Fungsi Pupuk Za Untuk Tanaman

Diposting pada 32 views
Manfaat pupuk Za Untuk tanaman

Fungsi Pupuk Za Untuk Tanaman Padi- Pupuk adalah salah satu faktor yang sangat berperan penting untuk tanaman tumbuh dan berkembang.

Sehingga pupuk harus di berikan kepada tanaman jenis apapun untuk mendapatkan hasil panen yang baik dan maksimal.

Oleh karena itu tanaman padi maupun tanaman lain sangat membutuhkan dan harus diberikan dengan dosis yang benar dan sesuai standar.

Penggunaan pupuk kimia sendiri ada beberapa jenis yang tidak boleh di gunakan oleh petani karena memiliki dampak buruk terhadap lingkungan.

Akan tetapi boleh saja menggunakan pupuk kimia asal penggunaan tidak melebih dosis yang sudah di anjur oleh kementerian pertanian.

Sehingga dengan penggunaan pupuk kimia sesuai dosis yang sudah dianjurkan dapat memberikan dampak baik terhadap tanaman dan dapat menyuburkan.

Cara pemberian atau penerapan pupuk kimia sendiri sangat mudah dan praktis, sehingga kebanyakan masyarakat indonesia banyak yang menggunakannya.

Bagi petani pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk kimia yang sangat berdampak cepat terhadap tanaman.

Walaupun penggunaan pupuk organik sangat ramah terhadap lingkungan dan memberikan kesuburan tanah yang baik. Terkadang banyak petani yang kurang puas terhadap hasilnya.

Sehingga banyak petani mengambil jalan cepat dengan menggunakan pupuk kimia, sehingga hasil pertumbuhan tanaman memang lebih cepat jika dengan takaran dosisi yang sesuai.

Apabila digunakan dengan dosis yang tidak sesuai maka akan memberi dampak buruk terhadap tanaman mengalami keracunan dan mati.

Selain itu juga dapat mencemari lingkungan sekitar dan tanah akan menjadi buruk jika ditanami kembali. tingkat kesuburan tanah pun akan tercemari.

Jika anda memilih menggunakan pupuk kimia untuk penunjang tanaman anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik ketahui dahulu pupuk kimia yang boleh digunakan dan sesuai aturan kementiran pertania.

Tentu saja ada beberapa jenis pupuk yang tidak dianjurkan untuk diberikan kepada tanaman. dengan alasan dapat memberi dampak buruk terhadap tanaman.

Sebagai petani yang baik maka langkah yang diperlukan untuk menggunakan pupuk kimia sesuai jenisnya.

Pupuk Organik Yang Sering Di Gunakan Petani

Berikut ini jenis pupuk organik yang sering di gunakan petani untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanamannya.

  1. Pupuk Urea ( Amonium Carbamide )
  2. Pupuk Amonium Sulfat ( Za )
  3. Pupuk Kalium Klorida ( KCL )
  4. Pupuk Super Fosfat ( Sp36 )
  5. Pupuk Nitrogen Fosfat Kalium ( NPK Phonska )
  6. Pupuk Kalium Sulfat ( ZK )
  7. Kapur Karbonat ( Dolomite )

Untuk penggunaan pupuk diatas tentu harus menyesuaikan situasi dan kondisi. Yang paling penting adalah sesuai yang dibutuh untuk tanaman anda. Jenis Pupuk Kimia memanga memiliki ragam dan kandungan yang terkandung didalamnya serta harus menyesuaikan kebutuhannya.

Namun dalam pembahasan kali ini kita akan sendikit mengupas tentang kegunaan dan pengertian tentang pupuk amonium sulfat ( Pupuk Za ).

Nah untuk petani yang sudah terbiasa mungkin sudah mengetahui kegunaan dan mengapa pupuk ini sering di gunakan oleh petani.

Akan tetapi untuk petani yang masih pemula mungkin sangat membutuhkan pemabahasan tentang pupuk satu ini, seperti berikut penjelasanya.

Penjelasan Singkat Tentang Pupuk Za

Pupuk Za Atau amonium sulfat adalah salah satu pupuk yang memiliki sifat yang berbeda dengan pupuk Sp-36 atau jenis pupuk ini mengandung fospor yang tinggi

Akan tetapi pupuk Za Atau Amonium Sulfat adalah salah jenis pupuk buatan yang banyak mengadung Nitrogen (N) dan banyaknya kandungan ini mencapai 21%. Kandungan tersebut berbentuk Amonium Dan sulfur atau belerang (S) sebanyak 24%. Nama Amonium sulfat ini juga sering dikenal sebagai nama NH4SO4 dalam rumus perhitungan kimianya.

Sesuai dengan nama yang terkandung didalam pupuk tersebut, Bahwa pupuk Za banyak menyediakan unsur hara yang berupa Nitrogen Dan Sulfur yang sangat di butuhkan oleh tanaman yang tidak di dapatkan dari tanah melainkan dari kandungan pupuk Za ini.

Karena kandungan Nitroigen (N) yang terkadung didalam pupuk Za tidak sebanyak Pupuk Urea, Kebanyakan Petani menjadikan pupuk Za Sebagai Perbaikan tanah yang kekurangan unsur belerang saja. Bentuk fisik dari pupuk Za sangat mirip dengan bentuk garam yang mengeristal warnanya putih bersih.

Mengapa Kandungan belerang harus di tambahkan dan apakah didalam tanah tidak tersedia? Kandungan belerang didalam tanah sebenarnya sudah tersedia, namun kandungan belerang yang terdapat pada tanah tidak mencukupi sehingga harus di tambahkan dengan pupuk Za Untuk memenuhinya.

Dan kandungan Sulfur sebenarnya sudah ada di dalam tanah dari bahan bawaan yang terkandung di dalam tanah tersebut dan tanah mengalami de komposisi. sehingga inilah alasanya mengapa pupuk Za sangat tepat untuk membantu menyuburkan tanah penanaman.

Jika tanah anda berdekatan didaerah penggunungan akan memiliki kandungan belerang yang tinggi dan apalagi berada di wilayah gunung merapi atau vulkanik yang aktif banyak terdapat kandungan belerang tanpa penambahan pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Tahu sendiri kandungan belerang vulkanik gunung merapi sangat dipercaya dapat menyuburkan tanaman, sehingga dapat memperbaiki tanah yang kurang subur. Nah kandungan belerang akan membuat tanaman lebih subur dan cepat tumbuh dengan baik.

Dengan kandungan sulfur yang tinggi dan mudah larut dalam air maka akan lebih mudah diserap tanah dan tanaman-tanaman mudah menyerapnya. apalagi jika tanaman masih muda yang sangat membutuhkan banyak kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhanya.

Manfaat Penggunaan Pupuk Za

Nah untuk pemula dalam bidang pertanian mungkin masih bingung dengan kandungan pupuk diatas yang sudah saya jelaskan.

Ada beberpa manfaatnya loh mengapa pupuk Za wajib di gunakan di area tanah yang kurang memiliki kandungan belerang atau sulfur.

Sehingga pada tanah yang kurang memiliki kandungan sulfur harus melakukan penambahan dengan menggunakan pupuk Za ini.

Agar tanaman anda dapat berkembang dan tumbuh, sehingga tanaman dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi untuk membantu pertumbuhanya.

Makanya petani sering menggunakan pupuk jenis Za ini sebagai pupuk pembantu penyubur tanaman yang akurat.

Berikut manfaat kandungan pupuk za yang wajib anda ketahui dan membantu pengetahuan tentang penggunaan secara pasti keunggulan pada tanaman.

  1. Manfaat yang pertaman kandungan Zulfur dapat membantu memperbaiki tanah yang kurang subur
  2. Manfaat kedua unsur hara cepat diresarap langsung kedalam tanah kerena mudah larut dalam air.
  3. Manfaat ketiga dapat membantu menghijaukan daun tanaman.
  4. Manfaat keempat dapat memberi tambahan kendungan nitrogen dan sulfur yang kurang dimiliki oleh tanah untuk memenuhi nutrisi tanaman.
  5. Manfaat Kelima dapat membantu kualitas dan produktivitas tanaman yang baik dan maksimal.
  6. Manfaat Keenam tanaman akan lebih tahan terhadap penyakit dan hama yang akan menyerang.
  7. Manfaat Ketuju memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman.
  8. Manfaat kedelapan dapat membantu mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman
  9. Manfaat kesembilan dapat memperbaiki aroma tanah, Karena kandungan sulfur dapat membentuk senyawa yang dapat membentuk atau menghasilkan minyak.

Nah tahu sendiri kan bahwa nitrogen sangat berperan penting dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar asam amino yang merupakan protein yang dibutuhkan tanaman. sehingga nitrogen dapat memperbaiki tanah yang kurang subur secara maksimal.

Selain itu juga kegunaan nitrogen juga membantu mikroorganisme yang terdapat didalam tanah berkembang dan berfungsi membantu untuk menyuburkan dan menggemburkan tanah penanaman. Nitrogen juga dapat menyeimbangkan pH tanah yang tidak seimbang.

Demikianlah manfaat dari pupuk za untuk tanaman dan memberikan efek positif terhadap tanaman apabila dilakukan sesuai ukuran yang sudah dianjurkan.

Bacajuga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *