Cara Menanam Kacang Panjang Yang Benar

Diposting pada 47 views

Cara Menanam Kacang Panjang Yang Benar- Bagi masyarakat di indonesia sudah tidak asing lagi dengan tanaman sayuran satu ini.

Pada dasarnya banyak di jual di pasaran dan banyak petani juga yang membudidayakan tanaman kacang panjang.

Vigna Sinensis Adalah nama latin dari tanaman kacang panjang. yang perlu anda ketahui bahwa tanaman kacang panjang dapat membantu memulihkan nitrogen dalam tanah.

Oleh sebab itu banyak petani yang membudidayakan tanaman satu ini disela-sela tanaman jenis lain diarea lahan.

Tanaman kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman jenis Famili Leguminosa atau lebih jelasnya tanaman kacang panjang yang dapat membantu memulihkan nitrogen pada tanah.

Jadi tanaman kacang panjang bisa anda tanam di sela-sela tanaman lainya pada lahan perkebunan agar membantu memulihkan nitrrogen pada tanah yang rusak.

Dalam pembahasan kali saya akan membagikan tips bagaimana cara menanam kacang panjang yang dapat anda pelajari.

Untuk membudidayakan tanaman ini harus mengerti bagaimana langkah penanaman, perawatan dan pengaplikasiannya agar tidak mengalami kegagalan.

Sehingga dengan memamahami langkah-lagkah penanaman dapat memberikan wawasan untuk melakukan perawatan dan penanamannya.

Jika perawatan tanaman dilakukan dengan baik maka akan memberi efek positif atau bisa juga meningkatkan hasil panennya.

Paduan Lengkap Menanam Kacang Panjang

cara menanam kacang panjang yang benar

Pada umumnya jenis tanaman kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman yang mudah untuk ditanam dan kapanpun anda memulainya.

Berbudidaya kacang panjang sama saja dengan cara budidaya tanaman jenis lainya. Hal yang paling di utamakan oleh semua tanaman tetap bagaimana cara malakukan penanamannya dan perawatannya.

Cara penanaman kacang panjang memang tidak terlalu rumit dan sulit. Namun agar hasil panen optimal pelajari bagaimana penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Persiapan Lahan Penanaman

Lahan tanam adalah faktor utama yang harus disiapkan pertamakali. agar ketika kita sudah memiliki bibit dapat langsung menanam dan tidak menunggu terlalu lama.

Selain itu juga lahan penanaman adalah penunjang utama untuk keberhasilan masa panen kacang panjang.

Bersih kan lahan tanam terlebih dahulu dari rumput, semak belukar, dan penghambat lainya. Bertujuan agar tidak membuat tanaman kacang panjang gagal tumbuh.

Lakukan pembajakan tanah bisa dengan cangkul atau menggunakan alat bajak moderen. Sesudah anda membajak lahan buat lah bedengan terlebih dahulu.

Ukuran bedengan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan bibit penanaman anda. Jika anda mempunyai lahan yang sudah mempunyai bedengan bekas cabai anda bisa menanaminya lagi dengan menggemburkan bekas bedengan tersebut.

Pemberian Pupuk Dasar

Apabila bedengan tersebut bekas cabai atau bedengan bekas tanaman lain anda tidak perlu melakukan pemupukan dasar.

Jika anda membuat bedengan baru anda bisa menambahkan pupuk berupa pupuk kandang terutama pupuk yang dihasilkan dari kotoran ayam sangat baik untuk di gunakan. tambahkan pupuk phonska yang dicampur dengan cacium bubuk dan insektisida tabor.

Selain untuk menyuburkan tanah penambahan pupuk dasar juga banyak memiliki manfaat seperti mencegah hama larva uret yang dapat menyerang tanaman kacang panjang.

Cara pemberian pupuk dasar pada lahan yang akan di tanami kacang panjang adalah taburkan pupuk secara merata pada permukaan lahan tersebut dan langkah berikutnya lakukan pembentukan bedengan.

Dengan begitu pupuk yang anda tabur tadi akan mencampur keseluruh tanah bedengan dan tanah sekitar bedengan.

Agar gulma tidak banyak tumbuh anda bisa menutup area bedengan dengan menggunakan plastik mulsa. Jadi anda bisa mengerit tenaga tidak susah payah membersihkan gulma.

Penanaman Benih

Setelah pembuatan bedengan pada lahan penanaman, buat lubang pada permukaan Bedengan tersebut dengan kedalaman lubang tanam sekitar 5 cm saja, dan jangan terlalu dalam.

Lubang yang anda buat tadi adalah berfungsi sebagai lubang untuk memasukan benih kacang panjang yang akan ditanam nantinya.

Benih kacang panjang yang memiliki kualitas baik atau unggul usahakan membelinya dari toko pertanian terdekat rumah anda. jadi jika hasil bibit di beli maka sudah pasti akan memiliki kualitas sangat baik untuk di tanam.

Jika tanaman jenis lain harus disemai, tanaman kacang panjang sangat simple bibit yang sudah anda beli tadi tidak usah anda semai melainkan bisa anda tanam setelah bibit sudah anda rendam dengan air sebanyak 1 liter dan bisa anda campurkan dengan cairan 10 tetes auxin Sebagai pembantu pertumbuhan bibit. Lama waktu perendaman bibit memakan waktu paling lama sekitar 6 jam.

Setelah anda selesai dalam proses perendaman, bibit sudah siap anda tanam langsung dengan cara memasukan bibit tersebut kedalam lubang penanaman pada bedengan tersebut. Apabila bibit kacang sudah anda masukan kedalam lubang tutup lubang denga tanah.

Bibit kacang akan tumbuh membutuhkan waktu selama 2 sampai 4 hari. jika bibit memiliki kualitas unggul maka dalam waktu tersebut sudah mulai tumbuh dengan maksimal.

Pemberian Anjir

Cara membuat anjir tanaman kacang panjang

Setelah anda sudah mengecek bibit kacang sudah mulai tumbuh, hal yang perlu dilakukan adalah dengan memasang anjir pada lahan penanaman.

sangat tidak disarankan sekali pemberian anjir sebelum bibit tumbuh. Karena dapat mempengaruhi akar bibit kacang panjang akan terluka. Oleh sebab itu lakukan pemasangan setelah bibit tumbuh.

Kacang panjang adalah tumbuhan yang merambat, oleh sebab itu anjir sebagai penumpang tanaman kacang panjang yang nantinya buah akan menggantung pada sela anjir tersebut.

Pembuatan anjir sangat mudah dan bahan sangat mudah didapatkan. Bahan pembuatan anjir bisa menggunakan bambu yang di belah kecil dan kayu. Yang terpenting anjir yang anda buat memiliki kekuatan untuk menahan angin dan hujan lebat atau tidak mudah mudah ambruk.

Bila anjir yang sudah anda buat langkah selanjutnya yaitu menancapkan anjir dengan kedalam 180 cm sudah cukup kuat, berikan jarak agar tidak terkena akar tanaman dan panjang anjir sekitar 2 meter.

Agar anjir yang anda buat lebih kuat kaitkan satu sama lain anjir dengan membentuk silang atau diikat satu sama lain, bertujuan akan lebih kuat menahan hujan lebat dan tanaman yang sudah mulai merambat tidak ambruk. untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas.

Pemberian Pupuk Susulan

Pupuk memang sangat memiliki peran penting terhadap tanaman untuk membantu pertumbuhan.

Namun pada musim hujan penggunaan pupuk untuk sedikit dikurangi karena kadar nitrogen pada tanah masih sangat tinggi.

Apa lagi penggunaan pupuk jenis urea dan ZA sedikit di kurangi karena miliki kadar nitrogen yang tinggi.

Penggunaan pupuk daun juga harus melihat kondisi daun tanaman. Jika daun tanaman kacang panjang sudah subur tidak perlu melakukan penyemprotan pupuk daun.

Pupuk daun wajib diberikan hanya pada tanaman yang memiliki daun yang kurang subur saja. Hal paling positif saat daun sudah subur adalah menghemat pengeluaran anda untuk modal perawatan.

Sehingga kadar nitrogen yang sudah tinggi pada tanaman jika disemprotkan pupuk daun maka akan berakibat tumbuh jamur disekitar area lahan tanam.

Pada saat anda melakukan penanaman pada musim kemarau pupuk yang tepat untuk diberikan kepada tanaman kacang panjang adalah jenis pupuk kocor berupa pupuk NPK 16-16-16.

Jika pupuk Urea dan za harus di kurangi saat musim hujan, maka pupuk yang tepat di berikan kepada tanaman saat musim hujan yaitu jenis pupuk MKP karena tidak memiliki kandungan nitrogen yang tinggi.

Atau bisa juga menggunakan Pupuk semprot yang tidak mengandung nitroigen sama sekali yaitu jenis pupuk mikro tanpa nitrogen seperti jenis Pupuk Primari B.

Perhatikan jangka waktu pemberian pupuk kocor harus di berikan dengan interval dalam jangka 10 hari sekali. Sedangkan pupuk semprot atau mikro harus di berikan dalam jangka 7 hari sekali.

Penyiangan Rumput Liar

Tumbuhnya rumput disekitar lahan penanaman dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan selain itu juga rumput yang tebal akan menjadi tempat tinggal hama.

Oleh sebab itu proses penyiangan bisa anda lakukan agar tanaman kacang panjang aman dari gangguan hama dan nutrisi yang diberikan tidak di rebut oleh rumput yang tumbuh disekitar tanaman.

Untuk mempercepat peroses penyiangan bisa menggunakan racun rumput berupa herbrisida yang banyak di jual di toko pertanian.

Dengan menggunakan Herbrisida dapat mengurangi tenaga anda membersihkan rumput liar dengan cepat.

Mengatasi Hama Tanaman Kacang panjang

Tanaman jenis apapun tak lepas dari yang namanya hama yang menyerang pada tanaman. Salah satunya adalah jenis tanaman kacang panjang, ada beberapa jenis hama yang biasanya menyerang yaitu berupa ulat, lalat bibit, aphids, Uret, dan kutu kebul.

Pada tanaman kacang hama yang paling sering menyerang adalah jenis ulat. Pada malam hari ulat akan aktif menyerang tanaman sampai matahari belum terlalu trik.

Jika matahari sudah mulai terlalu trik maka hama ulat akan mulai sembunyi pada rumput disekitar tanaman. oleh sebab itu rumput yang tumbuh dengan lebat di sekitar tanaman harus di bersihkan untuk menanggulani hama ulat ini menyerang.

Apabila hama tersebut sudah menyerang tanaman kacang panjang. tenang saja, cara menanggulaninya dengan menyemprotkan insektisida.

Gunakan insektisida yang berbahan aktif metomil atau deltametrin. waktu penyemprotan yang tepat pada sore hari sekitar jam 4 sore.

Penyemprotan pagi dan siang tidak efektif karena ulat akan mulai aktif menyerang pada sore menjelang malam hari.

Oleh sebab itu sangat di sarankan pada waktu sore hari untuk melakukan penyemprotan pada waktu menjelang ulat mulai menyerang.

Itulah bagaimana cara mengatasi hama yang menyerang tanaman kacang panjang yang dapat anda lakukan pada tanaman kacang panjang. Baca juga Jenis Tanaman Sayuran Yang Cepat Tumbuh

Masa Panen Kacang Panjang

Setelah sekian lama melakukan perawatan dan cara penanaman yang benar untuk mendapatkan hasil panen maksimal.

Tentu akan menjadikan kepuasan bagi semua petani. Tanaman kacang panjang akan siap di penen jika sudah memiliki usia sekitar 50 sampai 60 HST. Apabila tanaman kacang panjang yang anda tanam memiliki kuliatas pertumbuhan yang baik.

Tanaman kacang panjang dapat anda panen pada waktu pagi dan sore hari untuk melakukan pemanenan pada tanaman kacang yang hanya memiliki produksivitas yang bagus saja.

Buah kacang panjang siap di panen yaitu pada buah yang belum terlalu tua agar laku di pasarkan dan mendapat keuntungan yang berlipat ganda.

Namun buat kalian yang ingin tanaman kacang panjang memiliki pertumbuhan yang baik perhatikan cara penanaman dan perawatannya seperti diatas.

Cara Sukses Bertani Kacang Panjang

Hasil pembudiayaan akan memberikan hasil yang maksimal jika perawatan diperhatikan dengan benar dan dilakukan secara teratur.

Untuk menambahkan hasil buah yang berkulitas pada pertumbuhan kacang panjang berikut ini cara tepatnya :

  • Pada saat buah kacang panjang mulai keluar atau masih kecil. agar buah cepat panjang semprotkan ZPT Giberilin (GA).
  • Tambahakan juga pupuk kocoran POC dengan kombinasi pupuk MKP. Berfungsi sebagai menunjang Mempercepat pengisian buah.
  • Waktu Tanam yang baik lakukan pada musim hujan agar hemat biaya perawatan dan tidak melakukan penyiraman.
  • Lakukan penambahan pupuk daun hanya pada saat musim kemarau.

Demikian adalah bagaimana cara menanam kacang panjang untuk menunjang kesuksesan petani mendapatkan hasil panen yang baik. semoga dalam pembahasan kali ini dapat membantu melakukan penanaman yang baik dan benar, terutama pemula dalam bidang pertanian kacang panjang. Bacajuga Fungsi Pupuk Za Untuk Tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *