Cara menanam Kacang Tanah Dengan Mudah

Diposting pada 9 views

Cara menanam Kacang Tanah Dengan Mudah– Adalah salah satu jenis tanaman polong yang paling banyak disukai oleh masyarakat di indonesia.

Dengan kaya manfaat jika di konsumsi menjadikan kacang tanah ramai di perjual belikan sebagai bahan campuran kue.

Selain itu juga kacang tanah menjadi tanaman paling apik di konsumsi hingga hampir setara dengan kandungan gizi pada kedelai.

Semakin meningkatnya permintaan pasar, pembudidaya kacang tanah juga semakin meningkat. Namun terkadang ada juga yang mengalami kendala.

Kendala yang sering terjadi pada pembudidaya kacang tanah yaitu mengalami gagal panen.

Biasanya kegagalan panen disebabkan karena adanya kelalaian dalam perwatanya atau kita kurang pengetahuan bagaimana cara dan langkah dalam penanamannya.

Tidak usah khawatir dalam pembahasan kali ini saya sedikit berbagi ilmu yang sudah saya terapkan dan mendapatkan hasil yang melimpah dalam busdaya kacang tanah.

Karena pada umumnya untuk membudidayakan apapun kita harus sudah mengetahui bagaimana langkah yang benar dan tepat untuk memulainya.

Sehingga ketika tanaman yang kita budidayakan terserang hama atau mengalami pertumbuhan sudah mengetahui bagaimana cara menanganinya.

Nah dari sini anda harus memahami bagaimana kesimpulan dalam menanam dan tahu bagaimana meningkatkan kulitas penghasilan panennya.

Syarat Tanam Kacang Tanah

Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh agar tidak mengalami pertumbuhan yang lambat pada kacang tanah.

Maka sangat di perlukan bagaimana cara dan solusi agar kacang tanah tidak mengalami kegagalan tumbuh dan kegagalan produksi kacang yang cacat pada saat di panen.

Oleh karena itu wajib anda ketahui bagaimana sayarat tumbuh tanaman kacang ini agar tidak salah penyiapan lahan tanam.

sebenarnya tidak sulit dalam perawatannya namun terkadang anda saja belum mengetahui bagaimana untuk memulainya.

1. Tanah Penanaman

Tanah penanaman sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan kacang dan tanah yang paling sukai kacang adalah tanah yang gembur.

Lalu anda gunakan media tanam yang memiliki tingkat organik yang tinggi agar tanaman memiliki serapan yang cukup.

2. Suhu Di Area Lahan

Tanaman kacang dapat anda tanam di area lahan dataran rendah dan memiliki suhu yang tinggi.

Kecocokan tanaman kacang pada area lahan karena jika jarang terkena curahan hujan, kacang tanah sangat baik untuk tumbuh dan tanaman ini tidak bisa terlalu sering terkena curahan air hujan.

3. Curahan Hujan

Penanaman saat musim hujan tidak dapat dilakukan karena kacang tanah tidak bisa terlalu sering terkena air hujan dan dapat menyebabkan kebusukan pada akar jika penanaman dilakukan pada musim penghujan.

Sebaiknya anda menanam kacang waktu yang tepat pada musim kemarau dan memiliki hujan yang rendah sehingga kacang tanah akan menghasilkan penen yang maksimal.

Teknik Menanam Kacang Tanah

Mungkin buat kalian yang pemula belum pernah sama sekali menanam kacang tanah binggung bagaimana bisa tanaman tidak boleh terkena hujan.

sedikit saya jelaskan kembali bahwa kacang tanah tidak bisa kelebihan resapan air yang dapat membuat kacang yang sudah berproduksi akan busuk.

Pada kacang yang berumur 1 minggu dan baru tumbuh sangat renta mengalami gangguan pertumbuhan jika terlalu sering terendam atau terkena curahan air hujan.

Karena pada dasarnya tanaman yang ini kecocokan untuk ditanam pada dataran yang rendah dan memiliki suhu yang tinggi untuk menjaga kegemburan tanah tersebut.

Penyiapan media tanam memang harus di persiapkan sebaik mungkin. Agar tanaman kacang dapat berkembang dengan maksimal. Untuk menyiapkan media tanam ada beberapa hal yang harus anda lakukan seperti berikut :

1. Menggemburkan Lahan Tanam Kacang

Penggemburan lahan tanam dapat anda lakukan dengan cara mencangkul atau pembajakan. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa kacang menyukai tanah yang gembur untuk berkembang.

Jika mengalami perubahan saat kacang sudah ditanam, lakukan langkah drainase agar tanaman kacang tidak tergenang air hujan terlalu lama.

Selain pembuatan dreinase ada cara lain untuk mengatasinya yaitu dengan cara membuat bedengan di lahan tanam tersebut.

Untuk pembuatan bedengan silahkan menggunakan ukuran dengan tinggi sekitar 20-30 cm dan lebar bedengan 80-100 cm atau bisa menyesuaikan ukuran dengan lahan tanam.

Fungsi bedengan juga sama dengan drainase yaitu agar tanaman kacang tidak mengalami tergenang air pada saat tiba perubahan musim.

2. Pemberian Dolomit Pada Lahan Tanam

Penaburan dolomit atau kapur ini berfungsi sebagai penyeimbang PH tanah sehingga tanaman kacang dapat berkembang dengan baik.

Penaburan dolomit ini bisa anda lakukan dengan ukuran 1-2 ton per hektar. Taburkan pada permukaan lahan tanam dan lalu anda diamkan lahan tersebut selama 5 hari.

Agar kapur yang anda taburkan dilahan tadi dapat meresap di dalam tanah untuk menghidupkan tanah yang tidak subur.

Penaburan dolomite ini sering sekali tidak diperhatikan sehingga penayakit sering menyerang tanaman kacang.

Maka dari itu perlu sekali penaburan dolomite agar tanah yang kurang sehat dapat subur kembali dan memaksimalkan hasil penen.

3. Pemberian Pupuk kadang Pada Lahan

Pemupukan dapat anda lakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan resapan organik yang nantinya akan membuat kacang mudah tumbuh dan tidak mengalami kendala pertumbuhan.

Penggunaan pupuk kandang yang baik yaitu 10 ton pupuk kandang untuk perhektarnya. Pemberian pupuk ini sangat di anjurkan.

4. Pemilihan Benih Kacang Tanah

Apabila anda ragu membuat bibit sendiri, silahkan anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat rumah anda.

Namun jika ingin menyiapkan bibit sendiri anda bisa memilih kacang yang sudah berumur 100 hari, atau kacang tua untuk dijadikan bibit unggul untuk ditanam kembali

Pemilihan bibit anda harus dengan aturan diatas. jika dipilih asal saja kulitas penen tanaman kacang akan memburuk. Benih hanya mampu disimpan 3-6 bulan saja.

Ciri-Ciri Kacang Berkulitas :

  • Kacang Memiliki warna coklat kehitaman
  • Tidak memiliki selaput saat cangkang di kupas

Bacajuga: Cara Lengkap Menanam Jagung hasil Memuaskan

5 Proses Perendaman Benih Kacang

Sebelum bibit kacang tanah di tanam perlu langkah perendaman terlebih dahulu selama 3-5 jam menggunakan pupuk organik.

Proses perendaman ini berfungsi sebagai melindungi bibit saat sudah tumbuh tidak mudah terkena serangan hama penyakit.

Pupuk Organik yang di cairkan untuk merendam bibit kacang Sangat baik untuk melindungi peroses pengecambahan dari serangan hama penyakit

Seperti yang kita ketahui bahwa pupuk organik mengandung antibiotik untuk menambahkan kekebalan tanaman agar terhindar dari penyakit.

Selain untuk kekebalan tanaman pupuk organik juga dapat memberi rangsangan dengan cepat untuk proses pengecambahan bibit.

6. Proses Penanaman Bibit Kacang

Setelah bibit kacang yang anda rendam sudah 3 sampai 4 jam langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman ke lahan tanam.

Buatlah lubang untuk menanam bibit pada bedengan yang sudah anda buat kedalaman lubang sekitar 3 cm dan mengukur jarak tanam satu sama lain antara 40 x 20 cm saja.

Jarak satu sama lain tidak boleh terlalu berhimpitan atau terlalu jarang. Lakukan pengukuran dengan analisa jarak diatas.

Begitu pun juga lubang untuk menanam tidak boleh terlalu dalam agar bibit dapat tumbuh dengan cepat dalam proses pengecambahan.

Satu lubang harus dimasukan satu biji saja sudah cukup untuk memaksimalkan hasil penen anda dengan ukuran lahan perhektarnya.

Bacajuga : Pupuk Yang Tepat Untuk Tanaman Padi Agar Hasil Panen Memuaskan

7. Proses Perawatan Kacang Tanah

Teknik perawatan harus di lakukan dengan sungguh – sungguh agar panen tidaknya mengecewakan dan sesuai yang di harapkan

Memilih memperhatikan tanaman dengan baik adalah salah satu pilihan yang tepat. Jangan sampai anda membiarkan tanaman kacang dan tidak mau merawatnya.

Jangan harap akan berhasil berbudidaya kacang dengan hasil yang maksimal jika tidak mau merawatnnya

Langkah-langkah Perawatan Tanaman Kacang :

  • Setelah kacang Yang anda tanam sudah berumur 5-7 hari anda sudah mulai memperhatikan segi perawatan.
  • Lakukan pengamatan terhadap benih yang sudah tumbuh dan lakukan penyulaman pada bibit yang tidak bagus pertumbuhannya.
  • Lakukan penyiraman pada tanaman kacang ketika musim kemarau pada waktu Pagi dan sore hari.
  • Ketika musim penghujan lakukan perbaikan drainase agar tidak tergenang air saat hujan turun dan hentikan intensitas penyiraman.

Mengoptimalkan perawatan akan membuat hasil panen kacang lebih berkulitas memiliki biji yang unggul. Oleh karena itu perhatikan cara merawat kacang dengan benar seperti diatas.

8. Proses Pemupukan Tanaman Kacang

Pemupukan adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan semua petani untuk membantu pertumbuhan tanaman agar mendapatkan kandungan organik.

Kandungan organik sangat di butuhkan oleh tanaman sehingga menuju masa pertumbuhan dan bisa dikatakan babak penentu hasil tanaman kita.

Sebenarnya pupuk yang tepat adalah pupuk kandang atau pun pupuk subsidi pemerintah.

Dengan menggunakan pupuk kadang dapat memperkecil modal yang dikeluarkan, sehingga banyak sekali yang menggunakan pupuk kandang sebagai pilihan.

Perhatikan langkah ini, untuk cara pemupukan kacang tanah agar mendapatkan hasil panen yang maksimal dan menghasilkan biji kacang yang unggul :

  • Gunakan atau perbanyak pupuk organik dalam bentuk cair agar cepat diresap tanaman kacang tanah.
  • Lakukan penyemperotan pupuk dalam jangka waktu satu minggu sekali
  • Penyemperotan harus tepat dibawah daun kacang tanah, pada sore dan pagi hari.
  • Penggunaan pupuk dengan cara disemprotkan lebih efektif untuk mencegah tanaman terserang penyakit dan hama.
  • Selain sebagai pencegah, pupuk organik cair sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan sulur bunga dan memaksimalkan polong pada tanaman kacang
  • sulur bunga kacang tanah, bisanya keluar pada umur 20 Hst hingga umur 75 hari.

Keefektifan pupuk organik cair memang bisa dihandalkan untuk membantu pertumbuhan semua tanaman, penggunaan dalam bentuk cair akan lebih cepat diserap tanaman.

Bacajuga: cara membuat pupuk organik cair dari kotoran kambing

9. Masa Panen Kacang Tanah

Masa Panen kacang dapat dilakukan setelah umur 3 bulan. Namun apabila tanaman kacang mengalami kendala bisa mencapai umur 4 bulan.

Untuk mengantisipasi kendala pertumbuhan lakukan perwatan dengan sebaik mungkin

Jika kita dilihat dari sisi fisik tanaman kacang dapat di penan memiliki ciri-ciri seperti berikut :

  • Pada Bagian batang Sudah mengeras
  • Pada bagian polong kacang berwarna hitam ke coklatan.
  • Pada bagian daun akan berwarna kuning dan banyak yang gugur
  • Pada bagian polong bila dipegang sudah mengeras dan penuh

Apabila tanaman kacang anda sudah memiliki ciri-ciri diatas berarti tanaman kacang anda sudah bisa di panen.

Lakukan penerapan pada metode diatas untuk mendapatkan hasil tanaman yang berkulitas dan dapat menciptakan bibit berkelanjutan untuk ditanam kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *