Cara Menanam Kacang Hijau Di Aqua Gelas

Diposting pada 156 views

Cara Menanam Kacang Hijau sebenarnya sangat mudah dilakukan dan tidak seribet yang kita fikirkan. Tidak perlu menggunakan lahan yang luas pun tetap bisa.

Pada umumnya di area perdesaan mungkin bercocok tanam bisa dilakukan ditampat lahan yang luas. Akan tetapi sebenar di tempat yang tidak luas pun tetap bisa dengan menggunakan media tanam pot atau polybag.

Atau bisa memanfaatkan barang-barang sampah sebagai media tanam salah satu contohnya adalah menggunakan aqua gelas.

Dalam pembahasan artikel kali ini saya sedikit berbagi pengetahuan bagaimana cara menanam kacang hijau dengan mengunakan akau gelas sebagai media lahannya.

Jadi buat temen-temen yang ingin menanam kacang hijau tidak perlu lahan luas bisa menerapkan cara ini di area rumah anda.

Kacang hijau memang salah satu kacang polong-polongan. namun bedanya kacang hijau memiliki peohon yang lurus tegak dan memiliki tinggi sekitar 30 sampai 110 cm saja.

Apabila anda bertanya apakah sama dengan kacang panjang jawabanya cukup simpel yaitu kacang panjang memiliki batang pohon yang merambat dan untuk kacang hijau memiliki batang yang lurus tegak.

Makanya kacang hijau bisa anda budidayakan dengan mengunakan media tanam akua gelas. Sehingga cara tersebut lebih mudah dan praktis, tidak harus mempunyai lahan yang luas.

Persiapan Menanam Kacang Hijau

sebelum Memilih benih anda bisa mempersiapkan media tanamnya seperti pot, polybag dan Aqua gelas. Setalah itu lakukan persiapan memilih benih unggul yang akan di tanam.

Untuk benih sendiri bisa anda membeli ditoko pertania terdekat rumah anda atau bisa membuatnya sendiri dengan memilih kacang hijau yang memiliki kualitas super.

Namun jika tidak mau ribet bisa membelinya saja, agar terjamin kualitas bibit yang akan anda tanam.

Faktor bibit juga pengaruh utama dalam hasil panen, sehingga perlu dipersiapkan dengan serius dan lebih teliti lagi.

Berikut langkah yang tepat untuk memulai budidaya kacang hijau yang benar dan dapat di lakukan dengan mudah.

1. Cara Mempersiapkan Benih Kacang Hijau

Persiapakan bibit terlebih dahaulu yang sudah anda beli dari toko petanian terdekat rumah anda. memilih membeli bibit adalah pilihan yang tepat dari pada membuanya sendiri.

Jika membuat sendiri belum tentu bibit yang anda pilih adalah bibit yang memiliki kualitas unggul, Sehingga hasilnya akan buruk dan kurang bagus dalam pertumbuhanya.

Maka saran saya untuk membeli saja di tempat toko pertanian. Agar hasil bibit yang anda tanam nanti tidak mengecewakan dan sesuai yang diharapkan.

Apabila bibit sudah anda beli, bibit tersebut harus melalui proses inokulasi atau bisa di sebut juga sebagai tahap penyeterilan bibit dari mikro organisme selama satu minggu.

Inokulasi adalah pembebasan bibit dari jamur, dengan cara ditanam langsung sedalam 2 cm didalam pot/polybag.

2. Persiapan Media Tanam Pot/Polybag

Setelah itu anda bisa mempersiapkan media tanam terlebih dahulu agar nanti tinggal mengisi media dengan tanah.

Media tanam bisa menggunakan media pot dan aku gelas. jika ingin mengirit biaya bisa mencari atau mengumpulkan aqua gelas sebanyak mungkin.

Namun jika tidak mau ribet dan susah mencari anda bisa menggunakan pot dan polybag di pasaran tersedia.

Harga polybag lebih murah dibanding menggunakan pot. Karena bisanya dijual dipasaran dengan takaran perkilo. Sedangkan harga pot dihitung perbiji lumayan sedikit mahal.

Langkah persiapan media tanam :

  • Siapkan tanah yang gembur
  • lalu siapkan pupuk kandang
  • Arang sekam

Jika semua bahan diatas sudah siap, lakukan pencampuran dengan takaran 1:1:1 secara merata dan diamkan selama 1 hari.

Apabila pada tanah Memiliki lebih dari 6 PH lakukan penurunan dengan menaburkan dolomite di tanah tersebut.

Penambahan pupuk kandang harus dilakukan kerena berfungsi untuk memberi kandungan unsur hara dan pemberi asupan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman kacang Hijau.

3. Cara Penanaman Kacang Hijau Kedalam Pot/Polybag

Apabila media tanam sudah anda persiapkan, langkah selanjutnya adalah memasukan tanah yang sudah anda campur dengan pupuk kandang dan Arang sekam.

JIka sudah masukan tanah kedalam pot atau polibag yang sudah anda persiapkan, pengisian jangan terlalu penuh. Takaran pengisian tanah yang tepat adalah sampai 70% saja.

Persatu Pot atau polybag isi satu biji saja, lakukan Penanaman secara inokulasi. pada penanaman bibit dengan cara menanam sedalam 2 cm untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Setelah bibit sudah di masukan tutup kembali dengan tanah. lalu di padatkan pada bagian lubang tersebut atau pada media pot.

Jangan lupa memersiapkan bibit penyulaman agar tidak mengalami kesulitan ketika ada tanaman mati saat sudah di tanam pada media pot/polybag

Bacajuga: Cara menanam Kacang Tanah Dengan Mudah

Cara Merawat Tanaman Kacang Hijau Di Pot

Perawatan tanaman kacang hijau sebenarnya tidak sulit. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman cepat tumbuh dengan subur dan tidak mengalami masalah sedikit pun.

Penempatan yang baik adalah tanaman harus berada dibawah sinar matahari atau lebih tepatnya harus terkena sinar matahari secara langsung.

Setiap tanaman sangat memerlukan sinar matahari agar dapat memperoses asupan nutrisi yang sudah di serap. Walaupun ada beberapa tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari.

Berikut ini cara perawatan tanaman kacang hijau yang harus anda lakukan untuk menjaga pertumbuhan tanaman tetap subur.

1. Penyiraman

Penyiraman dapat anda lakukan pada waktu pagi dan sore hari. Namun juga harus menyesuaikan musim. apabila musim hujan jangan menyiram tanaman jika tanaman pada tempat terbuka.

Jika pada musim kemarau bisa anda lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tetap mendapatkan resapan air. Lakukan secukupnya saja agar dan tidak tergenang air berlebihan.

2. Penyiangan

Proses penyiangan bisa dilakukan jika pada pot terdapat tanaman gulma pengganggu dan lakukan secepatnya agar tidak merebut nutrisi yang di serap tanaman kacang hijau.

Biasanya gulma pengganggu dapat tumbuh setelah penanaman kacang hijau berumur 1 sampai 2 minggu. Maka lakukan penyiangan ketika gulma sudah tumbuh.

Apabila tidak dibersihkan pertumbuhan kacang hijau dapat terganggu dan berebut nutrisi yang diserap tanaman kacang hijau.

3. Pemupukan susulan

Setelah tanaman sudah menginjak umur satu bulan lakukan pemupukan pada tanaman kacang hijau. Proses ini wajib dilakukan untuk memberi kandungan organik tambahan pada tanaman.

Untuk pupuk yang baik anda bisa menggunakan pupuk kadang dan pupuk NPK . Untuk pemberian pupuk perpolybag dengan dosis sekitar setengah kepal tangan anda.

JIka menggunakan pupuk terlalu banyak, juga dapat memberi efek buruk pada tanaman yang ditanam dalam pot, Karena dengan ruang tanah penyerapan sangat terbatas sekali.

Bacajuga: Gejala Tanaman Jagung Kekurangan Hara

Masa Panen Tanaman Kacang Hijau

Untuk masa penen tanaman kacang hijau tergantung pada varietasnya.Namun pada umumnya kacang dapat dipanen pada umur sekitar 58 sampai 65 hari.

Nah untuk ciri sendiri tanaman kacang hijau yaitu pada polong kacang hijau akan mengalami perubahan dan dilihat dari cangkang kulit akan berwarna coklat dan mengering .

Penanaman kacang hijau jika sudah memiliki ciri-ciri diatas segera lakuka pemanenan agar biji kacang tidak pecah dan terhampar kemana-mana. setelah pecah dari cangkangnya otomatis akan jatuh ketanah dan mengurangi hasil panen anda.

Pemenenan dapat anda lakukan dengan cara memetik atau bisa juga menggunakan gunting untuk lebih mudahnya.

Demikianlah pembahasan bagaimana cara menanam tanaman kacang hijau dengan menggunakan media pot, polybag dan aqua gelas, dapat anda lakukan dengan mudah dirumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *