitas tanaman padi.

Tanaman padi yang terserang hama ini, biji padi yang di hasilkan akan mengalami kusut dan berwana coklat. sedangkan jika di olah menjadi beras rasanya pun juga tidak enak seperti beras pada umumnya.

Namun untuk mengatasi hama ini sebenarnya tidak sulit dan tidak seganas hama tikus. cara menangani cukup mudah dengan menyemprotkan sabun pada tanaman.

Semprotkan secara merata ke tempat dimana walang sangit singgah sehingga tanaman padi yang anda tanaman tidak rusak produktivitasnya.

6. Hama Burung

Burung juga bisa menjadi salah satu hama tanaman padi. hal ini disebabkan karena burung emprit sangat menyukai biji tanaman padi.

Hama ini biasanya akan memakan tanaman padi pada saat biji tanaman sudah berusia tua dan hama burung juga akan membuat malai padi patah.

sehingga untuk menangani hama burung anda bisa menggunakan jaring pada pinggir lahan untuk mengendalikan hama tanaman padi ini.

Cara ini sangat efektif dan kebanyakan petani padi menggunakan jaring untuk menangkap burung yang akan memakan biji tanamannya.

Bacajuga: Tanaman Pertanian Menguntungkan

7. Hama Pengerek Batang Padi

Hama pengerek batang padi salah satu hama yang memiliki banyak jenis. beberapa diantaranya memiliki warna putih, merah jambu, kuning atau belang.

Hama jenis ini biasanya akan menyerang bagian batang padi dan pelepah daun padi. cara menekan populasi hama pengerek ini biasanya petani membuang bagian tanaman yang terserang hama ini.

Nah itulah jenis hama tanaman padi yang harus di waspadai dan bisa menjaga tanaman padi tidak terserang hama tersebut.

Apabila tanaman padi terserang salah satu hama tersebut segera tangani dengan benar dan padi dapat di selamatkan dari gangguan hama hingga masa panen tiba.

Semoga dalam pembahasan kali ini dapat memberi informasi dan bermanfaat untuk anda ketahui tentang jenis-jenis hama tanaman padi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *