Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah- Berbudidaya tanaman cabai memang sangat menguntungkan dengan harga pasaran yang ralatif setabil.

Cabe sendiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat di butuhkan untuk melengkapi rasa pedas pada masakan.

Permintaan pasar perhari sangat melambung tinggi dan pembudidaya atau petani selalu mencari cara bagaimana cara untuk mempercepat pembuahan cabai.

Jika kita amati kebanyakan petani membuat bibit tanam cabai masih banyak menggunakan biji, terkadang kita harus menunggu proses sangat lama sekali untuk mendapatkan hasil panen tanaman cabai. Sehingga masih belum banyak yang mengatahuinya bagaimana cara mempercepat agar bibit cabai cepat penen.

Yang perlu anda ketahui bahwa tanaman cabai juga salah satu jenis tanaman yang mudah terserang hama penyakit. Walaupun setiap tanaman sangat beresiko terserang hama penyakit akan tetapi tanaman cabai juga lebih renta di bandingkan dengan tanaman lainya.

Oleh sebab itulah mengapa terkadang harga cabai mahal di jual dipasaran, belum lagi jika banyak petani yang mengalami kegagalan harga cabai bisa melambung lebih tinggi lagi.

Cara Stek Tanaman Cabai

Stek adalah salah satu tujuan memperbanyak pembibitan cabai yang diambil dari batang tanaman atau tidak jauh beda dengan cara mencangkok.

Dengan menggunakan metode stek atau mencangkok akan mempermudah memperbanyak bibit penanaman dan bibit dengan hasil penyetakan akan lebih cepat tumbuh besar.

Metode stek pada tanaman cabai sendiri memang belum banyak yang mengetahuinya, padahal sistem stek jauh lebih cepat tanaman cabai mengghasilkan buah dan mempercepat masa panen.

Namun ada kekurangan juga menggunakan sistem stek yaitu akar yang di hasilkan pada tanaman cabai dengan hasil stek tidak sekuat tanaman yang di tanam dari biji. belum lagi buah yang dihasilkan tidak sebanyak dari bibit menggunakan biji

Untuk mengatasi agar tanaman cabai hasil stek tidak mudah rubuh anda bisa memanfaatkan potongan bambu sebagai alat untuk penyanggahnya.

Dalam pembahasan kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana cara stek cabai. Apabila ada petani yang belum mengetahui teknik stek akan terlihat aneh dan lucu.

Karena jarang sekali orang di indonesia menggunakan cara stek cabai, mungkin pada kenyataanya masih banyak yang meragukan, pada hal cara ini sudah banyak yang membuktikan bahwa memang tanaman cabai bisa di lakukan stek untuk membuat bibit dari batang pucuknya.

BacaJuga :Cara Menanam Caisim Di Pekarangan Rumah

1. Persiapan Alat Dan Bahan

Sebelum melakukan stek hal yang sangat di perlukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan penyetekan. Sehingga ketika alat dan bahan sudah siap dapat dilakukan dan berjalan tanpa ada kendala.

Alat dan bahan yang perlu di siapkan seperti berikut :

  • Gunting / tang
  • Polybag kecil atau besar
  • Gula
  • Sekam bakar dan tanah gembur
  • Pasir
  • air
  • Batang pohon tanaman cabe bagian pucuk

2. Penyiapan media Tanam

Media tanam adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan untuk menanam batang pohon tanaman cabai yang sudah distek.

Sehingga dengan menyiapkan media tanam terlebih dahulu agar tanaman yang sudah distek dapat di tanam pada media yang sudah kita siapkan dengan mencampurkan bahan-bahan pengisi media, cara seperti berikut :

  • Langkah pertama siapkan wadah media seperti polybag
  • Langkah kedua siapkan pengisi media seperti sekam bakar,pasir dan tanah gembur
  • berikutnya campurkan media berikut dengan perbandingan 1: 1: 1 lalu campurkan semua bahan hingga merata
  • Kemudian isikan bahan media tersebut kedalam polybag hingga memadat dan penuh.

BacaJuga : Cara Penggunaan Pupuk Mutiara Untuk Padi

3. Penyetekan Batang Cabai

Setelah media penanaman sudah di buat dan selesai, langkah berikutnya adalah poin yang kita tunggu yaitu stek batang cabai dengan benar dan tidak salah dalam memilih bagian cabangnya.

Dalam memilih cabang tentu kita harus memperhatikan juga, dimana berhasil dan tidak batang yang di stek berpengaruh dari tanaman cabai yang kita ambil untuk diambil bagian batang pucuknya.

Tanaman cabai yang memiliki kualitas baik untuk di stek adalah yang tidak terkena hama penyakit dan bagian daunya segar.

Jika bagian batang dan daun layu makan hasil stek tanaman cabai juga akan mati dan tidak tumbuh akar.

Perhatikan waktu yang tepat melakukan penyetekan adalah pada sore hari sehingga tanaman yang di stek tidak mudah layu dan dapat tumbuh dengan normal.

Langkah-Langkah Stek Tanaman Cabai :

  • pertama pemilihan tanaman cabai yang akan di ambil batangnya dan jika sudah menemukan batang bagian pucuk, ambilah bagian batang pucuk yang sudah tua jangan yang muda.
cara stek tanaman cabai dengan mudah
  • Setelah batang atau cabang tanaman cabai sudah di potong menggunakan gunting langkah berikutnya adalah membersihkan bagaian daun hingga bersih. Jika ada buah dalam cabang tersebut buang hingga tiada hanya tersisa batang tersebut.
  • Apabila sudah mengerjakan dua proses diatas senjutnya menyiapkan air dalam gelas dan 1 sendok gula kemudian campurkan lalu diaduk hingga merata. fungsi gula yang telah dilarutkan dalam air yaitu sebagai nutrisi tambahan untuk memperkuat tanaman cabai yang telah di stek.
Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah
  • Langkah selanjutnya adalah menyayat bagian batang cabai, sayat bagian batang bawah pada bekas guntingan dan proses sayat harus berbentuk miring seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah
  • Nah jika sudah melakukan proses sayat langkah berikutnya yaitu merendam batang tersebut kedalam air yang sudah kita campur dengan gula. setelah sudah di rendam kedalam larutan gula tunggu hingga 12 jam baru diangkat.
Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah
  • Setelah sudah direndam kedalam larutan gula selama 12 jam, batang cabang tersebut sudah siap untuk ditanam kedalam media tanam. Jika sudah menanam dalam media tanam jangan lupa beri alas bawah agar tanaman terhindar hama pemyakit dan alas yang di gunakan bisa menggunakan wadah ember atau nampan. Atau bisa menggunakan seperti wadah pada gambar di bawah ini.
Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah
  • Tempatkan tanaman pada tempat yang sejuk dan terhindar dari matahari sehingga kelembapan selalu terjaga hingga akar tumbuh pada batang yang telah di stek. cabang tanaman cabai yang sudah di tanam pada media akan mulai tumbuh akar sekitar berumur 1 bulan.
Cara Stek Tanaman Cabai Dengan Mudah

Itulah bagaimana cara kami menyetek tanaman cabai agar cepat berbuah, sehingga dengan menggunakan teknik ini dapat mempercepat pohon cabai berproduksi buah ketimbang menanam dari biji. semoga dalam pembahasan kali dapat memberikan anda ilmu pengetahuan terbaru untuk yang belum mengetahuinya dan dapat anda terapkan dirumah sendiri.

BacaJuga :Cara Mudah Membasmi Hama Semut Di Tanaman Cabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *