Cara Mencangkok Buah Mangga Yang Benar

Diposting pada 14 views
Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara mendapatkan bibit dengan sistem mencangkok memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia.

Kebanyakan orang juga memilih mendapatkan bibit mangga dengan cara mencangkok untuk mendapatkan buah berkulitas.

Jika menanam dari biji lumayan lama untuk menunggu berbuah, tidak secepat seperti mencangkok.

Saya rasa dengan cara ini lebih tepat, karena kita bisa melihat kulitas pohon yang akan di cangkok.

Pada pohon mangga yang akan di cangkok, lihat terlebih dahulu bagaimana buah yang dihasilkan saat di panen.

apabila pohon tersebut memiliki buah yang baik dan manis anda bisa lakukan pencangkokan terhadap pohon tersebut.

Sehingga pada bibit yang sudah kita cangkok akan mengahasilkan buah yang berkualitas, karena pada pohon tersebut yang sudah jelas memiliki pertumbuhan dan produksi buah yang bagus.

Keunggulan menciptakan bibit dengan cara di cangkok adalah bibit cepat tumbuh besar dibandingkan mendapatkan bibit dengan cara menanam biji buah mangga.

Kualiatas buah sudah diketahui dari pohon yang kita cangkok. Sehingga nanti ketika bibit tersebut di tanam akan seperti pohon yang kita cangkok tadi.

Melakukan pencangkokan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Perlu teknik dan metode yang baik agar pencangkokan berhasil dan menjadi bibit yang berkualitas.

Langkah-Langkah Sebelum Mencangkok

Sebelum Kita memasuki bagaimana cara mencangkok, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu seperti berikut :

Keuntungan Mencangkok Mangga

Keuntungan mencangkok pohon mangga adalah bisa mengatahui buah berkulitas dari indukan pohon mangga yang di cangkok.

Pada dasarnya pohon mangga memiliki sifat yang sama dengan indukannya, sehingga pada pohon yang kita cangkok untuk dijadikan bibit tanam kembali akan menghasilkan buah yang berkualitas.

Namun jika pohon indukan jelek dan tidak memiliki produksi buah yang bagus, Maka nantinya jika bibit yang kita cangkok dari pohon tersebut akan memiliki produksi buah yang jelek juga.

Maka pilih lah pohon mangga yang memiliki produksi buah yang baik untuk kita cangkok sebagai bibit tanam kembali.

Keuntungan kedua adalah bibit dari hasil pencangkokan akan lebih cepat berbuah dan lebih mudah tumbuh dibandingkan dari biji.

Pohon dari hasil mencangkok tidak menunggu besar sudah dapat berbuah. Sehingga tanpa waktu lama kita sudah bisa menikmati buah mangga dari hasil cangkokan.

Dengan teknik mencangkok tingkat keberhasilan lebih tinggi Jika dibudidayakan untuk dijual buahnya. sehingga tidak terlalu besar tingkat kegagalannya.

Kekurangan Mencangkok Mangga

Selain keuntungan tentu ada kekurangan dari hasil penyangkokan. Setiap metode pasti akan memiliki kekurangan dan tidak semuanya mutlak mendapatkan keuntungan.

Dari setiap metode tersebut kita wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi kekurangan tersebut agar hal-hal buruk tidak terjadi terhadap tanaman pohon mangga yang kita tanam

Kekurangan pertama adalah pohon mangga dari hasil cangkok mudah roboh sehingga tidak sekuat yang dihasilkan dari penanaman biji.

Kekurangan kedua, pohon mangga dari hasil cangkokan tidak dapat bertahan lama pada masa musim kemarau panjang. Apabila musim kemarau anda harus menyiraminya agar pohon tetap hidup.

Kekurangan ketiga, pohon indukan akan rusak akibat bagian batang banyak yang dipotong. Lakukan pencangkokan induk jangan terlalu banyak agar tidak mengalami kerusakan.

Jenis Indukan Mangga Yang Baik Di Cangkok

Seperti yang saya bilang tadi, memilih pohon indukan untuk dicangkok adalah salah satu penentu kesuksesan dalam berbudidaya buah mangga.

Kebanyakan petani yang gagal kerena dalam pemilihan induk cangkoknya di lakukan secara asal-asalan saja. Sehingga dapat berpengaruh terhadap buah yang di hasilkan.

Pembahasan bagaimana cara memilih pohon yang akan di cangkok saya bahas supaya teman-teman dirumah dapat sukses jika ingin berbudidaya penghasil buah mangga.

Karena pengetahuan pemilihan pohon mangga yang berkulitas sering dilupakan. Maka mulai dari sekarang lihatlah terlebih dahulu indukan yang akan di cangkok agar tidak mengecewakan saat ditanam.

1. Harus Dari Indukan Produktif

Pililah indukan pohon mangga yang memiliki buah yang produktif, sehingga ketika pohon dicangkok hasil cangkokan tersebut nantinya akan berbuah seperti induknya.

Jika buah pada indukan lebat otomatis hasil yang dicangkok ketika sudah berbuah akan tumbuh seperti induknya memiliki buah yang lebat dan kulitas buah yang baik.

Pilihlah pohon indukan yang sudah berumur 2 th sehingga batang pohon sudah siap di cangkok dan sudah terbukti memiliki hasil buah yang baik.

Sehingga dapat dilihat dengan jelas pohon utama yang akan dijadikan bibit cangkokan akan memberikan hasil yang maksimal dan tidak mengalami kekurangan dalam produksi buahnya.

2. Pilihlah Batang Yang Tidak Lecet

Pilihalah batang yang tidak cacat dan tidak memiliki luka pada kulit batang pohon mangga. Bagian batang juga harus kuat dan kokoh.

Saat batang kulit pohon mangga di kupas akan keluar berupa cairan cambium. Sesudah kulit pada batang tersebut di kupas tunggu sampai cairan tersebut kering baru anda cangkok.

Yang perlu di ingat pencangkokan jangan anda lakukan ketika cairan tersebut masih ada atau belum mengering. Agar proses pencangkokan jadi 100% dan dapat tumbuh akar.

Apabila langsung dan cairan cambium masih ada, maka akar pencangkokan nantinya tidak tumbuh dan bagian batang yang anda cangkok akan mati.

Batang yang bagus untuk di cangkok gunakan batang tingkat ketiga percabangan dari bagian pangkal batang pohon mangga.

Bacajuga: Cara membuat Bonsai Dari Pohon Asem

Cara Mencangkok Pohon Mangga Dengan Mudah

Sebelum melakukan pencangkokan persiapkan alat dan bahan apa saja yang akan digunakan, ketika bahan sudah siap anda baru bisa melakukan poncangkokan.

Alat dan bahan yang digunakan mencangkok seperti berikut :

  • Pisau
  • Gunting
  • Kompos
  • Pupuk Kandang
  • Tali Rafia
  • Tabung bambu atau plastik bening / serabut kelapa.

Bacajuga: Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet

Jika bahan sudah siap baru kita melakukan pencangkokan dengan langkah -langkah yang benar seperti berikut :

Cara Mencangkok Pohon Mangga

  1. Langkah pertama lakukan pemilihan batang yang tidak terlalu tua atau terlalu mudah. Dengan ukuran batang sekitar 120 cm.
  2. Langkah kedua lakukan pengeratan terhadap kulit batang pohon mangga. Untuk panjang kulit yang di kerat sekitar 10 cm tidak boleh terlalu panjang.
  3. langkah ketiga apabila pada bagian kulit yang dikerat mengeluarkan cairan cambium bersihkan terlebih dahulu. Pembersihan bisa dengan cara di kerik
  4. Jika masih ada getah yang menempel dan belum mengering tunggu dulu hingga getah pada batang tersebut mengering, Biasanya menunggu sampai batas waktu 2 sampai 3 minggu hingga getah benar-benar kering.
  5. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan berikan obat perangsang tumbuh ( ZPT ). Semisal anda menggunakan perangsang tumbuh janis clonek dan Pupuk andalan anda yang sering digunakan.
  6. Setelah itu carilah tanah sebanyak sekepal tangan anda. Lalu balut tanah tersebut dengan tabung bambu atau plastik. Dan tutup tanah dengan tabung tersebut dengan rapat.
  7. Jangan lupa sirami cangkokan setiap hari pagi dan sore, agar tanah yang sudah di bungkus tabung atau media pencangkokan agar tetap lembab dan dapat tumbuh dengan cepat.
  8. Akar pada cangkokan batang akan tumbuh dalam waktu 3 sampai 4 bulan lamanya. Jika akar sudah tumbuh anda bisa membuka plastik/ tabung bambu dan batang cangkokan bisa anda tanam kembali ke media tanam yang baru.
  9. lalu bagian daun dan ranting kecil bisa anda potong agar tidak mengganggu pertumbuhan pencangkokan.
  10. Buka plastik/tabung bambu dengan hati-hati
  11. lalu potong bagian pangkal batang untuk memindahkan kedalam media pot.
  12. Jangan langsung memindah pada lahan penanaman. lakukan pemindahan dengan menggunakan media pot terlebih dahulu, Setelah daun dan ranting tumbuh sempurna baru boleh dipindahkan ke lahan penanaman.

Bacajuga:Cara Menanam Durian Di Dataran Rendah Dengan Mudah

Mudah Bukan? semoga cara yang saya berikan dalam mencangkok pohon mangga dapat membantu anda yang belum pernah melakukan pencangkokan.

Hal yang paling diutamakan dalam mencangkok adalah memilih indukan pohon mangga yang memiliki kulitas buah dan batang seperti yang saya terangkan diatas.

Sehingga dapat menghasilkan buah yang dipanen akan mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *