Cara Membuat Probiotik Untuk Unggas

Diposting pada 29 views

Cara Membuat Probiotik Untuk Unggas- Adalah salah satu pendongkrak utama dalam pertumbuahan unggas dan mampu mempercepat masa panen unggas.

Mambuat probitik sendiri untuk hewan unggas dapat memperkecil modal pengeluaran, perawatan, dan menghemat pakan.

Untuk berbudidaya ayam mamang memerlukan modal pertama memulainya yang tidak sedikit yang dikeluarkan perharinya.

Terkadang banyak yang malas meneruskan budidaya hewan unggas jenis ayam, karena keuntungan tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

Tidak sedikit juga petani yang mengalami kegagalan berbudidaya ayam. Bahkan sebagaian dari mereka ada yang frustasi karena tidak mengetahui bagaimana cara memaksimalkan hasil panennya.

Cara membuat probiotik sendiri dengan bahan Ragi dan Bakteri Asam Laktat ( rabal) yang sudah berhasil di fermentasikan dan berisikan Lactobacillus dan Yeast. Dengan membuat rabal RWS sendiri dapat memperkecil modal yang anda keluarkan.

Dengan cara mencampurkan probiotik dengan air minum ayam, sangat terbukti meningkatkan pertumbuhan dan mempercepat hasil panen.

Jadi Untuk anda yang ingin membudidayakan ayam boiler atau hewan unggas lainya, tidak usah takut dengan modal pemberian probiotik yang mahal.

Anda bisa meraciknya sendiri yang sudah teruji kebenaranya untuk meningkat kan paertumbuhan unggas dengan modal yang murah untuk membuatnya.

Manfaat Probiotik Untuk Ayam Boiler

Probiotik sangat membantu untuk mempercepat pertumbuha ayan boiler. Sehingga bisa dikatakan mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan hasil pertumbuhan ayam dan unggas lainya.

Penggunaan probiotik juga dapat memeperkecil kematian ayam boiler terserang penyakit. Nah untuk penggunaan hewan unggas lain juga sama saja manfaatnya.

Dalam berbudidaya ayam boiler tentu sangat mengutamakan berat badan yang maksimal untuk dipasarkan dan mendapatkan keuntungan.

Dengan menggunakan probiotik rabal ini dapat meningkat berat badan ayam menjadi maksimal.

Nafsu makan ayam pun juga akan meningkat sehingga dapat memberi asupan nutrisi pertumbuhan yang bagus untuk ayam.

Penggunaan pakan ayam pun juga dapat terkontrol karena ayam akan merasa kenyang ketika meminum pribiotik yang sudah anda campurkan di air minumnya.

Sehingga pakan dapat dirit agar tidak boros dan yang paling utama protein yang diserap dari pakan ayam yang sudah dimakan akan cepat diproduksi atau serap ayam menjadi daging.

Manfaat Lain dari probiotik Rws adalah dapat membantu mencegah Amoniak atau gas racun pada tubuh ayam dan kandang ayam tidak akan terlalu berbau.

Perbedaan Ayam Probiotik dan Non Probiotik

1. Ayam probiotik akan lebih sehat dan dapat dikonsumsi manusia. Sehingga ayam yang sudah diberi probiotik akan terhindar dari penyakit dan racun yang dapat mengakibatkan kematian.

Ayam pedaging yang menggunakan probiotik akan cepat panen, karena usus dapat menyerap semua makanan yang di makan ayam tersebut.

Walaupun tanpa menggunakan antibiotik ayam akan kebal terhadap mikroba. Dengan sendirinya probiotik yang di berikan akan meningkatkan antibiotik tanpa kita berikan lagi.

Sehingga tidak akan bermasalah saat ayam pedaging yang sudah berikan probiotik untuk dikonsumsi manusia.

2. Ayam non probiotik tidak dapat dikonsumsi jika tidak di beri antibiotik agar kebal terhadap mikroba. Apabila daging ayam di konsumsi dan tidak melakukan cek secara detail dapat mengancam kesehatan manusia.

Sehingga tanpa probiotik mengkonsumsi ayam pedaging dapat berisiko terhadap kesehatan manusia akibat mikroba di dalam daging ayam.

Pertumbuhan ayam tanpa probitik akan lebih lambat dan daging yang di hasilkan ayam pun, tidak dapat memberikan hasil peningkatan berat badan yang maksimal

Cara Membuat Probiotik Rabal Sendiri

Cara pembuatan probiotik ini sudah teruji dan sudah banyak yang membuktikan. Hasil penen daging pun meningkat tinggi dan mikroba tidak akan menyerang ayam pedaging.

Sebelum kita memasuki bagaimana cara pembutanya. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan yang akan di gunakan untuk membuat probiotik seperti berikut :

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 9 liter air bersih.
  • Siapkan 2 Botol Yakult
  • Siapkan 1 butir ragi tape
  • Siapkan 1/2 liter Molasses (Tetes tebu / Gula jawa / Gula merah )
  • Siapkan 1 butir air kelapa tua (Murni)
  • Siapkan 1 jerigen berisi 10 liter

Jika bahan-bahan diatas sudah anda siapkan semua, langkah selanjutnya adalah tahap pencampuran bahan diatas yang akan dibuat probiotik rabal RWS untuk di fermentasikan.

Proses Pencampuran Bahan

  • Tahap pertama yang dilakukan adalah memasukan air bersih sebanyak 9 liter kedalam jerigen
  • Tahap Kedua tuangkan 2 botol yakult, molases 1/2 liter, Ragi Tape Yang sudah di haluskan, dan 1 butir air kelapa. lalu masukan bahan tersebut kedalam jerigen.
  • Penggunaan gula merah/molases 1 kg yang sudah di cairkan dengan air sebanyak 1/2 liter
  • Jika bahan sudah dimasukan semua jangan lupa kocok jerigen selama 1 sampai 2 menit lamanya.
  • Setelah sudah mengocok jerigen, simpan selama 7 hari masa fermentasi
  • Fermentasi yang sudah jadi akan berubah warna menjadi coklat dan bau alkhol menyengat

Nah jika masa pembuatan sudah selesai anda bisa membuka tutup jerigen 2 hari sekali agar gas fermentasi keluar. lalu jangan lupa tutup kembali jerigennya, agar tidak mengurangi kualitas probiotik rabal.

Cara penggunaan probiotik Rabal RWS

Setelah masa fermentasi salama 7 hari sudah selesai anda dapat menggunkan probiotik rabal RWS untuk diberikan kepada ayam.

Cara pengunaanya adalah takaran 1 tutup botol aqua bisa anda campurkan dengan satu wadah air minum ayam.

Fermentasi pembuatan probiotik ini tidak mempengaruhi kesehatan ayam selama penggunaan tidak melebihi takaran diatas. Karena pada dasarnya bakteri lactobacillus dan yeast. dapat membantu mengurai makanan dan memberi dorongan agar pakan yang di makan ayam dapat dicerna dengan baik.

Demikianlah bagaimana cara membuat probiotik sendiri dirumah agar mengurangi pengeluaran modal untuk memaksimalkan pertumbuhan ayam yang anda budidayakan menjadi berbobot dengan bantuan probiotik.

Baca Juga Artikel Ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *