Cara Menanam Tomat Di Pot Dan Polybag

Diposting pada

Cara menanam tomat di pot- Jika biasanya penanaman tomat di area lahan yang luas. Maka bisa dibilang membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Banyak modal yang harus di keluarkan, namun untuk penanaman di area rumahan, tanpa area lahan yang luas juga bisa.

Dengan teknik ini dapat anda terapkan di rumah menggunakan media penanaman Pot atau Polybag. Cara pembuatanya pun cukup mudah dan praktis.

Apalagi bila anda tidak mempunyai lahan pertanian sangatlah akurat, jika penanaman menggunakan cara ini.

Gimana tidak mudah kita hanya menggunakan pot persatu batang/pohon tomat. Bisa kita letakan dimanapun sesuai yang anda inginkan tanpa butuh tanah pertanian yang luas.

Selain itu juga dapat mengirit bahan dapur anda dalam pengeluaran perhari, untuk bahan masakan yang menggunakan tomat.

Jika anda menanam sendiri dapat memeti hasil tanam sendiri untuk bumbu dapaur. Namun jika anda ingin menjual sebagai Uang Tambahan juga bisa.

Buat area Pot / Polybag untuk menanam tomat. dalam penanaman 100 pot, dapat anda bayangkan jika pohon tomat berbuah semua.

Tentu bisa jadi penghasilan tambahan anda, jika tomat berbuah dengan lebat dan bagus dalam perawatanya.

Penanaman tomat sendiri dapat di bilang susah-susah gampang. Tergantung dalam perawatanya.

Jika anda memperhatikan dengan serius maka akan menghasilkan buah yang lebat saat proses panen tiba.

Berapa Lama Proses Panen Tomat?

Tomat dari penanaman pertama biasanya memakan waku sekitar 3 bln tomat akan penen. Nah gimana apakah anda berminat untuk menanam tomat, dengan proses panen tidak lama hanya beberapa bulan saja.

Dalam penjualan pun tidak susah di pasaran, banyak yang membutuhkan sebagai bahan baku pangan. Contohnya seperti Sambal, saus, dan perawatan kulit Juga bisa.

Selain sebagai bahan bauk pangan ternyata tomat memiliki kandungan yang dapat merawat kulit wajah anda. Jadi kesimpulanya tomat adalah salah satu buah yang paling di cari di pasaran.

Namun jangan salah membedakan tomat, ada beberapa jenis tomat yang dapat anda temui Tomat Sayur, Tomat Chery, Tomat Buah dll. Setiap tomat memilki ciri dan bentuk yang berbeda.

Jika anda ingin atau berminat menanm tomat di pot silahkan ikuti pembahan tomat kali ini.

Persiapan Untuk Menanam Tomat Di Rumah

Sebelum menanam anda perlu menyiapkan bahan-bahan dan alat yang akan di gunakan, sebagai media penanaman.

1.Siapkan Pot dan Polybag

Penyiapan ini sangat yang utama karena media tempat kita menanam menggunkan Pot/ Polybag. Nah untuk ukuran anda bisa menyesuaikannya sendiri.

Salah satu keunggulan menggunakan pot / polybag adalah dapat leluasa memindah tanaman dan dapat mengatur tingkat kesuburan tanah dengan mudah di lakukan.

Peminat dari kalangan ibu-ibu juga banyak yang memanfaatkan pot sebagai media menanam tomat dengan teknik ini.

Karena sangat mudah dilakukan dan mudah saat masa perwatan.

2.Penyiapan Media Tanam Tomat

Sesudah anda selesai menyiapkan pot atau polybag. Silahkan siapkan Tanah Gembur, Arang Sekam dan Kompos dengan perbandingan 2 :1 :1.

Media kompos dapat anda buat sebelum tomat di tanam. fungsi pembuatan kompos terlebih dahulu agar mineral menyatu saat tomat sudah ditanam dimedia yang saya sebutkan tadi.

Pembuatan bahan terlebih dahulu sebelum tiba hari penanaman sangat di anjurkan. Untuk menyuburkan tanaman dengan bahan media memilki PH 5.5 – 7. sehingga tomat dapat berbuah lebat.

3.Cara Memilih Tomat Berkualitas

Sebelum memilih benih unggulan, anda harus memilih jenis tomat apa dulu yang akan anda tanam dan banyak ragam jenis tomat.

Sesudah menetukan jenis pilihlah buah tomat yang siap di jadikan bibit unggul. Biasanya memiliki warna yang cerah dan segar saat akan dipetik.

Jika warna segar dan buah tidak cacat maka cocok untuk anda jadikan bibit unggul. Namun jika anda membeli ya sudah pasti bagus karena sudah di produksi oleh ahlinya.

4.Cara Membuat Bedengan Penyebar Bibit Tomat

Salah satu cara membuat bedengan untuk penyebaran adalah bikin gudukan tanah yang sudah di urai dengan kompos.

Jangan lupa gunakan tanah yang gembur saat pembuatan bedengan agar benih dapat tumbuh dengan bagus dan mudah di pindah saat usia sudah siap di tanam.

Sesudah selesai pembuatan bedengan silahkan anda sebar benih dan tutup menggunakan alang-alang atau pelepah kelapa, agar benih tidak hanyut saat peroses penyiraman.

5.Penyemaian Benih Tomat

cara menanam tomat di pot dan polybag

Pada tahap penyemaian anda harus memilih tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari dan hujan secara langsung. Dari bedengan yang anda buatlah atap dari pelepah.

Siram setiap hari agar bedenganbibit selelu lembab, setelah 14 hari lamanya bibit sudah siap di pindahkan ke media penanaman tadi.

Bacajuga:cara membuat alat tanam padi tabela

Proses Penanaman Dan perawatan Tomat

Nah setelah bibit sudah siap di tanam di media Pot atau Polybag, silahkan isi dengan kompos dan media yang sudah saya sarankan diatas.

Sesudah Pot Dan Polybag terisi dengan penuh silahkan pindahkan bibit tomat tadi ke sini. Untuk proses pencabutan satu persatu dengan pelan-pelan.

Jika di cabut dengan kasar maka akar bibit akan putus. Karena pada bagian akar bibit masih renta makanya harus hati-hati dalam proses ini.

Setelah bibi tomat di pindah lakukan perawatan dan penyiraman setiap hari agar batang tomat tidak kekurangan air. Sehingga dapat bertumbuh bunga yang akan menjadi buah dapat terjaga dan tidak rontok atau terserang hama.

Minimal 2 hari sekali untuk proses penyiraman. berikan tongkat penyanggah pada batang tomat agar tetap lurus.

Jika sudah berbuah lihat pada tongkat penyenggah batang tomat apakah mampu atau tidak jika tidak perlu penambahan penyanggahan.

Lalu upayakan pemotongan tunas yang tidak penting, pada batang tomat. Proses pemangkasan agar nutrisi yang diserap batang pohon tomat menjadi maksimal.

Jika kebanyakan batang penyerapan akan kurang maksimal dan tidak dapat berbuah lebat. Beda dengan patang yang utama saja maka akan memberikan hasil panen buah tomat yang segar.

Satu minggu setelah pemindahan bibit perlu penambahan Nutrisi tambahan. caranya dengan menambahkan Pupuk Kompos.

Jika dalam perawatan ada satu pohon yang terkena hama lakukan pencabutan pada bibit agar tidak menular ke bibit yang lain.

Lakukan penanganan dengan penyemprotan Pestisida Alami ke bagian tomat agar hama tidak menjalarke seluruh tanaman.

BacaJuga:cara membuat pupuk kompos dari daun kering

Masa Panen Tomat Di Pot Dan Polybag

cara menenm tomat di polybag

Nah jika sukses dalam penanaman, proses panen tomat tidak lama. Karena tidak sampai jangka waktu 100 Hari, tomat-tomat yang anda tanam sudah bisa di panen.

Ciri buah tomat yang sudah siap di panen dari buah berwarna hijau menjadi warna kekuningan. pertanda siap di panen, namun tidak langsung semua karena munculnya buah juga tidak secara bersamaan.

Semoga Bermanfaat buat kalian semua cara menanam tomat di polybag jika tidak memiliki tanah yang luas tetap bisa bertani di halaman rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *