Cara Menanam Apel Dari Biji Yang Jarang Anda Ketahui

Diposting pada

Cara Menanam Apel Dari Biji- adalah salah satu buah yang banyak di minati oleh semua orang. Hampir di seluruh dunia buah apel banyak yang mengonsumsinya.

Yah kita tahu bahwa buah apel adalah buah yang memiliki kaya dengan kandungan air , vitamin C dan B.

Dengan kandungan vitami yang baik untuk tubuh manusia, banyak sekali yang memperluas pembudidayaan apel meningkat.

Meningkatnya peminat pembudidayaan apel juga sangat berpengaruh dengan ramai permintaan pasar.

Jadi di era sekarang apel menjadi salah satu buah yang sangat di favorit oleh semua orang didunia. Sehingga akan meningkat juga petani yang membudidayakan buah ini.

Ciri khas buah apel yang matang baisanya akan berwarna merah. Walupun kita tahu sendiri ada juga buah apel yang berwarna hijau.

Namun buah apel yang berwarna merah lebih besar ukuranya. Biasanya buah apel yang berwarna hijau akan berukuran kecil.

Pada umunya banyak buah yang berwarna merah akan banyak di minati karena pesona dari warna buah yang sangat mencolok dan menggairahkan.

Buah apel yang berwarna hijau peminatnya juga tidak terlalu banyak. Namun jika kita rasa sangat manis dan ada rasa masam.

Buah apel yang berwarna hijau akan lebih renyah dari pada buah apel yang berwarna merah.

Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu bagaimana cara menanam buah apel yah dapat kita maklumi.

Jarang sekali kita temukan di area perumahan yang menanam apel. Mungkin kita bingung bagaimana cara penanamannya.

Cara menanamnya sendiri ada beberapa sistemnya yang dapat anda lakukan. Ada yang menggunakan sistem Cangkok, Stek, Dan menggunakan biji apel.

Dalam pembahasan kali ini, dapat anda pelajari bagaimana sistem penanaman denga menggunakan biji apel yang bagus sebagai bibit Unggul.

Maka dari itu jangan sampai lewatkan pembahasan lengkap cara penanaman bibit apel menggunakan bijinya.

Cara Menanam Apel Yang Benar Menggunakan Bijinya

Cara Menanam Apel Dengan Benardalam penanaman apel yang pertama kali harus anda ketahui adalah memilih benih unggul untuk dijadikan bibit utama dalam penanaman.

seperti yang kita ketahui bahwa biji apel sangatlah susah tumbuh, jika kita tidak mengetahui Bagaimana prosesnya.

Sebelum menanam biji apel alangkah lebih baik pelajari bagaimana cara menumbuhkan bibit dan siap anda tanaman.

Maka di butuhkan proses simulisasi pengecambahaan bibit agar biji dapat tumbuh dan berkembang dengan baik saat di tanam.

Namun kali ini saya akan memberi anjuran bagaimana simulisasi proses pengecambahan biji apel yang baik dan sudah saya buktikan dengan memperaktekannya. Cara seperti berikut :

1. Proses Pengecambahan Bibit Unggul Apel

  • Lakukan pemilihan bibit untuk dijadikan bibit unggul. Pilihlah buah yang segar sebagai penyotiran bibit yang bagus untuk anda tanam.
  • Pisahkan biji dari daging apel. Lalu letakan biji pada kain atau tisu agar biji apel menjadi mengering dan tidak lembab.
  • Selanjutnya silahkan anda bungkus biji apel dengan menggunakan tisu basah dan tutup dengan rapat. bisa anda gunakan wadah kantung plastik, toples dan pembungkus yang bisa di tutup dengan rapat.
  • Masukan benih kedalam kulkas dengan suhu kisaran 4,4-10 C. Setelah anda masukan dalam lemari es, silahkan anda tunggu sampai 8 minggu. Tujuan agar biji apel mengeluarkan tunas atau tumbuh berkecambah.
  • Dalam waktu 8 minggu, biji sudah siap anda pindahkan kedalam media tanah satu persatu.

Inilah alasanya mengapa biji apel sangat susah tumbuh. dalam proses pengecambahannya saja sangat sulit jika biji berada di daerah yang panas. Harus menggunakan media pengulkasan untuk mendapatkan suhu yang dingin. Apalagi jika berada di area pegunungan apel akan mudah tumbuh walau tanpa dikulkas.

2.Cara Memindahkan Benih Apel Berkecambah Kedalam Media Pot

  • Cara pertama Siapkan pot kecil dan masukan tanah tanpa campuran pupuk kompos atau PH netral. dalam media tanah cari tanah yang gembur agar akar dapat berkembang dengan baik tanpa ada campuran pupuk untuk tahap awal penanaman.
  • Selanjutanya silahkan anda buat cekungan pada tanag 3 kali lipat lebih besar dari ukuran benih apel. Kemudia anda letakan benih apel pada cekungan yang anda buat dengan hati-hati. Kemudian tutup kembali dengan tanah.
  • Lalu tepuk tanah dengan irama lembut pada pinggir bagian pot. Jangan lupa siram dengan air agar tanah kelembapan pada tanah tetap terjaga.
  • Letakan benih pada suhu kamar dan paparkan agar terkena sinar matahari secara langsung.

Lakukan pemindahan benih pertama dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas jangan merubah tata cara yang sudah saya jelaskan.

Yang perlu anda pelajari di bagian ini sangatlah mudah dan dapat anda lakukan di rumah jika berminat dalam pembudidayaan apel.

3.Cara Memindah Pohon Apel Kecil Kelahan Penanaman

Pemindaha pohon apel kelahan penanaman

cara pemindahan pada tanah penanaman harus anda lakukan dengan benar. Jika anda lakukan dengan buru-buru akan berakibat fatal pada pohon apel.

Pada dasarnya pohon apel sangat mudah mati dan renta mati. Pada bagian akar, daun, batang dangat sensitive perlu penanganan khusus dan hati -hati.

Cara pemindahan yang benara adalah pohon apel siap di pindah ke tanah penanaman pada ukuran pohon apel sekiara 25 Cm. ikuti langkah seperti berikut :

  • Gunakan area penanaman denga PH netral dan kondisi tanah yang lembab
  • Tempat penanaman harus terkena sinar matahari langsung. Tempat yang baik adalah pada bagian yang mengahadap ketimur.
  • Usahakan memberikan area tanah yang luas untuk pertumbuhan akar. Jika penanaman pohon apel ada beberapa pohon, silahkan anda beri jarak agar tidak menghambat pertumbuhan akar. Jarak satu sama lain antara 4,5 sampai 5 meter.
  • Pemberian pupuk pada tanaman harus di perhatikan dengan mengunakan asupan nutrisi pada tanaman menggunakan kandungan dan oksida (NPK) 10-10-10. Lakukan peupukan dengan dosis secukupnya saja.
  • Jika sudah pemupukan anda harus melakukan pengamatan setiap hari dan mengenali hama dan penyakit yang memakan daun pohon apel agar tidak rusak dan mati.

Cara Menanggulani Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Apel

Cara Menanggulani Hama Apel– Nah tadi kita sudah tahu bagaimana cara penanaman dan pengcambahan bibit. Kali ini yang harus kita pelajari kembali adalah cara mengatasi hama dan pembelajaran penyakit yang dapat menyerang buah dan pohon apel.

Hal yang mustahil jika tanaman apel tidak akan terkena hama, karena setiap tumbuhan ada beberapa hama yang kan menyerang.

Namun anda tidak usah khawatir kami juga akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi hama dan penanganan yang tepat hama berikut menyerang :

1. Lalat buah

Adalah salah satu fakto utama jika pohon apel berbuah hama satu ini akan menyerang pada bagian buah.

  • Penangananya anda harus membungkus buah apel menggunakan pelastik, dan harus menyemprotkan obat insteksida seperti Lebacyd 550 ec aturan dosis 2 cc/liter air.

2.Ulat daun

Hama yang satu ini juga sangat berbahaya dapat menyerang bagian daun apel. Jika tidak memperhatikan dapat mengakibatkan gagal panen.

  • cara menanggulinya semperotkan inteksida. Seperti Nuefarcon 20 SCW, Tamaron 200 LC, Mata-dor 25 CC dengan takaran dosis 2 cc/liter air
  • Dan membuang telur ulat sebelum menetas yang terdapat pada dedaunan
  • Berikan Coccinellidae dan Lycosa pada tanaman
  • Secara Kultur teknis, dan memberi jarak tanam dan sanitasi pada lingkungan lahan penanaman apel.

3.Kutu daun hijau

Hama yang satu ini, dapat menyerang bunga yang terdapat pada pohon apel. jika tidak di tanggulani dapat mengakibatkan panen yang tidak bagus pada pembuahan apel. Cara menanggulani seperti berikut:

  • Berikan Coccinellidae dan Lycosa pada tanaman
  • Secara Kultur teknis, dan memberi jarak tanam dan sanitasi pada lingkungan lahan penanaman apel.
  • Silahkan Semperotkan inteksida Supracide 40 EC atau pengasus 500 EC, penyemprotan dapat anda lakukan 2 minggu sekali. lakukan hak ini sampai hama habis dari pohon apel

4.Tungau, atau spider mite atau cabuk merah

Hama ini juga sama seperti hama yang lainya dapat berdampak negative pada masa pembuahan, ciri dari hama ini akan ada tanda bercak merah, cara penanganannya Seperti berikut :

  • Berikan Coccinellidae dan Lycosa pada tanaman
  • Lakukan penyemperotan menggunakan pestisida seperti Omite 570 EC. aturan penyemperotan 2 minggu sekali dengan takaran 2 cc/liter air. lakukan sampai hama habis.

5.Thrips,

Adalah salah satu hama yang menyerang bagian buah yang masih muda. Jika buah terkena hama ini buah akan menimbulkan bekas bercak coklat dan ke abu-abuan. cara menanggulinanya seperti berikut :

  • Berikan Coccinellidae dan Lycosa pada tanaman
  • semprot insteksida, seperti Lannate 25 WP. Dengan dosis 2 cc/liter air. Atau bisa juga menggunakan Lebacyd 550 EC ukuran penyemprotan 2 liter air saat tanaman mulai berbunga.

6.Serangga Penghisap Daun

Hama ini juga menyerang pada bagian buah dapat mengakibatkan buah menjadi pecah dan akan meninggalkan bercak coklat pada buah. cara berikut ini untuk membasmi hama ini :

  • cara menganggulaninya bisa membungkus buah apel dengan menggunakan plastik.
  • semprotkan inteksida menggunkan obat kimia seperti Baycarp 500 EC, Lannate 25 WP. takaran dosis yang di anjurkan 2 cc/liter air.

Itulah bagaimana cara menanam buah apel dari benih hingga cara menangani hama yang menyerang pada pohon apel dan buah apel.

Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam pembelajaran budidaya apel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *