Cara Menanam Timun Dalam Polybag/Pot

Diposting pada
cara menanam timun di polybag atau pot

Cara Menanam Timun Dalam Polybag/Pot– Timun adalah salah satu sayuran yang paling banyak di konsumsi masyarakat indonesia.

Timun atau mentimun ini, sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Karena sejauh ini timun banyak di konsumsi menjadi lalapan.

Apalagi jika anda sering mampir di rumah makan pecel lele pasti ada lalapan mentimun sebagai pelengkapnya.

Salam sukses sahabat tani, kali ini yang akan kita bahas adalah cara menanam timun menggunakan media pot/polybag dengan mudah.

Yah seperti yang kita ketahui bahwa bercocok tanaman timun sangat menjajikan dan cepat laku di pasaran.

Bahkan bukan perorangan lagi yang membutuhkannya. Rumah makan besar pun di seluruh Indonesia menggunakanya sebagai lalapan terfavorit pertama yang dicari konsumennya.

Namun jika anda ingin bercocok tanam sayuran timun dan tidak mempunyai lahan yang luas anda tetap bisa dengan menggunakan cara yang akan kita bahas kali ini.

Apakah cara ini sudah terbukti?

Ribuan petani yang tidak mempunyai lahan yang luas mereka menggunakan cara ini sebagai media penanaman di sekitar rumah dan tentu sudah banyak yang berhasil dengan teknik tanam pot/polybag.

Berhasil dan tidaknya kembali lagi kekita sendiri, dalam pertania harus memiliki resep perawatan yang baik dan cara penanaman yang benar.

Kesuksesan seorang petani adalah diukur dari mereka mengembangkan cara perwatan yang serius. Jadi pada intinya jangan malas membaca pengetahuan tentang artikel yang membahas seputar dunia pertanian.

Hal pertama yang perlu di perhatiakan lahan dan bibit yang unggul, kadar kesuburan tanah berfungsi penentu hasil panen, Jika tanah yang kita gunakan subur dan asupan nutrisi baik dengan begitu tanaman akan lebih mudah berkembang.

tanpa berlama -lama lagi begini cara penanaman timun menggunakan mendia pot/polybag :

Panduan Lengkap Cara Menanam Timun Dengan Pot/ Polybag

cara menanam timun di polybag atau pot

Timun padasarnya adalah tanaman seperti melon, semangka dan jenis tanaman merambat lainya.

penanaman timun yang baik dan cepat dalam pertumbuhan pada iklim 400 Mdpl, dan mendapatkan sinar matahari secara langsung, dengan temperatur 21,1-26,7 c, tidak terlalu banyak hujan dan tanah yang gembur dengan PH 6-7. Anda dapat membudidayakanya di area kebun rumah dan rawa pasang surut.

Menggunakan penanaman dengan media polybag/pot harus di tempat yang pasang surut air jangan sampai tergenang air terus menerus.

Cara Persiapan Media Tumbuh

  • Campurkan Tanah Yang gembur dengan pupuk kandang, Sekam/Serbuk Gergaji, dengan perbandingan komposisi 1:1:1.
  • Lalu anda tambahkan dolomite sebanyak 1/100 dan setengah dosisi pupuk dasar
  • Jangan lupa tambakan insektisida berbentuk butiran yang ber fungsi mencegah berkembangnya hama dan semut didalam polybag/pot.
  • Lalu masukan tanah yang sudah tercamour tadi kedalam polybag/pot dengan kapasitas 8 Kg. lalu anda susun dengan jarak 4×40 cm.
  • Jika sudah disusun, setiap polibag/pot dibuat searah timur dan barat dengan lebar 75 cm saja.
  • setelah anda sudah siap dalam media tumbuh tunggu dalam jangka waktu 1 samapi 2 minggu media siap di tanami benih timun.

Cara Membuat Media Perambatan Tanaman Timun

cara menanam timun di polybag atau pot

Kenapa harus membuat media perambatan? pada dasarnya tanaman timu adalah salah satu kategori tanaman merambat. Makanya dibutuhkan media perambatan.

caranya bisa anda buat menggunakan bambu dengan diameter 7-10 cm. tambahkan kawat kecil sebagai para-para atau menggunakan bilah bambu yang di pasang bersilang. untuk rambatan bisa anda gunakan tali atau bilah bambu.

Cara penanaman Dan Penyemaian Benih Timun

  • Melakukan penanaman dapat anda lakukan jika media tanaman sudah anda biarkan selama 1 sampai 2 minggu. Tujuannya agar campuran sudah bereaksi agar tidak meracuni tanaman timun.
  • Seleksi benih dengan merendam kedalam air sebelum anda semai, agar bibit yang anda tanam tumbuh dengan baik sebagai bibit unggul.
  • selanjutnya Sebar benih dengan menggunakan polibag kecil, sebagai proses penyemaiannya.
  • Setelah benih timun sudah berdaun 2-3 helai daun, berarti benih sudah siap di pindahkan ke media polibag/pot utama.
  • Perpolybag/pot bisa anda isi 1-2 benih yang sudah siap tanam.

Ikuti cara diatas untuk mendapatkan hasil bibit dan penanaman yang baik biasa anda ikuti cara diatas tanpa merubahnya.

Panduan Lengkap Perawaatan Dan Pengendalian Hama Tanaman Timun.

Setiap bercocok tanam memang sangat diperlukan perawatan yang serius agar mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Karena setiap tanaman sayuran kan mengalami penyerangan hama, salah satu pembahasan tentang cara penanaman timun ini juga akan saya Jelaskan cara tepat mengatasi pengendalian hama saat menyerang tanaman timun.

Jika tanaman sudah terserang hama dan kita tidak tahu bagaimana cara pengendaliannya, akan beresiko pada petani itu sendiri

Ya sudah pasti kita akan mengalami gagal panen dan kerugian yang besar, karena modal yang sudah kita keluarkan sudah banyak untuk penanamanya.

Saya juga mengalaminya, karena terlalu menyepelekan hama dan perawatan. simak pembahasan kali sampai selesai agar memahami bagaimana cara yang tepat mendapatkan hasil yang baik.

Dari kegagalan itu lah saya mulai bengkit dan mencari refrensi bagaimana cara mengatasi hama dan cara pemeliharaan tanaman.

Nah caranya seperti berikut ini :

1. Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman

Hama yang sering menyerang tamanan timun adalah orong-orong dan belalang (Saat usia tanaman masih muda), kumbang imun, Kumbang totol hitam dan apis (menyerang bagian daun), lalat buah.

cara pengendalianya adalah dengan membuang larva yang terdapat pada daun dan menyemprotkan insektisida. penggunaan bahan kimia insektisida secukupnya saja, jangan berlebebihan.

Agar kesegaran buah tidak terlalu banyak mengandung kimia dan dapat menghilang saat pemanenan tiba. Jadi pada intinya buah tidak berbahaya saat di konsumsi.

2.Sitem Penyulaman Benih Timun

Lakukan penyulaman secepatnya pada tanaman benih timun yang mati. Jika sudah lebih 2 minggu anda sudah tidak perlu menyulam lagi.

Pada tahap awal sangat perlu cara penyulaman yang mati agar tidak berkurang jumlah bibit yang anda sudah tanam.

sesudah melakukan penanaman dalam waktu 1 minggu anda perhatikan dengan baik agar dapat menyulam benih yang mati.

3.Pemberian Pupuk Pada Tanaman Timun

Pupuk berfungsi sebagai penentu pertumbuhan tanaman yang akan menghasilkan pertumbuhan yang baik dan memberi asupan nutrisi pada tanaman.

Pemberian pupuk tanaman dapat anda lakukan dengan cara bersamaan dengan mencampurkan bahan-bahan media tanaman sebanyak 1-2 ons NPK setiap 10 Kg media tanam. Pemupukan susulan dapat anda lakukan dengan menggunakan larautan pupuk NPK Kosentrasi 7-10 Gram/liter air sebanyak 200 CC/Tanaman pada media tanam polybag/pot.

Pemupukan dengan menggunakan larutan ini dapat anda lakukan saat usia tanaman memasuki 2 minggu. setelah itu bisa anda ulang sampai 1-2 minggu sekali sampai produksi akhir pembuahan.

Selain pupuk itu juga anda juga merlukan pupuk nabati cair seperti Mamigro Super N dan NPk Spesial atau dengan Gardena D dari Umur 7 sampai 30 Hari dengan kosentrasi 2-5 g/l air. dengan pemberian interval 7-15 hari atau bisa melihat kondisi tanaman anda.

Penyemperotan pupuk adun Mamigro Super N atau NPk sepesial sangat di anjurkan fungsinya untuk memacu pertumbuhan bunga dan buah atau Gardena B atau dengan pupuk Mikro Fitomic dengan konsentrasi untuk pupuk fitomic adalah 1,5 sampai 2,5 cc/l dengan pemberian interval pemberian setelah 10-15 hari.

4.Cara Penyiraman Dan Penyiangan

Anda dapat ,elakukan penyiraman segari hari dua kali pagi dan sore hari. Namun jika pada musim penghujan anda bisa lakukan satu kali dalam sehari. cara penyiangan dapat anda lakukan dengan cara melihat gulma di sekitar tanaman.

5.Panen Buah Timun

Setelah tanaman sudah berumur sekitar 75-85 hari, anda sudah dapat memetik buah pertama. Cara pemetikan buah dapat anda lakukan dengan 1-2 hari sekali, yah bisa kita lihat buah yang siap di penen mungkin anda semua sudah paham untuk membedakanya.

cukup sampai disini bagaimana cara merawat dan penanaman timun menggunakan media pot/polybag, saya yakin anda dapat melakukanya dengan mengikuti pembahasan kali ini, salam sukses sahabat tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *