Cara Pemijahan Ikan Cupang

Diposting pada 32 views

Cara Pemijahan Ikan Cupang- Jika ingin sukses beternak ikan cupang, tentu langkah dan pengalaman yang di perlukan dalam menjalankannya.

Akan tetapi jika kita memulai masih pemula tentu akan sangat terasa sulit dan ribet. Pada dasarnya ikan cupang adalah salah satu ikan mudah untuk di pilahara di tempat yang kecil.

Karena jenis ikan cupang merupakan salah satu ikan yang bisa hidup walaupun ditempat yang minim oksigen. jadi banyak penjual ikan cupang yang memberikan tempat di toples dan di botol.

Jika anda masih pemula tentu akan pusing memikirkan bagaimana cara yang benar untuk memijah ikan cupang. di masa yang sudah digital tentu anda bisa mencari tau bagaimana cara dan langkah yang harus kerjakan.

Akan tetapi kita masih juga mengalami kesulitan dalam merawat burayak ikan cupang dan banyak yang mati. Hal tersebut bisa di perhatikan dari indukan yang di gunakan.

Faktor indukan sangat pengaruh besar dalam menentukan hasil budidaya ikan hias, apalagi jenis cupang. Indukan yang digunakan dalam kategori maksimal maka hasil burayak akan memiliki kulitas pertumbuhan dan gen yang sangat memuaskan.

Apabila anda masih bingung dan masih membutuhkan langkah yang tepat dalam pemijahan ikan cupang, simak pembahasan kali ini mungkin dapat membantu menambah wawasan anda.

Cara memilih Indukan Ikan Cupang

Sebelum kita memijah tentu kita harus sudah memiliki indukan terlebih dahulu dan jenis ikan cupang yang akan anda budidayakan.

Jangan asal memilih indukan ikan cupang, apabila anda masih masih baru dalam dunia ikan hias bisa menanyakan pada yang sudah menguasainya agar tidak salah membeli indukan ikan cupang yang nantinya akan di pijah.

Indukan sangat berpengaruh kualitas anakan cupang yang akan kita hasilkan nantinya maka langkah memilih indukan ikan cupang harus benar-benar tepat untuk mendapatkan hasil panen ikan cupang yang berkualitas dan memiliki harga jual yang tinggi di pasaran.

Cara memilih indukan yang memiliki standar bisa membelinya langsung dari petani ikan cupang, dengan membeli secara langsung maka kesehatan indukan ikan cupang akan terjamin dan tidak ada penipuan.

Lihat dengan jeli indukan ikan cupang yang anda pilih bahwa sehat dan tidak sakit sama sekali, karena indukan ikan cupang yang sakit jika di pijah burayak akan mudah terkena penyakit dan tidak mempunyai kulitas baik saat sudah dewasa.

Setelah anda selesai melihat kesehatan ikan, langkah selanjutnya adalah memastikan ekor dan tubuh calon indukan tidak cacat. Jika memaksa membeli atau menggunakan indukan yang cacat maka, hasil kuallitas anakan penerusanya akan mengalami kecacatan seperti indukan dan anda akan lebih susah menemukan kualitas ikan F1 ( kualitas Terbaik ).

Pehatikan juga usia yang diharuskan ikan cupang siap di pijah tidak boleh terlalu muda dan tidak boleh sudah sering dipijah. Karena ikan cupang yang masih muda dipaksa di pijah akan menghasilkan keturunan/gen ikan mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan, selain itu juga burayak ikan cupang akan banyak mengalami kematian.

Untuk usia ikan cupang yang siap dipijah seperti berikut :

Ikan Cupang Jantan :

  • Harus memiliki usia paling tidak 4 bulan bahkan jauh lebih baik sudah usia sekitar 8 Bulan.
  • Bentuk badan memiliki postur panjang
  • Sirip ikan jantan harus rapi dan warna cerah
  • Ikan bergerak aktif dan lincah

Cupang Betina :

  • usia harus sudah memiliki sekitar 4 bulan. pada usia ini ikan akan memiliki telur yang sudah matang.
  • Bentuk tebuh ikan cupang bulat dan sedikit buncit.
  • memiliki sirip yang pendek dan warna kusam atau tidak menarik.
  • memiliki gerakan yang lambat.

Langkah-Langkah Pemijahan Ikan Cupang

jika kita bisa menetaskan dan bisa merawat burayak ikan cupang dengan baik maka burayak bisa hidup hingga ratusan. karena pada umumnya satu indukan betina ikan cupang akan mengeluarkan telur sebanyak 1000 telur.

Namun terkadang ada juga breeder yang mampu menghidupkan burayak hingga dewasa dengan hasil penen ratusan ekor. akan tetapi kebanyakan petani yang sudah berpengalaman juga banyak yang hanya bisa menghidupkan 50 ekor saja hingga dewasa. Karena usia burayak ikan cupang dibawah 2 minggu – 1 bulan sangat renta dan banyak mengalami kematian.

Dan untuk satu indukan jantan dapat dipijah sekitar 8 kali saja, Untuk jeda waktu dari pemijahan pertama dan kedua yaitu 2 -3 minggu indukan dapat di pijahkan kembali. Untuk masalah indukan betina saya sarankan hanya satu kali pemijahan, jika pemijahan betina di lakukan lebih dari satu kualaitas burayak saat dewasa kurang bagus dan mengalami penurunan keragaman jenis kelamin.

Kebanyakan pembudidaya ikan cupang banyak memiliki stok indukan perempuan dan biasanya juga jarang yang menjual indukan betina, dikarenakan apabila di jual akan mengalami kekurangan indukan betina.

Langkah-langkah pemijahan ikan cupang yang benar :

  • Langkah pertama adalah menyiapkan tempat pemijahan yang tidak terlalu besar dan isi tempat pemijahan dengan menggunakan air bersih dengan tinggi air berkisar 10-15 cm. Perhatikan penggunaan air, hindari penggunaan air PAM atau air yang berbau kaporit. air yang baik adalah air dari tanah dan air sungai yang jernih endapkan selama satu malam.
  • Langkah kedua setelah air di endapkan masukan indukan ikan cupang jantan dan betina. jika sudah bertelur angkat indukan betina dan biarkan indukan jantan berada di dalam wadah pemijahan sampai usia 2 minggu
  • setelah telur ikan cupang sudah menjadi burayak/menetas dan sudah berumur 3-4 hari pindahkan ketampat pembesaran. setelah burayak sudah berumur 4-5 hari berikan pakan berupa kutu air secukupnya.
  • setelah burayak cupang sudah di pindah kedalam kolam pembesaran, jangan lupa beri tanaman air untuk burayak berlindung dari sinar matahari.
  • Tambahkan juga daun ketapang atau daun pisang yang kering berfungsi untuk menetralkan air dan PH. daun ketapang dapat berfungsi sebagai penetral PH dan suhu didalam air.

Pakan Yang baik Untuk Ikan Cupang

Pakan yang paling di sukai ikan cupang adalah kutu air, jentik nyamuk, dan cacing sutra. Namun untuk Ritme pemberian pakan kita juga bisa melihat dari usia ikan cupang itu sendiri.

Untuk pakan ikan cupang dewasa sangat disarankan dengan menggunakan larva nyamuk dan yang paling penting larva nyamuk dapat memberi efek pertumbuhan yang baik dan warna ikan lebih terang. protein yang terkandung dalam larva nyamuk sangat tinggi yaitu sekitar 56%.

Untuk burayak ikan cupang lebih bagus menggunakan kutu air untuk medongkrak pertumbuhan, selain itu juga air dalam kolam burayak tidak mudah keruh dan menjaga kualitas air tetap terjaga.

kutu air banyak hidup di selokan-selokan sekitar rumah anda, namun jika susah menemukan bisa membelinya dengan harga yang sangat relatif murah. Pada saat musim hujan kutu air akan susah di cari.

Perawatan Ikan Cupang

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang paling tahan banting dan dapat hidup di oksigen yang minim. Makanya kebanyakan ikan cupang ditempatkan atau di pelihara di toples kecil dan tanpa menggunakan aeator. Jadi perawatan ikan cupang tidak terlalu rumit dan mudah dipelihara.

Walaupun ikan cupang mudah dalam perawatanya, menjaga kulitas air sangat di utamakan agar ikan tidak mati dan terserang penyakit. apalagi jika ikan cupang yang dimiliki kulitas kontes bisa memberi filter pada tempat ikan cupang untuk menjaga kesehatan dan warna ikan cupang selalu bugar.

Yang perlu anda ketahui ikan cupang adalah ikan petarung, jadi jangan sampai dalam satu wadah ikan cupang jantan di masukan lebih dari satu. jika anda memaksa memasukan ikan cupang jantan lebih dari satu, ikan cupang akan berkelahi dan ekor ikan cupang akan rusak.

Untuk menempatkan satu toples ikan cupang dengan yang lain, beri pembatas kertas yang tidak tembus. jika didekatkan dengan pembatas yang tembus ikan cupang akan membuka siripnya yang bertanda ikan cupang tersebut akan siap menyerang dan membenturkan dirinya ke dinding wadah tersebut yang dapat merobek sirip dan ekornya.

Lakukan penggantian air secara rutin, saat kotoran ikan cupang sudah menumpuk didalam wadah tersebut. Jika air tidak diganti dapat mengakibatkan bom amoniak dan menimbulkan penyakit. oleh sebab itu kenapa kualitas air sangat di utamakan.

BACAJUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *