Cara Menanam Kangkung Di Polybag Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Menanam Kangkung Di Polybag– Hallo sahabat tani, Kali ini saya ingin berbagai bagaimana cara menanam kangkung di polybag.

Masakan tumis kangkung adalah salah satu masakan yang paling banyak di sukai di indonesia. siapa yang tidak tahu sayuran kangkung.

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang nikmat dan memiliki gizi yang baik untuk di konsumsi.

Tanaman kangkung sangat mudah bisa anda temukan dimana saja di indonesia. Karena kangkung sangat mudah tumbuh didataran rendah maupun di dataran tinggi.

Makannya Jika anda ingin berbudidaya kangkung di area perumahan tidak usah takut jika tanaman kangkung tidak tumbuh.

Cara perawatan kangkung sendri beda dengan tanaman lainya yang gampang mati atau gampang terserang hama.

Pada bagian batang kangkung mudah beranak atau berkambang. Jadi kangkung juga ada beberapa jenis biasa ditanam mengunakan biji dan menggunakan batang.

Jenis kangkung sendiri ada 2 yaitu kangkung darat dan kangkung sawah. Untuk penanamannya sendiri anda tidak perlu binggung.

Karena dengan cara yang saya akan bahas ini dengan mengunakan polybag walaupun tanpa area peladangan/rawa yang luas, anda tetap bisa berbudidaya kangkung.

Jika anda tidak mempunyai tanah yang luas, anda bisa berbudidaya kangkung denga cara yang saya berikan ini menggunakan pot/polybag untuk menanam kangkung diarea rumah.

Nah jangan lewatkan pembahasaan kali ini bagaimana cara penanaman kangkung dengan benar dan menghasilkan panen yang memuaskan.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara menanam kangkung menggunkan media pot/polybag alangkah baiknya saya jelaskan manfaat kangkung untuk kesehatan.

Kangkung dapat mengatasi sembelit, karena kangkung memiliki serat yang tinggi. dengan kandungan serat yang tinggi kangkung dapat memperlancar pencernaan anda jika di konsumsi.

Jadi sayuran kangkung dapat anda konsumsi setiap hari. Yah anda tahu sendiri kandungan yang terkandung dalam kangkung sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

  • Sayuran kangkung terdapat kandungan Zinc dan Selemium yang sangat tinggi. Nah memang benar jika anda mengonsumsi kangkung dapat mengantuk karena kandungan tersebut. Jika anda memiliki penyakit isomania bisa mengonsumsi kangkung, sebagai obatnya.
  • sayuran kangkung jika di konsumsi dapat menjaga kesehatan mata dan ketahanan daya tahan tubuh anda. Vitamin yang terkandung dalam kangkung ada Vitamin A dan Vitamin C yang sangat tinggi. Usahakan konsumsi sayuran kangkung 1 minggu 3 kali agar dapat menjaga daya tahan tubuh anda dari penyakit.
  • Kangkung juga dapat mencegah anemia karena ada kandungam zat besi didalam sayuran ini. Dapat menambah Hemoglobin ditubuh anda. Makanya anda yang tidak suka dengan sayuran kangkung sangatlah rugi.

Mulai sekarang jika anda sudah membaca bagaimana manfaat kangkung untuk kesehatan. Mulai lah konsumsi sayuran ini, karena dapat menjaga hati anda dari ganguan penyakit.

Jika anda ingin kangkung yang sehat anda juga bisa menanam sendiri dirumah. Dengan begitu tinggakat kelamiannya dalam perwatanya anda bisa mengontrolnya sendiri.

Apalagi jika anda yang hobbi bertani, cara yang akan saya berikan ini dapat di praktekan sendiri di rumah. berikut ini cara tapatnya :

Cara menanam Kangkung Di Pot Atau Polybag Yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil penen perlu perawatan yang sangat serius. Karena dalam dunia pertanian ada beberapa langkah agar tanaman tetap terjaga dan penanganan hama saat menyerang tanaman.

Untuk lebih awal kita akan membahas cara yang benar dan jitu untuk sistem penanaman kangkung.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1.Persiapan Bibit Kangkung

Cara menanam kangkung

Tahap yang pertama yang dapat anda lakukan adalah mempersiapkan bibit kangkung. Dengan cara penyemian untuk menghasilkan bibit unggul kangkung.

  • Pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat lahan penyemaian dengan menggunakan Tanah yang gembur.
  • Setelah anda sudah menyiapkan tanah gembur, campurlah tanah tersebut dengan pupuk kompos. Jika anda tidak tahu bagimana cara pembuatan pupuk lihat di artikel saya tentang cara pembuatan pupuk kompos dengan mudah
  • Buatlah area penyemaian dengan dibentuk gudukan atau tegalan. Lalu biarkan selama satu malam.
  • Lalu sebarlah benih kangkung diarea tersebut dan tutup dengan jaring-jaring atau bahan yang bisa untuk menutupnya.
  • Setelah bibit sudah disebar jangan lupa untuk menyiramnya. Agar tanah tersebut tetap lembab.
  • Dalam waktu 5 sampai 7 hari bibit akan tumbuh
  • Setelah sudah tumbuh dan cukup umur untuk di pindah ke polybag/pot. silahkan anda pindahkan.

Namun ada cara paling mudah jika anda terlalu ribet anda bisa melakukan penyebaran dengan media pot langsung jadi akan lebih ringan.

Itulah cara proses penyemaian bibit kangkung dengan mudah dan dapat anda peraktekan dirumah sendiri, dengan mengikuti langkah-langkah diatas.

2.Persiapan Pot Dan Polybag Untuk Media Penanaman Kangkung.

  • Jika kamu menggunakan media penanaman menggunakn pot, cari lah pot yang memiliki lubang dibawah agar air dapat keluar saat penyiraman.
  • Atau anda menggunakan media polybag anda bisa mencari polybag yang sudah ada lubangnya. anda bisa mendapatkanya di pasar, biasanya di jual dengan harga kiloan.
  • Gunakan tanah tanah gembur yang sudah di campur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Lalu campurkan dan masukan dalam media penanaman.
  • Setelah anda sudah memasukan tanah dalam pot/polybag , biarkan selama 1 sampai 2 hari . Setelah itu baru anda tanamkan kangkung.

Perbandingan tanah dan kompos yaitu 2.1. jangan terlalu banyak kompos harus seimbang.

Fungsi kompos sendiri adalah agar tanah yang anda gunakan mengandung asupan nutrisi yang dapat di serap olah tanaman kangkung.

Cara Perawatan Tanaman Kangkung

Cara perawatanya pun tidak lah susah seperti tanaman lainya. Kenapa saya bilang mudah, hama penyakit punnjarang menyerang tanaman kangkung dan mudah tumbuh.

Jadi anda yang berniat membudidayakan tanaman ini dirumah tidak usah ragu. apalagi kangkung adalah sayuran yang paling mudah di mana pun.

Untuk cara perawatanya seperti berikut :

  • Siram lah dengan air yang bersih sehari 2 kali setiap pagi dan sore. Namun jika musim penghujan tidak usah di siram jika di tempat terbuka.
  • Jika terlihat rumput disekitar tanaman kangkung, silahkan anda bersihkan. Gunanya agar tidak dapat meghambat kesuburan dan perkembangan tanaman kangkung.
  • Lalu jangan lupa pemberian pupuk pada kangkung menggunakan pupuk organik bisa saja. Lakukan pemupukan selamaz 1 minggu sekali.

Cara perawatan tanaman satu ini sangat mudah bukan, jarang sekali gagal penen jika kita perhatikan dengan benar dengan perawatanya.

Makanya sampai sekarang banyak sekali yang membudidayakan tanaman kangkung karena mudah dan akurat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Penjualannya pun juga tidak sulit, bisa anda jual di pasar dan warung sayuran di sekitar anda.

Cara Proses Pemanenan Kangkung

  • Setelah itu tanaman kangkung siap anda penen pada umur 25 sampai 30 hari. Proses pemanenan biasa saya lakukan pada umur satu bulan untuk akuratnya.
  • Cara pemanenan bisa di cabut seakarnya, lalu agar tidak layu rendam akarnya ke air agar tidak mengalami ke layuan dan tetap segar saat di jual kepasaran.

Jika anda ingin memanen dua kali anda bisa memotong bagian batang, namun kelemahanya akan cepat layu jika tidak cepat di jual atau di masak sendiri.

Nah saya jamin dengan cara yang saya berikan ini anda dapat dengan mudah menanam kangkung sendiri di rumah.

salah satu keuntungan jika anda ingin menumis kangkung anda tidak perlu membeli. Akan tetapi anda bisa menikmati hasil panen kangkung sendiri.

semoga dipembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin bercocok tanam sendiri dirumah dengan cara diatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *