Cara Menanam Sawi Hijau Di Polybag Dengan Mudah

Diposting pada
cara menanam sawi di polybag

Cara Menanam Sawi Hijau Di Polybag- Di era moderen sistem penanaman sawi menggunakan polybag sangat di minati.

Bahkan menjadi salah satu metode yang sangat mudah diterapkan di area perumahan dan tidak membutuhkan tanah yang luas untuk penanamannya.

Metode penanaman ini mengutamakan bibit unggul dan juga perawatan pada tanaman sawi.

Sawi hijau adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tahukah anda bahawa didalam sawi terdapat kandungan fitonutrien yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Ternyata Vitamin C yang terkandung dalam sayuran ini juga sangat tinggi. mungkin kebanyakan orang belum mengatahuinya.

Sayuran sawi juga mampu mencegah peradangan dan pembentukan plak arteri. Jika anda sering diet dengan mengonsumsi sayuran ini, dapat mengontrol kolestrol anda.

Bila anda sering mengonsumsi sayuran sawi hijau ini dapat terhindar dari penyakit diabetes dan jantung. Maka seringlah konsumsi sawi hijau yang kaya manfaat ini.

Nah kali saya hanya sedikit berbagi bagaimana cara menanam sawi di polybag dengan mudah, yang sudah saya terapkan di rumah.

walaupun sistem penanaman mengunakan polybag tetapi tetap juga dapat menghasil hasil panen sawi yang sangat menjanjikan.

Bahkan bisa di bilang menjadi peluang usaha tambahan anda di rumah. kenapa tidak ber cocok tanaman sayuran sawi ini sangat menjajikan karena sangat di minati di pasaran.

Yah tahu sendiri sawi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia, seperti yang saya jelaskan diatas. makanya banyak orang yang menjadikan bahan pokok untuk menjaga kesehatan dalam pengolahan bahan pangannya.

Berikut ini ulasan tentang cara penanaman sawi di polybag yang benar.

Syarat Tanaman Sawi Tumbuh Dengan Segar

Agar sawi tumbuh dengan baik gunkan lah tanah yang gembur dan mengandung humus yang subur serta memiliki pembuangan air yang baik pada bagian polybag.

Tanaman sawi cocok di tanam dataran tinggi, namu jika and memilki dataran rendah juga bisa. Namun juga tidak sebagus di dadataran tinggi.

Jika suhu dingin sawi sangatlah berkembang dengan baik, jadi penanaman yang cocok saat musim hujan tiba. Namu jika pada musim kering atau kemarau anda harus menyetbilkan penyediaan air untuk menyiram sawi.

Jika pada musim kemarau anda tidak mengontrol penyediaan air yang di butuhkan tanaman sawi, maka sawi dapat berakibat mati dan tidak dapat bertahan jika musim kemarau tiba.

Namun anda tidak usah khwatir dengan sayarat diatas, yang akan kita bahas adalah menggunkan polybag.

Jadi akan lebih mudah saja untuk penanamannya, hanya saja anda rutin menyiram tanaman sawi saat pagi hari.

Dan juga pemerhatian pada tanaman dari serangan hama yang harus anda perhatikan bagaimana cara menaganinya.

penyerangan hama sudah menjadi permasalahan yang lumrah, bukan hanya tidak mungkin setiap tumbuhan memiliki penyakit hama sendiri”.

Jadi bukan menjadi momok yang menakutkan bagi petani. Tetapi yang harus kita pikirkan adalah cara Menanganinya.

CaraMemilih Bibit Unggul Sawi

cara menanam sawi di polybag 2

Dalam pemilihan bibit adalah faktor utama yang perlu di pertimbangkan. Karena proses penanaman yang baik adalah memperhatikan kulitas bibit yang kan di tanam.

Jika salah memilih bibit, maka hasil penanaman pun akan kurang baik. Maka harus di perhatikan dengan benar memilih bibit unggul.

berikut ini ciri-ciri bibit yang baik dan unggul untuk anda tanam :

  • Bibit berbentuk bulat dan berukuran kecil
  • Bibit kan berwarna Coklat dan kehitaman
  • bibit memiliki warna yang mengkilap dan permukan yang licin
  • bibit dikemas menggunakan almuniumfoil dan masih utuh dalam kemasan.

Mengapa dalam proses pemilihan tidak boleh sembarangan. karena Yang menentukan hasil Panen sawi seperti yang diharapkan, adalah dalam pemilihan benih yang baik. Maka jika sawi di tanam akan mendapat hasil panen dan pertumbuhan sawi memuaskan.

Langkah_langkah Budidaya Sawi

cara menanam sawi di polybag 2

Dalam pembudidayaan sawi, di perlukan langkah-langkah penanaman yang tepat. satu langkah yang sangat penting yaitu perawatan, penanganan, pemupukan dll.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1.Metode Penyemaian Bibit Sawi

  • Pertama gunakan polybag kurang lebih ber diameter 15 Cm
  • Ketiga bibit sawi dapat langsung anda semai di polybag. Jangan lupa siram setiap hari pagi dan sore agar bibit tumbuh dengan normal
  • Jika bibit sudah tumbuh dan sudah memasuki usia sekitar 3-4 minggu berarti bibit sudah dapat di pindah di polybag.

2. Cara Penanaman sawi

  • Bila bibit sudah siap di tanam dan berumur seperti yang saya sarankan diatas. Lakukan pemindahan dan pencabutan dengan pelan agar bibit tidak putus akar.
  • Silahkan bikin lubang di polybag yang berisi tanah. Dalam satu polybag Bisa 3 samapi lima benih saja.
  • Masukan benih kedalam lubang yang sudah di buat, upayakan akar tertutup tanah dengan rapat
  • Jika sudah umur satu minggu silahkan pupuk sawi dengan jang jangka waktu satu minggu sekali.
  • Lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore. Lakukan secara rutin agar sawi tidak kekurangan serapan air.

Usia Panen dan metode panen sawi

Kapan sawi siap di panen? nah pertanyaan yang biasa di pertanyakan. sawi akan dipanen jika sudah memesuki kurang lebih 2 bln.

Jika pemanan kurang dari yang saya jelaskan maka hasil sayuran pun akan kurang maksimal dan mudah layu saat di jual, dan tidak terlihat segar.

Dalam batas waktu 2 bln kamu bisa memanen dengan cara di cabut seakarnya, atau juga bisa dengan cara di potong tanpa akar.

Namun dalam penanaman sawi tidak luput dengan hama yang menyerang tanaman sawi kita. ada beberapa cara untuk menanganinya.

Berikut ini cara menangani sawi agar tetap terhindar dari hama:

Pengendalian Penyakit Pada Tanaman Sawi

cara menanam sawi di polybag 2

Penyaki yang sering terjadi pada sawi adalah pembusukan pada daunnya. ciri penyakitnya adalah daun akan menguning dan akan mengeluarkan lendir di bagian daun, lalu lama-lama daun akan membusuk.

pembusukan pada daun sawi dapat menjalar kebatangnya akarnya dengan cepat. Lakukan pengendalian dengan tepat agar terhindar dari penyakit hama sawi seperti ini.

Jika sudah kena lebih baik anda cabut atau bisa anda pisahkan, agar tidak menular ke tanaman sawi yang lain.

Pemeliharaan Tanaman Sawi Agar Tetap Sehat

1.Penyiraman Sawi

Pemeliharaan dengan cara penyiraman setiap hari sangat di utamakan. Namu dalam penyeriman anda harus melihat musim.

Jika saat kemarau anda harus menyiram dengan rutin. Pada saat musim penghujan anda tidak perlu menyiram.

2.penjarangan Sawi

Cara penjarangan dapat anda lakukan setiap 2 minggu sekali saja. cara ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh tanpa mengalami hambatan.

Bila anda tidak tahu apa itu penjarangan. Nah penjarangan adalah salah satu cara pencabutan tanaman yang rapat agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman sawi.

Jika penanaman terlalu rapat anda bisa lekukan pemindahan dengan cara memindah ketempat polybag yang baru.

Proses ini juga dapat mengartisipasi terjadinya penularan hama dari satu tanaman ketanaman lain.

3.Penyulaman Sawi

Dalam proses penyulaman anda lakukan penyulaman 1 minggu sekali setelah penanaman. proses ini dapat anda lakukan jika ada tanaman yang mengalami kerusakan lalu anda cabut dan masukan bibit yang baru lagi.

Jika ada satu tanaman sawi yang rusak karena hama cepat anda cabut dan segera ganti yang baru. Agar tidak menjalar ke semua tanaman sawi anda.

4.Penyiangan Sawi

Proses penyiangan dapat anda lakukan sebanyak 2 – 4 kali selama masa penanaman sawi hingga panen. Penyiangan bisa anda lakukan dengan melihat seberapa banyak gulma yang menyerang pada tanaman.

Proses penyiangan harus anda lakukan agar sawi dapat terhindar Hama, Gulma, dan penyakit lainya.

Selain itu juga dapat mencega kelayuan pada tanaman sawi, dan juga dapat mengakibat kematian tanaman sawi jika tidak melakukan langkah ini.

Jangan sampai anda sia-sia dan kurang beruntung mendapatkan hasil panen sawi yang kurang maksimal. Atau bisa di bilang gagal pembudidayaan tanaman sawi karena melupakan langkah ini.

5.Pemupukan Sawi

Pupuk adalah salah satu penunjang utama dalam sistem perkembangan dan pertumbuhan tanaman. dengan memberipupuk yang cukup pada tanaman maka akan mengahasilkan hasil penen yang bagus.

Pemupukan dapat anda lakukan dengan menggunakan pupuk kompos dan juga pupuk Urea, NPK, dan pupuk subsidi lainya

Untuk mempercepat perkemngan sawi dan menghasil panen seperti yang anda harapkan.

Itulah cara penanaman sawi yang yan benar dalam pembahasan kali ini. Jika anda ada pertanyakan seputar dunia pertanin tulis komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *