Cara Sukses Bertani singkong Yang Baik

Diposting pada
singkong super
contoh singkong super yang baik dan benar dalam penanamannya

Cara Sukses Bertani singkong- salam sukses sahabat tani, mendapat hasil panen yang baik dengan keuntungan yang besar.

Untuk meraih itu semua kita membutuhkan cara yang tepat dalam riset penentu pengembangan dalam pertumbuhan tanaman.

Dari segi pupuk, obat, dan media yang mendongkrak tanaman agar subur dan mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Sebelum kita menuju pada pembahasan utama sedikit menjelaskan bagaimana cara bercocok tanam yang baik.

Sehingga dapat anda pahami dengan benar, hal apa saja yang harus di perhatikan dalam teknik penanaman.

Jika anda menanam singkong tentu pupuk tidak akan pernah tertinggal. Fungsi pupuk sendiri adalah sebagai pendongkrak utama dalam pemberi asupan nutrisi dan menyuburkan tanah area penanaman.

Jenis pupuk sendiri ada subsidi pemerintah dan non subsidi yaitu menggunakan pupuk kandang atau kompos.

Cara mendapatkan bibit unggul, juga jangan asal memilih perlu dilakukan penyortiran dengan secara teliti.

Terus bagaimana cara pemilihan bibit yang baik untuk tanaman singkong?

Tenang saja dalam pembahasan cara penanaman singkong yang baik akan saya kupas tuntas untuk mendapatkan hasil panen singkong yang memuaskan.

Singkong merupakan salah satu tanaman yang sangat lezat jika diolah menjadi makanan. bahkan singkong bisa diolah menjadi nasi tiwul.

Makanya tanaman umbi akar yang satu ini sangat menjajikan jika di budidayakan. Semua orang yang bertempat di wilayah negara indonesia pasti sudah pernah mengkonnsumsinya.

Singkong selain bisa dijadikan olahan makanan, ternya juga dijadikan bahan baku penggunaan tepung tapioka.

Singkong sangat mudah di budidayakan dan dapat anda tanam ditempat yang kurang subur pun akan tetap tumbuh.

Menurut pakar pertanian, pembudidayaan singkong sangat efektive dan resiko gagal panen sangat kecil sekali.

Sudah banyak petani yang sukses mendapatkan hasil penen yang bagus dan memuaskan dari tanaman singkong.

Yah bisa anda analisa sendiri jika sudah banyak yang berhasil berarti jika anda bebudidaya sangat menguntungkan.

Namun jika dalam sekian ribu petani yang sukses, namun juga masih ada juga petani yang mengalami kegagalan, karena anda tahu sendiri bahwa penanaman singkong sendiri juga perlu perhatian agar tetap tumbuh denga baik.

Jika anda biarkan dan tidak anda perhatikan dalam perawatannya sama saja bohong, pasti singkong yang anda tanam juga akan mengalami hambatan pertumbuhan akar singngkong. karena kekurangan asupan nutrisi.

Cara Sukses MenanamTanaman Singkong Dengan Mudah

Bertani singkong menag sangat menjajikan keuntungan yang lumayan memuaskan. Namun akan membuat tanah tandus jika di tanami singkong terus menerus.

Jika tanah yang sering ditanami singkong tanah akan mati. Karena tahu sendiri singkong sangat rakus dalam pembetukan zat pati/sagu.

Makanya sangat disarankan menggunka pupuk yang baik dengan dosis teratur dalam penyebaran pupuk pada singkong.

Namun juga harus berganti komonditas lain untuk anda tanam. Fungsinya berganti komonditas adalah dapat memberikan kesuburan tanah kembali dan tidak dapat membuat lahan penanaman anda menjadi tandus atau rusak.

Kalau anda ingin menjaga tanah agar tetap hidup dan subur, saya sarankan untuk berganti jagung agar kualitas kesuburan tanah kembali normal setelah di tanami singkong.

Syarat Pertumbuhan Singkong

Untuk mendapatkan pertubuhan yang maksimal, singkong memerlukan curahan hujan Sekitar 150 sampai 200 mm, pada masa pertumbuhan umur 1-3 bln, 250 sampai 300 mm Pada Umur 4 – 7 bln, dan 100 sampai 150 pada masa pemanenan.

Semua tanaman memang sangat memerlukan curah hujan sebagai pelarut untuk menyerap nutrisi. maka sesuaikan lah musim saat ingin bertani.

Selain memperhatikan tinggakat curahan hujan, kita juga memerlukan suhu yang sangat baik untuk tanaman pada area penanaman.

Syarat tumbuh singkong dengan suhu udara minimal 10 C. Namun Jika pada area penanaman singkong memiliki suhu udara kurang dari penentu diatas, akan menghambat pertumbuhan tanaman singkong.

Bahkan dapat mengkibatkan tanaman singkong tidak bisa tumbuh/kerdil dengan hasil panen yang tidak baik.

Dan kelembapan udara yang baik untuk tanaman singkong adalah sekitar 60-65% dan harus mendapatkan sinar matahatri secara langsung sekitar 10 Jam perhari.

Syarat tumbuh tanaman singkong juga sangat penting anda pelajari bagaimana cara menentukan kelembapan dan suhu, karena dapat berpontensi yang baik jika area lahan sesuai untuk anda tanami singkong.

Persiapan Lahan Penanaman Singkong

Penyiapan lahan yang baik dengan memperhatikan tingkat kesuburan dan kegemburan tanah agar umbi singkong dapat bertumbuh dengan baik.

Jika pemilihan tanah yang tandus maka umbi singkong akan terhambat pertumbuhannya, gunakan tanah yang hitam jangan terlalu banyak tanah liatnya agar mendapatkan hasil penen umbi singkong yang besar.

Selain tanah yang gembur untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman singkong yang maksimal juga melihat kandungan tanah, apakah kaya dengan bahan organik sebagai pengisi asupan nutrisi yang cukup atau tidak

Peladangan yang bagus biasanya, area tanah sesudah di tanami jagung seperti yang saya katan diatas denga tektur tanah yang gembur.

Yah tahu sendiri jika sehabis di tanami Tanaman jagung pupuk yang ditaburkan diarea tersebut sangat banyak.

Sehingga dapat menghisupkan tanah yang mati dan menjadikan subur tanaman yang ditanam diarea peladangan tersebut.

Bacajuga:Cara Menanam Kangkung Di Polybag Dengan Mudah

Pengolahan Lahan Penanaman Singkong

1.Persiapan Lahan Tanam

Sebelum anda memulai pengelolahan area peladngan yang akan ditanami anda sebaiknya mengukur PH tanah tersebut dengan menggunakan kertas lakmus, PH meter atau cairan PH tekster.

Pengecekan Ph dilakukan sebagai pengukur kandungan unsur hara dan kandungan unsur organik di dalam tanah tersebut.

Penentuan jadwal Penanaman juga dapat mempengaruhi hasil panen. sehingga dalam penetapnya anda lihat penyesuaian musim.

Pengeluaran modal disesuaikan dari kemampuan petani atau bisa melihat harga jual singkong di pasaran.

Jika anda bertanya tentang modal dapat di perkirakan dari situasi harga jual dipasar. namun jika pengeluaran modal dalam penanaman singkong saat harga turun, maka akan berpotensi kerugiaan.

Walaupun hasil umbi singkong bagus tetapi jika tidak sesuai dari harga jual dapat menimbulkan kerugian juga modal penanaman anda tidak kembali.

2.Pembersihaan Lahan

Bersihkan lahan sebersih mungkin dari gulma (tanaman liar) dan akar untuk mendapatkan perkembangan singkong yang optimal.

Jika lahan tidak dibersihkan secara tuntas akan berakibat menumbuhkan tanaman inang yang kan membuat bibit penyakit dan hama pada tanaman singkong.

Makanya dalam pembersihan area lahan peladangan sangat berpotensi sekali dalam bidang bertani. bukan hanya tanaman singkong saja.

3.Pembentukan Bedengan

Bedengan dapat anda buat saat sudah 70% persiapan lahan. Pembuatan bedengan atau larikan Berfungsi untuk mempermudah penanaman singkong agar rapi, ukuranya sendiri sesuai yang anda inginkan.

Pembentukan bedeng tidak ada ukuran khusus, namun bisa anda sesuaikan dengan lebar lahan yang anda punya.

Karena pada dasarnya bedengan hanya untuk mempermudah dalam penanaman saja. Ada juga petani yang tidak menggunakan bedengan.

Kalau anda lebih memilih tidak menggunakan bedengan bisa melakukan pembajakan pada lahan penanaman untuk menggemburkan lahan agar mudah saat menanam bibit singkong.

4.Pengapuran Tanah

Fungsi pengapuran sendiri adalah untuk menaikan PH tanah terutama tanah asam, gambut perlu dilakukan pengapuran untuk mendapatkan kandungan unsur hara.

Untuk Penggunaan jenis kapur anda dapat memakai kapur jenis Kalsit/Kaptan(CaCO3), dengan penggunaa takaran dosisi 1-2,5 Ton/ha

Waktu yang tepat untuk melakukan pengapuran pada saat pembajakan dan pembentukan bedengan kasar dengan mencampurkan pupuk kandang.

Apakah pengapuran sangat Penting?

Tentu saja sangatlah penting dalam proses ini adalah dapat menghidupkan tanah yang kekurangan unsur hara dan bahan-bahan organik yang akan di serap oleh tanaman.

Bacajuga: Cara Menanam Tomat Di Pot Dan Polybag

Persiapan Bibit Singkong

Penggunaan virietas unggul agar mendapat pontensi hasil yang tinggi, dan disukai banyak konsumen. dengan sesuai daerah penanaman.

Untuk bibit sendiri anda dapat menggunakan bibit yang sudaha tua, yaitu umur batang singkong sekitar 11-12 bulan. Batang yang akan anda jadikan bibit untuk ditanam kembali harus subur dan tidak rusak pada mata batang singkong, agar dapat tumbuh kembali dengan normal dan potensi akar besar.

Pilihlah batang singkong yang berdiameter 2,5 cm lurus dan belum tumbuh akar pada tunas tanaman singkong.

BIbit adalah penentu utama dalam mendapatkan hasil panen yang tinggi, Karena jika bibit bagus akan lebih mudah lagi dalam perawatnya hingga panen.

Teknik Penanaman singkong

Sebelum menanam singkong anda juga harus melihat musim dan curah hujan yang turun perhari terlebih dahulu. Karena jika pada musim kemarau, Maka tanaman akan mengalami kekurangan air.

Waktu Yang paling bagus untuk penanaman singkong bisa pada awal musim penghujan atau lebih tepatnya setelah penanaman padi.

Untuk jarak penanaman tergantung jenis singkong yang ditanam. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis singkong ada yang tajuknya lebar dan ada juga yang tajuknya sempit. Maka dari itu untuk menentukan tajuk singkong tidak boleh terlalu sempit dan juga tidak terlalu lebar.

Jika tajuk pohon singkong sempit ketika singkong sudah besar tidak akan berhimpitan, tetapi jika kita memberikan ruang tajuk yang optimal akan mendapatkan hasil panen seperti yang kita inginkan.

Berilah tajukan dengan riset jarak yang pas sebelum memulai penanaman. agar optimal dalam pendapatan keuntungan budidaya singkong.

Sebelum anda melakukan penanaman pada bibit singkong sebaiknya anda merendam bibit dengan pupuk hayati SOT HCS yang sudah di campur dengan air diamkan selama 3-4 jam. Perendaman Ini sangat disarankan, karena dapat berefek bagus pada bibit.

Bibit yang sudah anda rendam harus cepat anda tanam di lahan penanaman, paling lambat 3 hari. Jika lebih dari yang saya sarankan, pada bagian tunas bibit akan tumbuh akar.

Cara penanamnya bisa dengan cara memperuncing bagian bawah bibit singkong untuk mempermudah saat di tajukan ketanah. untuk kedalaman penancapan bibit sekitar 5-10 cm saja. Jangan terlalu dalam.

Cara Perawatan Tanaman Singkong

Dalam bercocok tanam sangat di perlukan cara perawatanya dengan baik agar mendapat hasil Panen yang baik.

Tidak mungkin sukses bertani jika kita tidak tahu bagaimana cara merawat dan cara pengendalian hama yang dapat sewaktu-waktu menyerang tanaman kita.

Tidak hanya singkong saja yang butuh perawatan agar mendapatkan hasil yang pontensi tinggi. Tetapi semua tanaman yang di budidayakan sangat butuh perawatan, bahkan ada salah satu sayuran yang sangat susah dalam perawatanya.

Maka sebelum bertani di salah satu tanaman alangkah baiknya anda mempelajari dulu bagaimana cara pearawatanya terlebih dahulu.

1.Penyulaman

Lakukan penyulaman dapat anda lakukan kepada bibit yang mati atau tidak tumbuh setelah 1 minggu atau 2 minggu setelah penanaman.

Caranya cabut bibit yang tidak tumbuh dan ganti yang baru. penyulaman bisa anda lakukan pada sore atau pagi hari.

2.Penyiangan

Lakukan penyiangan dapat anda lakukan bertujuan sebagai menyingkirkan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman singkong, agar tidak menggangu masa pertumbuhan singkong dan bisa anda lakukan selama 1 musim 2 kali.

Pada umur penanaman 5 sampai 10 minggu harus bebas dari tanaman pengganggu karena dapat memperburuk tanaman singkong jika tidak di singkirkan.

3.Pembubunan

Apa itu pembubunan adalah proses penggemburan tanah dengan cara di gudukan disekitar tanaman singkong. dapat anda laukan bersamaan saat melakukan penyiangan agar lebih cepat tidak kerja 2 kali.

Apabila tanah yang anda gudukan terkikis curahan hujan maka lakukan penimbunan ulang agar optimal dalam pertumbuhan akar singkong.

4.Pemangkasan Cabang Batang Singkong

Mangapa harus dilakukan pemangkasan? Proses ini wajib dilakukan agar batang singkong lurus dan dapat di gunakan sebagai bibit kembali.

Pada dasarnya pohon singkong wajib mempunyai 2 sampai tiga cabang saja. sehingga dibutuhkan pemangkasan bagian yang terlalu banyak cabang.

5.Pemupukan Singkong

proses pemupukan dapat anda lakukan dengan pupuk kandang dengan pola HCS . Namun jika pupuk dari ternak yang belum menggunakan SOC HCS, maka kebutuhan pupuk dari per hektar menjadi 2 ton.

SOC HCS adalah salah satu organik suplemen untuk meningkatkan petumbuhan binatang ternak yang di keluarkan oleh PT HCS.

Salah satu kotoran ternak anda akan bagus untuk mendongkrak pertumbuhan jika suplemen ini di berikan kepada hewan ternak anda.

Jika hewan ternak sudah mengunakan HCS keuntunganya adalah anda hanya butuh pupuk sebanyak 8 kwintal per hektar.

Bacajuga: cara membuat pupuk kompos dari daun kering

6.Pengairan Dan Penyiraman

Kondisi lahan harus lembab pada usaia tanaman 4-5 bln dan juga tidak boleh terlalu becek.

Lakukan pengairan pada saat musim kering agar tumbuhan tidak kekurangan air. Lalu cara terbaik melakukan penyiraman adalah denganmembuat genangan saja agar tidak merusak gudukan di pengkal akar tanaman singkong.

Namun pada saat musim hujan tidak usah melakukan penyiraman, karena tanah juga sudah pasti lembab.

Proses Pemanenan Tanaman Singkong

Ciri-Ciri Singkong Siap Di Panen

Singkong sudah siap di panen pada usia 6-7 bln untuk verietas genjah dan 9-12 bulan untuk verietas dalam. ciri-cirinya daun bagian bawah tidak tumbuh dan banyak daun yang nguning lalu banyak yang rontok.

Panen Singkong

Cara penen anda caut saja batangnya dan jika ada umbi yang tertinggal dapat anda cangkul saja.

setelah itu pisahkan umbi dan batang dengan menebas bagian umbi pengkal mengunakan golok. batang yang anda panen bisa anda kumpulkan menjadi satu untuk dijadikan bibit kembali.

Jika sudah anda pisahkan bisa melakukan paengumpulan di tempat yang bisa di jangkau angkuatan mobil.

Nah itulah cara tepat tentang pembahasan bagaimana sukses bertani singkong. dapat anda terapkan agar mendapatkan hasil yang memuaskan saat hari panen singkong tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *