Cara Menanam Durian Di Dataran Rendah Dengan Mudah

Diposting pada 66 views
Cara budidaya buah durian

Cara Menanam Durian Di Dataran Rendah– adalah salah satu buah yang paling banyak di sukai oleh masyarakat Indonnesia dan memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Bisa dilihat dari harga jual per satu buah durian sendiri bisa di bilang cukup mahal jika buah memiliki kualitas baik.

Bahkan di wilayah lampung pun harga durian yang berukuran sedang pun mencapai Rp 10.000.

Sedangkan durian yang berukuran super pun bisa mencapai ratusan ribu, sehingga banyak sekali yang berminat membudidayakan buah ini.

Untuk menanam pohon durianpun juga sangat memakan waktu yang lama jika ditanam dari biji bisa sampai 10 th baru mulai berbunga.

Jika berasal dari bibit Okulasi durian dapat berbunga pada usia pohon mancapai 8 th.

Oleh sebab inilah mengapa buah durian sangat terbilang mahal, karena dalam penanamannya saja membutuhkan waktu yang lama.

Untuk menanam pohon durian dapat anda lakukan di tanah yang subur dan tidak bercadas.

Dan harus memiliki tektur tanah yang gembur agar pohon durian dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan buah yang baik.

Air pada tanah yang akan kita tanami juga harus memiliki kedalaman 1-2 meter atau tidak terlalu dalam dari permukan tanah tersebut.

Kemasaman (PH) tanah 6-7 dan ketinggian pada tanah berada di dataran 400-600 meter dari atas permukaan laut.

Nah walaupun anda di dataran rendah tetap bisa juga di tanami pohon durian asalkan pada area tersebut mendapatkan curah hujan yang merata sepanjang tahun.

Namun untuk mendapatkan pohon agar berbuah baik dan manis tinggal cara perawatan dan perhatian kita dalam merawatnya.

Pada masa pertumbuhan pohon durian memang harus benar-benar diperhatikan sehingga ketika sudah mulai berbuah durian mengahasilkan buah yang baik dan bagus untuk dijual dipasaran.

Persiapan Lahan Penanaman Pohon Durian

Sebelum anda menanam durian tentu harus mempersipakan lahan terlebih dahulu. Penyiapan lahan sendiri bisa dia area pekarangan rumah dan di area perkebunan.

Lahan sendiri bisa menyesuaikan seberapa banyak bibit durian yang akan tanam sehingga dapat mengukur luas lahan yang akan di butuhkan.

Setelah anda sudah menentukan area penanaman, untuk jarak penanamannya sendiri harus berjarak 10-15 meter. agar tidak berhimpitan dan dapat tumbuh dengan baik.

pembuatan lubang tanam sendiri 60x60x60 cm. Untuk Persatu lubangnya penanaman dengan ukuran tersebut.

Pembentukan lubang seperti ukuran diatas agar bibit durian yang anda tanam dapat tumbuh dengan maksimal dan tidak ada hambatan.

Pisahkan tanah galian pada bagian bawah dan bagian atas agar dapat dikembalikan saat penanaman dengan mudah.

Atau bisa anda atur bagian tanah atas di sebelah kiri dan tanah bagian bawah sebelah kanan agar mudah di ingat saat mengembalikanya.

Cara Penanaman Bibit Durian

Setelah anda selesai membuat lubang penanaman biarkan lubang selama dua minggu. Lalu tanah bagian bawah dikembalikan kebagian bawah dan untuk bagian atas bisa anda campur dengan pupuk organik/pupuk kandang lalu anda tutupkan kelubang penanaman yang sudah di isi bibit Durian.

Cara penanamannya sebatas leher akar bibit durian yang akan anda tanam. Lalu padatkan tanah penutup bibit yang sudah anda tanam.

Anda juga bisa menambahkan penyanggah pada bibit durian agar tetap tegak, Penyanggahan sendiri bisa menggunakan kayu atau bambu Yang sudah dibelah kecil.

Penyiangan Dan Pengairan

Jika diarea yang sudah anda tanami bibit durian banyak gulma yang mengganggu lakukan penyiangan secepatnya.

Proses penyiangan tidak boleh anda tinggalkan, karena jika terlalu banyak gulma yang tumbuh diarea tersebut akan berdampak buruk pada Pertumbuhan bibit durian.

Penyiangan dapat anda lakukan setiap banyak gulma saja diarea tersebut dan anda bisa lakukan penggemburan tanah di sekeliling bibit durian.

Dalam penggemburan tanah jangan sampai mengenai akar bibit durian tersebut agar tidak mati.

Lakukan pengairan jika curah hujan berkurang, contohnya pada musim kemarau datang.

agar menjaga kelembapan dan bibit durian yag sudah anda tanam dapat mudah menyerap nutrisi di area lahan tersebut.

Cara Pemupukan Bibit Durian

Pupuk sangat dibutuhkan oleh tanaman, karena berfungsi sebagai pemberi asupan nutrisi untuk menambahkan pertumbuhan pada akar dan daun agar tetap optimal .

Anda bisa menggunakan seluruh dosis pupuk kandang dan pupuk NPK. Pemupukan dapat anda lakukan dengancara membuat lubang disekeliling tanaman lalu ditutup dengan tanah.

Waktu yang pas untuk melakukan pemupukan bisa pada awal musim penghujan. Pada akhir musim penghujan anda juga menambahkan seperuh dosis NPK untuk di pupukan kembali.

Lakukan pemupukan yang sudah saya anjurkan di atas agar tetap optimal dalam proses penumbuhanya.

Cara Pembentukan bentuk Pohon Durian

Jika umur pohon durian yang anda tanam tadi sudah berumur 2 th, lakukan pemangkasan pada bagian ujung kira-kira 2cm saja, diatas bagian mata tunas pohon durian.

pemangkasan dilakukan hanya pada bagia tunas yang tumbuh tidak beraturan saja. namun jika tunas tumbuh beraturan disekeliling pohon dan tidak berhimpitan anda biarkan saja tumbuh.

Sehingga bentuk pohon durian dapat terbentuk dengan bagus saat sudah dewasa dan siap berbuah nanti untuk menghasilkan batang cabang dengan buah yang baik.

pemangkasan dapat dilakukan dengan tolak ukur dahan atau tunas yang tumbuh keatas, karena dahan yang baik harus tumbuh menyamping.

Hama Dan Penyakit

Setiap tumbuhan pasti memiliki hama dan penyakit yang akan menyerang, pada pohon durian sendiri ada salah satu hama ulat jenis T. ruptilinea yang dapat menyerang buah durian.

Untuk pengendalian ulat ini anda bisa melakukan penyemperotan Insektisida yang dapat anda semprotkan kebuah durian.

Jika pohon durian mengalami penyakit busuk akar fusarium dapat anda kendalikan dengan fungisida benlate

Pemetikan Buah Durian

Jika penanaman anda menggunakan sistem okulasi pada usia 8 th pohon durian sudah berbunga. Namun bila penanaman menggunakan sitem biji umur 10 th baru akan berbunga itu lah perbedaannya

Nah jika buah durian berbuah terlalu lebat anda harus melakukan sistem penjarangan pada buah tersebut. Sisakan buah sekitar 40%-50% saja.

Buah durian yang matang akan jatuh dengan sendirinya namun untuk menghindari kerusaakan pada buah tersebut, anda bisa melakukan pengikatan pada tangkai buah.

Demikian pembahasan bagaimana cara menanam pohon durian di dataran rendah dan dataran tinggi yang dapat anda lakukan dengan memahami cara diatas semoga bermanfaat.

Bacajuga: Panduan Budidaya Pisang Kepok Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *