Cara Menanam Tanaman Kemangi

Diposting pada 26 views

Cara Menanam Tanaman Kemangi- tidaklah sulit dan sangat mudah. Sebenar tanaman ini mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Di indonesia sendiri tanaman kemangi sudah sangat dikenal, semua orang pasti sudah mengetahui jenis tanaman ini.

Karena disetiap daerah di indonesia pasti banyak yang menanamnya disekitar rumah atau dipekarangan rumahnya.

Kemangi sendiri sering kita temui juga di jadikan lalapan kuliner di masakan padang, pecel lele, dan hampir disemua rumah makan menggunakan tanaman kemangi menjadi paduan masakan.

Daun kemangi memiliki aroma yang sangat wangi dan memiliki batang yang lunak dan bercabang banyak.

Tanaman ini banyak tumbuh didaerah yang tropis dan merupakan salah satu tanaman herbal tegak semak.

Dengan aroma wangi yang khas, tentu daun satu ini sangat cocok dijadikan lalapan untuk meningkatkan selera makan.

Nah dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menanam tanaman kemangi untuk di tanam sendiri dirumah.

Banyak orang yang menyukai tanaman ini namun tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara menanamnya.

Maka dari itu simak pembahasan kali ini sampai selesai bagaimana cara memulainya dengan benar, agar nantinya tanaman kemangi dapat tumbuh dengan baik.

Kandungan Yang Terdapat Pada Daun Kemangi

Pada daun kemangi mengadung kimia 1,8 sineol, anethol, apigen, dan boron. Nah yang terpenting daun kemangi juga memiliki kandungan asam amino arigin dan aspartat yang baik untuk manusia.

Yah mungkin anda juga tidak pernah berfikir bahwa kemangi hanya lalapan yang tidak memiliki manfaat. dan sekarang anda mengetahui kandungan apa saja yang terkandung didalam daun kemangi sangat baik untuk kesehatan manusia.

Seiring berjalan waktu daun kemangi banyak peminatnya. sehingga mengundang orang banyak yang ingin membudidayakannya.

Untuk pemula yang ingin membudidayakan kemangi dan mudah untuk melakukannya bagaimana langkah awal memulainya seperti berikut.

Langkah Persiapan Budidaya Tanaman Kemangi

1. Pemilihan Benih Kemangi

Pada umumnya benih adalah penunjang utama untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, dengan memilih benih yang unggul untuk ditanam.

Bibit yang baik untuk tanaman kemangi yaitu berwarna hitam dan bibit yang sudah kering.

Apabila benih belum kering anda bisa mengerikannya terlebih dahulu. dengan cara menjemur bibit dibawah sinar matahari secara langsung hingga benih benar-benar kering.

Benih kemangi berasal dari biji yang berada pada bunga kemangi dan untuk mendapatkan benih yang baik pilihlah benih yang berasal dari bunga kemangi yang sudah masak atau bunga yang sudah jatuh dari pohonya.

Setelah itu anda bisa mengeringkan biji kemangi dengan menjemurnya. Dan setelah benih kering bisa anda semai pada tempat yang sudah anda buat nantinya.

apabila benih yang di hasilkan pada bunga yang sudah tua otomatis kualitas benih kemangi sangat baik untuk ditanam kembali.

2. Persiapan Lahan Tanam Kemangi

Lahan adalah salah satu faktor utama yang perlu di perhatikan agar tanaman kemangi dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Apabila tanah yang digunakan tidak memiliki tingkat kandungan organik yang baik dan kesuburan lahan berkurang, maka tanaman kemangi akan mengalami keterlambatan pertumbuhan.

Oleh karena itu cara membuat tanah subur dan mudah untuk tanaman kemangi tumbuh lakukan cara penyiapan lahan seperti berikut :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencangkul tanah untuk menggemburkanya. Karena proses ini dapat menetralkan tanah dari racun yang terkandung didalam tanah tersebut dan memberikan oksigen masuk kedalam tanah sehingga membuat calon tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  • Pada lahan penyemaian usahakan tidak terkena sinar matahari secara langsung dengan memberi atap diatasnya hingga benih tumbuh dan siap di pindahkan kelahan penanaman utama.
  • Bentuklah lahan yang sudah anda gemburkan tadi menjadi bedengan dengan lebar 1 m dan untuk panjang biasa menyesuaikan dengan penjang lahan yang di miliki.
  • Setelah bedengan jadi, jangan lupa untuk menaburkan pupuk kompos pada bedengan tersebut bila perlu aduk dengan tanah bedengan secara merata agar menambahkan unsur hara pada lahan penanaman yang nantinya akan diserap oleh tenaman kemangi.
  • Setelah semua selesai diamkan lahan selama 2 hingga 3 hari, agar kandunag hara dapat meresap dengan baik pada tanah tersebut.

3. Penanaman Benih Kemangi

Nah apabila penyiapan lahan sudah siap langkah selanjutnya adalah untuk menanam benih kemangi lahan tersebut.

  • Biji Kemangi yang siap tumbuh memiliki ciri pada bagian biji sudah kering dan berwarna hitam.
  • Setelah biji kemangi sudah di jemur pindahkan benih kedalam wadah yang sudah anda siapkan lalu masukan bibit kedalam tempat yang memiliki suhu ruangan dan jangan ditutup bagian wadah agar mendapatkan udara segar selama 1 hari.
  • Apabila sudah selesai lakukan penanaman benih dengan cara menabur benih ditempat penyemaian hingga tumbuh. Cara penanaman di tempat penyemaian dengan cara disebar dan pada bagian atas di taburi tanah lapisan. Nah untuk penggunaan lapisan tanah, tabur secara tipis saja agar benih dapat tumbuh dengan baik
  • Setelah benih sudah anda sebar jangan lupa untuk membasahi lahan penyemaian benih denga air secukupnya saja.
  • Maka dalam jangka waktu 3 sampai 4 hari benih akan mulai berkecambah. Setelah benih sudah memasuki minggu ke 4 -5. dan memiliki akar yang sudah kuat, saatnya melakukan pemindahan tanaman kemangi kelahan tanam utama.

4. Perawatan Tanaman Kemangi

Setiap tanaman apapun pasti sangat membutuhkan yang namanya perawatan agar tetap tumbuh dengan baik dan terhindar dari hama penyakit.

Untuk perwatan kemangi sendiri tidak sulit dan mudah dalam perawatanya, sehingga untuk budidaya kemangi jauh dari kata kegagalan jika perawatan dilakukan secara rutin.

Berikut ini cara merawat tanaman kemangi agar dapat tubuh subur hingga masa panen dan memiliki kualitas daun yang baik.

  • Lakukan penyiraman saat musim kemarau dan waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman pagi dan sore hari. Apabila pada musim penghujan dapat mennyesuaikan untuk melakukan penyiramannya.
  • Lakukan pengecekan pada daun tanaman untuk menyingkirkan daun yang terkena hama penyakit.
  • lakukan pembersihan tanaman gulma jika terdapat tumbuh disekeliling tempat penanaman. Pembersihan gulma dapat dilakukan ketika terlihat sudah tumbuh, agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman kemangi dan berebut unsur hara.
  • Untuk membersihkan hama penyakit jangan sampai menggunakan obat-obatan kimia, agar nanti tidak mempengaruhi kesehatan manusia saat dikonsumsi.
  • Pangkaslah bunga-bunga kemangi selama 1 minggu sekali. Tujuan pemangkasan bunga adalah agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

5. Pemanenan Daun Kemangi

Untuk waktu yang tepat pemanenan daun kemangi adalah saat bunga kemangi sebelum tumbuh, karena jika daun kemangi tumbuh dapat mengurangi rasa nikmat daun saat di jadikan lalapan.

Yang perlu diketahui bagaimana cara masa panen yang tepat agar tanaman kemangi memiliki rasa yang nikmat saat di konsumsi seperti berikut :

  • Daun kemangi dapat dipanen saat usia tanaman mencapai 50 HST.
  • Daun yang baik dan bagus adalah pada daun yang masih muda/ bagian pucuk yang harus dipetik.
  • daun dapat di panen dan di potong menggunakan gunting.

Keunggulan tanaman ini dapat tumbuh pada cuaca dingin maupun cuaca panas. perubahan cuaca tidak membuat tanaman mati, akan tetapi pada daun kemangi akan mengalami perubahan.

Namun daun kemangi yang bagus akan dihasilkan pada cuaca dingin, bagian daun akan lebih terlihat segar dan memiliki daun yang lebar. Warna hijau daun juga akan terlihat menarik jika dijadikan lalapan.

Demikianlah bagaimana cara menanam daun kemangi yang mudah dan dapat anda pelajari untuk mendapatkan pertumbuhan daun kemangi yang baik dan mengetahui masa pemanenan yang tepat.

Bacajuga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *