Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet

Diposting pada

Cara Meningkatkan hasil Getah karet– Adalah tujuan utama para petani karet. Ketika getah yang disadap deras maka hasilnya pun juga akan meningkat.

namun untuk meningkatkan itu semua harus melalui metode yang tepat, banyak sekali kesalahan penyadapan juga akan membuat pohon karet rusak.

JIka pohon karet sudah rusak maka otomatais getah karet yang dihasilkan pun juga tidak deras bahkan akan lebih sedikit.

Di negara kita Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam nominasi negara penghasil getah karet terbesar di dunia.

Memiliki nomer urut ketiga setelah malaysia dan thailland sebagai negara penghasil terbesar getang untuk di expor ke manca negara.

Luas lahan perkebunan karet di indonesia sangat luas sekali sekitar 2-3 juta hektar. Dengan lahan seluas ini namun kelemahan dinegara kita getah yang dihasilkan tidak imbang dengan luas lahan.

Mengingat hal tersebut sangat diperlukan cara peningkatan getah agar produksi getah harus seimbang dengan memperluas pengetahuan dan metode yang tepat untuk diterapkan.

Masalah Yang Sering Dihadapi Petani Karet

Ada beberapa masalah yang dihadapi petani karet. Setiap tanaman pasti akan mengalami masalah yaitu seperti hama dan pertumbuhannya.

Maka jika kita mengetahui cara mengendalikan permasalahan yang terjadi pada tanaman mungkin akan lebih mudah untuk anda mendapatkan solusi yang tepat untuk diterapkan.

Berikut ini masalah yang sering terjadi pada petani karet :

1. Permasalahan Getah Harga Gatah Karet

Permasalahan harga menurun sering di keluhkan oleh semua petani karet sehingga membuat malas untuk merawat atau mengoptimalkan Produksi getah karetnya.

Penambahan pupuk untuk pohon karet yang seharusnya dilakukan ketika petani harga yang di hasilkan rendah tentu akan mempengaruhi karena hasil dan modal tidak seimbang.

Bahkan sampai saat ini pun harga getah karet belum bisa di optimalkan sehingga pemicu utama mengelola getah lebih banyak pun petani menjadi malas.

Semoga pemerintah dapat menangani permasalahan harga getah karet yang menurun sehingga agar petani karet dapat mengoptimalkan hasil getah setiap harinya.

2. Masalah Yang Dihadapi Saat Musim Hujan

Pada umumnya petani mengharapkan hujan agar turun maksimal agar tanaman dapat terpenuhi kebutuhan resapan airnya.

Namun saat petani karet melakukan penyadapan getah, dapat merugikan karena getah yang sudah disadap akan hancur dan terbawa tumpahan air hujan tersebut.

Maka untuk penyadapan dapat anda lakukan saat musim hujan tidak terlalu sering turun agar getah yang dihasilkan tidak sia-sia.

3. Permasalan Pupuk Dan Obat-Obatan

Permasalah pupuk dan obat-obatan untuk perawatan karet sangat menjadi masalah saat harga karet rendah. Karena hasil tidak simbang dengan modal yang di keluarkan untuk perawatanya.

Jika hal ini terjadi terus menerus akan membuat hasil produksi getah karet menurun terus. kebanyakan petani hanya membiarkannya saja dan tidak memberikan pupuk dan obat-obatan untuk meningkatkan hasil getah karena terbebani dengan harga pupuk dan obat yang mahal.

Cara Meningkat Getah karet Dengan Mudah

1. Membersihkan Gulma Pengganggu

Membersihkan gulma penggangu adalah hal utama yang harus dilakukan oleh petani disekeliling pohon karet, untuk meningkatkan serapan nutrisi pada pohon agar menghasilkan getah yang deras saat disadap.

Gulma pengganggu sangat berpengaruh terhadap hasil getah yang dihasilkan. jika gulma tumbuh dengan begitu pohon karet akan kekurangan unsur hara atau organik untuk diserap.

Oleh karena itu perlu dilakukan agar tidak mengalami penurunan produksi getah karet setiap harinya dengan cara dapat membantu meningkatkan produksi getah karet dengan cepat.

Jika semak belukar atau gulma pengganggu di biarkan akan membuat pohon karet terganggu resapan organik nutrisi karena di rebut oleh Gulma pengganggu.

Bacajuga:Gejala Tanaman Jagung Kekurangan Hara

2. Melakukan Pemupukan

Pemberian pupuk secara berkala dan berkelanjutan dapat membuat pohon karet memiliki produksi getah yang deras saat di sadap.

Atau bisa di bilang pupuk adah faktor utama dalam pemberian unsur hara yang diserap akar pohon karet agar meningkatkan hasil getah yang deras dan meningkat setiap harinya.

Hal ini dapat anda lakukan karena sudah terbukti bahwa setiap tanaman perlu resapan nutrisi organik agar terus berkembang dengan baik.

Pemberian pupuk dapat anda lakukan dengan jangka waktu tiga bulan sekali Untuk meningkatkan hasil produksi getah.

Bacajuga: Cara Memberikan Dosis Pupuk Padi

3. Pemberian Obat ZPT

Jika anda sudah melakukan pembersihan gulma dan pemberian pupuk selama tiga bulan sekali. Maka langkah selanjutnya Yaitu anda dapat menggunakan obat ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh ) yang berfungsi sebagai perangsang getah karet agar produksi tetap setabil dan terus meningkat.

Demikian metode yang dapat anda terapkan untuk menghasilkan getah karet maksimal dalam produksi setiap harinya.

Bacajuga: Pakan Bebek Yang Bagus Agar Cepat Bertelur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *