Cara Ternak Kelinci Wajib Diketahui Pemula

Diposting pada

cara ternak kelinci – Adalah hewan yang imut dan lucu, makanya kelinci banyak di sukai semua orang sebagai hewan peliharaan.

Bukan hanya sebagai hewan peliharaan saja, ada juga kelinci dimanfaatkan sebagai kuliner sate kelinci.

Yah mungkin jika kita memakan sate kelinci banyak yang tidak doyan karena kasian memakan hewan yang lucu ini.

selain itu juga kelinci juga bisa dijadikan hewan peliharan hewan hias. Karena kelinci sendiri mudah beradaptasi dengan manusia atau bisa dikatakan hewan yang mudah jinak

Semakin banyak permintaan pasar sehingga kelinci sendiri sekarang diternakBudidayakan untuk memenuhi permintaan pasar.

Semakin tinggi permintaan pasar maka semakin tinggi juga penghasilan bertenak kelinci, cukup menjajikan sekali.

Namun jika kita beternak kelinci harus memilih jenis kelincinya juga. Ada beberapa jenis kelinci yang dapat kita budi dayakan

Kelinci pedaging hanya dijadikan sebagai olahan atau untuk di konsumsi salah satu contohnya yaitu sate kelinci, mungkin anda pernah melihat penjual sate kelinci.

Jika kelnci yang sering dijadikan ajang perlombaan adalah jenis kelinci hias yang hanya di jadikan hewan peliharaan dan hewan hias (kontes)

kelinci hias sendiri memiliki bentuk dan ciri bulu yang bagus dan menawan namun juga dalam perawatanya juga tidak murah sudah pasti mahal.

Apalagi kelinci yang memiliki bulu panjang pasti tidak murah perlu membawanya ke salon hewan agar bulu tersebut dapat terjaga kecantikanya.

Walaupun kelinci mudah di budidayakan dan gampang berkembang, jika kita ingin membudidayakanya sebagai penambahan penghasilan.

Ketika kita memulai tidak mengetahui cara yang tepat dalam pembudidayaanya juga dapat berpontensi kerugian, saat kelinci mengalami masalah.

Namun anda tidak usah khawatir di pembahasan kali ini saya sedikit berbagai wawasan bagaimana cara memulai dan perewatan kelinci agar mendapatkan hasil penen kelinci yang melimpah dan mudah berkembang.

Simak artikel kali ini sampai selesai agar anda bisa menerapkanya di rumah sendiri.

Jenis – Jenis Kelinci

Sebelum masuk pembahasan bagaimana cara membudidayakan kelinci anda juga harus mengetahui jenis kelinci apa saja yang dapat di budidayakan.

Karena setiap jenis kelinci mempunyai alur yang berbeda di pasaran bisa jadikan hewan hias, hewan ternak dan juga hewan konsumsi.

makanya jenis kelinci apa dulu yang anda pilih untuk di budidayakan. kalau anda ingin menjual hasil budidaya anda sebagai konsumsi, tidak lah mungki anda membudiayakan kelinci hias.

Yang pastinya anda akan membudidayakan kelinci pedaging bukan. Ada tiga jenis kelinci yang wajib anda ketahui dengan fokus pemanfaatnya yang dihasilkan.

Setiap jenis kelinci pun memiliki keungulan yang berbeda ada yang unggul dalam daging, ada juga yang unggul dalam bulu, dan unggul dalam kulitas kulit.

Jika anda sudah mengatahui jenis kelinci, silahkan fokus kelinci jenis apa yang akan anda budidayakan sesuai peluang pemasaran yang akan di tujuakan kepada orang lain.

Berikut ini tiga jenis kelinci yang wajib anda ketahui :

  • Kelinci Kulit Rex dan satin
  • Kelinci bulu atau woll (Anggora)

Cara Penyiapan Kandang Kelinci

Dalam penyiapan kandang sendiri anda bisa menentukan sistem kandang seperti apa yang akan anda jadikan gunakan.

Pada dasarnya kandang kelinci bisa menggunakan sistem terbuaka dan kandang kotak. Jika menggunakan sistem terbuka bisa menglilingi pagar diarea tersebut dengan melepaskan kelinci di area kandang terbuka yang sudah anda siapkan.

Kalau anda menggunakan sistem kandang kotak, anda bisa membuatnya menggunakan kayu atau menggunakan kandang besi seperti foto diatas dengan satu kandang hanya di huni satu kelinci saja.

Buatkan wadah dan tempat minum pakan untuk kelinci yang anda budidayakan, agar terilihat lebih rapi di kandang kelinci anda.

Jika kandang ditempat terbuka pastikan anda memilih tempat tersebut yang banyak ditumbuhi rumput hijau. sistem terbukan lebih praktis tidak perlu membuat kandang ketika beranak kandang tidak perlu membuat lagi.

Tetapi saat kelinci berkembang biak menuju pasca melahirkan, jauh lebih baik anda buatkan kandang sendiri saat masa kelahiran dan sampai anakan kelinci sudah siap dipisahkan dari indukanya anda bisa memasukan kelinci kekandang terbuka kembali.

Cara Manentukan Indukan Kelinci Yang Bekualitas

cara ternak kelinci pemula

proses penentu utama adalah dengan bagaimana cara memilih indukan kelinci yang unggul agar mendapatkan hasil kembang biak kelinci seperti yang di harapkan.

Maka dari itu proses pemilihan ini anda harus mempelajari terlenih dahulu sebelum anda membelinya dari peternak kelinci.

Babak penentu pembudidayan kelinci adalah dengan memilih indukan yang bagus dan dapat mendapatkan produktivitas kelinci yang banyak dalam satu ekor indukan yang melahirkan.

Berikut ini indukan kelinci yang bagus untuk anda jadikan bibit utama

  • Sehat dan tidak cacat
  • Keturunan dari indukan yang sudah melahirkan 5 ekor anak kelinci sekali kelahiran
  • Kelinci harus memiliki bobot sekitar 4,5 kg untuk betina dan jantan 3,5 kg
  • Memiliki bentuk pinggul yang bulat
  • Mata cerah dan terlihat aktive, tidak lesu
  • Bulu bersih, terutama di daerah kelaminya.

Cara Memilih Pakan Untuk Kelinci

Pada alam bebas kelinci sebenarmya menyukai dedaunanhijau. Namun dalam dunia peternakan anda juga dapat menentukan pakan yang baik untuk di berikan kepada kelinci.

Dalam pemberian pakan sendiri anda juga tidak boleh asal – asalan karena jika kelinci tidak mempunyai asupan nutrisi yang cukup dapat berdampak buruk dan mudah terserang penyakit, tubuh kelinci juga akan mengurus.

Jenis Pakan Yang Berpontensi Baik :

  • Wortel
  • Dedaunan hijau
  • Daun singkong
  • Sawi
  • Lobak
  • Rumput hijau
  • Daun kacang tanah
  • Pelet

Namun saat usia kelinci sudah 2 minggu bisa lakukan pemberian dedaunan hijau dengan takaran sedikit-sedikit. sebelum anda memberikan daun hijau lebih baik anda jemur dahulu agar anakan kelinci tidak mengalami kekembungan.

Pada usia 8 minggu anak kelinci sudah siap di sapih atau di pisahkan dari indukanya, jangan sampai dibawah umur diatas bisa mengakibatkan anak kelinci mati.

Total pakan per hari di ukur dari bobot kelinci sendiri biasaya dengan perbandingan 4-5% dari berat bobot kelinci.

Usia 4 bulan membutuhkan dedaunan hijau sekitar 20% saja, bisa anda bandingkan sendiridari pakan yang anda biasa gunakan perharinya.

Saat anda memberikan pakan jenis konstrat(pelet) pagi hari, maka anda memberikan hehijauanya bis waktu berjangka atau bisa waktu sore harinya.

Cara Mengawinkan Kelinci

Parang meter melihat kelinci yang mempunyai pontendi indukan biasanya dilihat dari jumlah anak yang dilahirkan dalam sekali melahirkan.

Pengawinan kelinci sendri biasanya jika usia minimal 6-12 bln, kelinci sudah siap dikawinkan. pada usia ini sudah sangat menjamin kelinci akan cepat berkembang biak dan melahirkan anak.

Salah satu tanda kelinci yang akan melahirkan biasanya memiliki tanda tanda . jika di nilai alamia Biasanya kelinci betina akan mencari pejantannya.selalu mencari pejantan

Dan memilki sifat seperti Berikut :

  • Keleinci betina akan telihat gelisah, dan mengjar Pejantannya
  • Dan juga suka menggosokan dagu kebenda sekitarnya
  • Vulva akan berwarna merah dan basah

Pengawinan kelinci sendiri ada dua cara yang dapat dilakukan yaiti bisa secara kelompok atau berpasangan dalam satu kandang.

Caranya jika berkelompok 1: 2 dan anda berpasanga biasanya 1:1. bila secara kelompok anda masih ragu dapat berpotensi hamil atau tidak. anda bisa melakukan dengan cara ber pasangan.

Namun jika pejantan tidak mau, berati pejantan tersebut tidak cocok dengan indukan betina. Lakukan pengantian pejantan yang Baru

Hal yang wajib anda ketahui sayarat pengawinan kelinci :

  • Kelinci siap di kawinkan pada usianya 6-12 bulan
  • Masa berahi kelinci biasanya akan ber langsung 11-15 saja.
  • Masa menyusui kelinci buasanya akan memkan waktu sekir usia kelinci 8 minggu baru akan dipisahkan dengan induknya.
  • Kelinci sehabis melahirkan dapat di kawinkan kembali jika sudah 2 minggu dari pemisahan anakan dan indukan kelinci.
  • Dalam waktu 1 th kelinci dapat melahirkan hingga lima kali.
  • Masa produsivitas kelinci akan mencapai 3 th saja. anak yang dilahirkan akan menurun
  • Jumlah anak yang dilahirkan mencapi 4-12 ekor maksimalnya.

Bacajuga:cara beternak kroto dengan toples dengan mudah

Masa Panen Ternak Kelinci

Masa panen ternak kelinci tidak ada patokan berapa bulan, namun jika anda ingin menjual anakan kelinci lebih baik pada usia 2 bulan.

Salah satu kendala jika menjual di bawah usia 2 bulan hal yang di takutkan adalah kelinci jauh dari induknya akan mati.

Demikianlah cara awal untuk memulai bagaimana membudidayakan anakan kelinci agar tidak salah dalam menjalankanya dan mendapatkan hasil budidaya yang baik di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *