Cara Merawat Burayak Ikan Koki

Diposting pada 87 views

Cara Merawat Burayak Ikan Koki- Ikan koki memang merupakan salah satu ikan hias yang banyak di sukai oleh semua kalangan. Oleh sebab itu terkadang breeder ikan koki berawal dari hobi dan ketika ikan yang dipelihara bertelur timbul lah rasa ingin berbudidaya ikan ini dengan sekala rumahan.

Namun kembali lagi dengan kondisi ikan koki ya seperti kita ketahui, bahwa ikan koki sendiri sangat renta terhadap penyakit yang sering menyerang.

Oleh sebab itu perlu pengalaman khusus agar berhasil membudiayakan ikan koki dan dapat menangani masalah ikan yang nantinya terkena penyakit.

Persiapan Budidaya Ikan Mas Koki

Persiapan Budidaya Ikan Mas Koki

Persiapan sebelum berbudiaya ikan koki sangat penting perlu diperhatikan agar usaha yang kita jalani dapat berkembang dan tidak berujung sia-sia.

Apabila anda masih pemula sangat renta sekali akan kematian ikan koki, karena ikan koki sangat berpengaruh terkena penyakit saat PH ( Kemasaman ) turun secara drastis.

Ph yang dibutuhkan ikan koki dapat hidup dan tidak mudah terserang penyakit antara 6-7 yang dibutuhkan. Sedangkan ketinggian air juga sangat berpengaruh akan drop suhu, jika ikan koki mengalami drop suhu akan mati secara tiba-tiba.

Dan untuk ketinggian air ikan koki hanya 30 – 40 cm. Namun kembali lagi dari ukuran besar ikan yang anda pelihara, untuk ikan koki yang saya pelihara/dibudidayakan hanya menggunakan ketinggian air 5 cm dari badan ikan.

Jika air yang anda gunakan terlalu dalam akan berpotensi ikan mas koki mengalami terkena penyakit jamur dan Drop suhu.

Itulah sedikit penjelasan pengalaman yang selama ini saya pelajari. Nah sebelum anda berbudidaya ikan koki sangat diperlukan perlukan parsiapan yang baik dan tahap-tahap yang benar. Namun jika anda masih pemula bisa memperhatikan persiapan yang saya lakukan dari pengalaman yang saya terapkan seperti berikut :

1. Pembuatan Kolam Ikan Mas koki

Kolam adalah faktor utama yang paling dibutuhkan untuk ikan koki dan untuk ukuran bisa menyesuaikan lahan yang anda gunakan, semakin besar kolam maka ikan koki akan juga lebih cepat besar.

Untuk kolam bisa menggunakan kolam tanah, terpal, plastik, dan semen. Untuk pembuatan kolam yang baik usahakan kolam tersebut terkena sinar matahari secara langsung dan beri tanaman air.

Manfaat kolam ikan mas koki harus terkena sinar matahari adalah agar tidak mudah terkena penaykit dan bakteri baik dapat berkembang. Selain itu juga, sinar matahari dapat mempercerah warna ikan mas koki secara alami.

Dan alga hijau dapat tumbuh sebagai pakan alami ikan mas koki. Jika kolam ikan mas koki di buat di tempat yang tidak terkena matahari, maka penyakit dapat menyerang dan mudah berkambang.

2. Pemilihan Indukan Ikan Mas Koki

Indukan mas koki juga hal paling berpengaruh besar terhadap hasil yang diberikan nantinya. Oleh sebab itu lakukan pemilihan indukan yang sudah matang gonat atau lebih jelasnya menggunkan indukan yang sudah umur 6 Bulan – 1 tahun dan indukan yang memiliki ukuran 14 sampai 25 cm.

Usahakan indukan yang di gunakan sehat dan tidak sakit, dengan begitu burayak ikan koki nantinya akan cepat besar dan tidak banyak yang mengalami kematian.

Banyak sekali pemula yang mengalami kegagalan dalam ngebreed ikan koki karena indukan yang di gunakan tidak matang gonat atau belum maksimal. dengan begitu burayak ikan koki banyak mengalami kematian.

3. Alat Pengukur Ph Air Kolam

Ph Yang dibutuhkan ikan mas koki antara 6-7. usahakan cek ph setiap hari agar ph tidak berubah-ubah agar ikan mas koki tetap hidup. Apalagi kolam pada out door saat hujan Ph akan mengalami perubahan makanya pengecekan dengan alat pengukur PH sangat di butuhkan.

Alat ukur Ph sendiri banyak di jual di toko onalaine dan toko pertanian didekat ruamah anda. dengan harga yang sangat terjangkau untuk memaksimalkan hasil budidaya ikan koki hingga panen.

Jika PH turun bisa menaikan dengan menggunakan garam ikan atau garam non iodium, dan apabila Ph naik bisa menetralkan menggunakan daun ketapang sudah bayak breeder yang menggunakan cara ini. Bahkan saya sendiri selalu menggunakan cara tersebut.

4. Penggunaan Pompa Air/Aerator

Ikan koki adalah salah satu ikan yang sangat membutuhkan banyak oksigen jika ikan koki sudah besar maka anda bisa menggunakan masin pompa air untuk sirkulasi air mengalir agar oksigen dalam air kolam selalu terjaga. walaupun dikolam ikan mas koki tetap membutukan oksigen yang banyak terkecuali pada kolam tanah air selalu berganti, maka tidak membutuhkan filter atau pompa air.

Anda bisa menggunakan filter biasa dan juga filter biologi dan untuk usia koki masih dibawah 3 bln jangan menggunakan mesin pompa air Tapi gunakan mesin aerator untuk memberi oksigen, apabila menggunakan pompa burayak koki akan tersedot oleh sebab itu paling aman menggunakan masin aerator untuk penyuplay oksigen dalam air tetap terjaga.

Cara Merawat Burayak Ikan Koki Dengan Mudah

Sering kali banyak yang bertanya di komunitas mas koki, dalam merawat ikan mas koki yang benar. sebenarnya perawatan burayak ikan koki tidak susah asal kita mengetahui caranya dan tahap yang benar.

kematian burayak ikan koki juga terkadang tidak dapat dicegah karena umur burayak dibawah 1 bln masih sangat renta sekali terhadap kematian dan penyakit. sebenarnya banyak penyebab kenapa burayak mati, yaitu disebabkan cuaca ekstrim seperti pancaroba biasanya terjadi pada bulan 7-8, setiap tahun pasti mengalami kematian dengan sekala besar namun jika dikolam skala kecil bisa mengoptimalkan suhu dengan heater agar suhu selalu terjaga diantara 28 sampai 30 drajat.

Apabila pada kolam out door bisa menyesuaikan dengan ketapang dan mengurangi ketinggian air. pada musim pancaroba banyak penyakit yang menyerang seperti busuk ingsang, whaite spot, dan penyakit lainya. Berikut ini bagaimana cara merawat burayak ikan mas koki tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

1. Menjaga Kualitas Air

Pada saat ikan koki selesai di pijah, buang air tersebut agar selalu bersih dengan mengganti air yang baru. Tujuannya setelah terlur ikan koki menetas menjadi larva dan burayak air tetap terjaga kebersihannya, amoniak bekas kotoran indukan telah terbuang dan selama perawatan burayak dibawah satu bulan air tidak bisa diganti. Oleh sebab itu cara mudah menjaga kulitas air yang digunakan.

Berikan rendaman daun ketapang secukupnya yang campurkan dalam kolam tersebut untuk menetralkan air dan ph, berikan juga obat biru 2 tetes untuk pencegahan agar jamur tidak menyerang burayak ikan koki.

2. Perawatan Burayak Usia 3-5 Hari

Setelah burayak usia 3-5 hari persiapan pakan harus disiapkan, karena pada usia ini burayak ikan koki sudah kehabisan persediaan pakan cadangan. berikan pakan agar tidak kelaparan, jika burayak kelaparan akan banyak mengalami stres dan kematian jumlah besar.

Pakan yang baik burayak ikan mas koki adalah menggunakan artemia dan kutu air halus, berikan secukupnya saja agar kutir tidak membahayakan burayak mas koki.

pemberian pakan yang tepat dilakukan dengan teratur jika sudah habis anda bisa memberikan pakan berupa kutir dan artemia kembali. Jangan menggunakan pakan pelet agar kebersihan air kolam burayak tetap terjaga dan tidak timbul boom amoniak.

3. Perawatan Burayak Usia 2 minggu

Setelah burayak ikan koki sudah memasuki usia 2 minggu lakukan pergantian air dengan cara kurangi air pada kolam burayak. jangan mengganti secara total dapat membahayakan burayak mas koki dengan perubahan ph air secara drastis dan gunakan air yang sudah di endapkan selam 24 jam. setelah air diganti lakukan pemberian garam secukupnya untuk menetralkan air pada kolam burayak.

Pakan yang digunakan bukan lagi kutir untuk mempercepat pertumbuhan ikan koki, gunakan cacing dara atau cacing sutra secukupnya. jangan berikan cacing sutra sebelum dibersihkan agar tidak membawa bakteri jahat yang membayakan burayak mas koki terserang penyakit.

4. Perawatan Burayak Umur 1 Bulan

Pada usia burayak ikan koki sudah berusia 1 bulan maka lakukan pergantian air 3 hari sekali dengan perbandingan air lama dan air baru banding 1:1 dan sifon setiap hari untuk mengurangi amoniak didalam air tersebut. gunakan pakan cacing sutra agar pertumbuhan burayak ikan mas koki dapat berukuran besar dan jangan lupa juga lakukan sortir ukuran agar pertumbuhan burayak dapat merata.

Untuk burayak yang sudah baik daya tahan tubuhnya biasa sudah memasuki usia 3 bulan sehingga burayak/baby koki siap di pasarkan. itulah bagaimana cara ngebreed ikan koki agar hobby kita mendapatkan menghasilkan dan bisa juga menjadi usaha tetap.

Usaha ikan mas koki sendiri sangat pontensial mendatangkan penghasilan yang besar bahkan banyak sekali peminat ikan hias jenis koki ini.

Artikel yang kami tulis sesuai dengan pengalaman dan tahap yang sudah saya buktikan dalam berbudidaya ikan mas koki dan membuahkan hasil yang baik.

BACAJUGA :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *