Cara Membuat Bibit Unggul Bengkuang Yang Benar

Diposting pada

Cara Membuat bibit unggul Bengkuang- bengkuang adalah salah satu tanaman yang sangat populer dengan manfaat yang dihasilkannya.

Dalam pembahasan kali bagaimana cara membuat bibit bengkuang dengan mudah dan simak pemabahasan kali ini.

Didaerah saya harga bengkuang sempat melambung tinggi sehingga petani banyak yang membudidayakanya.

Jika kita mempunyai bibit bengkuang yang banyak sangat berharga sekali karena harga bibit bengkuang sangat mahal, mencapai 40 rb /gelas

Dengan harga yang mahal namun tetap petani tetap membelinya. yah bisa kita pahami jika bengkuang sedang melonjak harganya.

Saya pernah bertemu dengan seseorang didesa saya yang menjual bibit, sampai kehabisan stok bibit bengkuang dengan permintaan jauh lebih banyak di banding stok yang iya miliki.

Saat ini harga bengkuang sendiri yang sudah siap panen mencapai 2000 / kg. bahkan pernah naik sampai harga 5000/kg.

Bayangkan saja jika kita mempunyai lahan 1 hektar pasti akan mendapatkan hasil panen bengkuang yang memuaskan dibanding tanaman lain.

Bengkuang yang anda tanam siap anda panen pada usia 4 bulan setelah penanaman. cara perawatanya pun sangat mudah.

Namun tetap anda perhatikan karena bengkuang adalah salah satu tumbuhan yang menjalar. pada masa penanaman anda harus memotong rantingnya atasnya agar tidak menjalar.

kalau untuk dijadikan bibit harus membuat tempat penyanggah dengan bambu untuk penjalaran ranting bibit.

Simak sampai selesai pembahasan tentang cara pembuatan bibit bengkuang berikut ini.

Cara Pembuatan Bibit Bengkuang

cara membuat bibit bengkuang

Proses Pemilihan Bengkuang Untuk Dijadikan Pembuatan Bibit

Sebelum membuat tempat pembibitan anda bisa memilih bengkuang yang baru saja di panen untuk anda tanam kembali di jadikan sebagai penghasil bibit biji bengkuang yang bagus.

Pilihlah bengkuang yang besar/gemuk untuk dijadikan penghasil bibit unggul. Terkadang jika memilih bengkuang yang ukuran kecil akan menghasilkan bibit yang sedikit.

Maka anda harus benar-benar anda pikirkan dalam pemilihan bengkuang sebagai penghasil benih bila ingin mendapatkan hasil bibit yang akurat.

Bacajuga: Cara Menanam Kangkung Di Polybag Dengan Mudah

cara membuat bibit bengkuang
  • Setelah anda sudah mendapatkan bengkuang penghasil benih dari tempat petani/lahan pembudidayaan anda sendiri lakukan pemotongan ranting atas sampai batang agar dapat tumbuh kembali
  • lalu anda letakan bengkuang di tempat yang lembab atau bisa anda buat tempat yang lembab dan siram maka dalam waktu 7-8 hari bengkuang akan tumbuh
  • Jika sudah tumbuh siapkan lahan yang proses pembuatan bibit untuk menanam bengkuang yang sudah tumbuh tadi.

Persipan lahan Dan Penyanggah Menjalarnya Bengkuang

cara membuat bibit bengkuang
  • Siapkan lahan secukupnya untuk membuat lanjaran/perambatan bengkuang. Dengan menggunkan bambu, tancapkan dengan kokoh ditanah persatu batang bambu dengan jarak satu sama lain sekitar 1 meter doyongkan bambu dengan membentuk silang, agar merambat kesatu sama lain lanjaran.
  • Lalu anda buat lubang untuk menanam bengkuang yang sudah tumbuh ikat agar menjalar ke bambu yang sudah anda buat tadi.

Cara Perawatan Bengkuang Penghasil Bibit Unggul

Pada dasarnya bengkuang adalah tumbuhan yang tahan terhadap penyakit, cara perawatan bengkuang penghasil benih sangat berbeda dengan bengkuang penghasil buah/umbi putih yang di panen.

Yang perlu anda perhatikan bengkuang tidak dapat bertahan jika kekurang air. jadi anda pada saat musim kemarau harus menyiram bengkuang penghasil benih tadi agar tetap tumbuh

Lakukan pemupukan 2 minggu setelah penanaman, menggunakan pupuk kandang saja. maka bengkuang akan lebih cepat melakukan pertumbuhan.

Bacajuga: Cara Menanam Timun Dalam Polybag/Pot

Cara Pemetikan Bibit Bengkuang

cara membuat bibit bengkuang

Sebagian dari anda pasti masih binggung bahwa bengkuang dapat menghasilkan biji jika tanaman bengkuang dibiarkan menjalar.

Pada usia penjalaran bengkuang 6 bln bibit yang sudah tua akan berwarna hijau tua atau hitam itu tandanya anda siap memetik biji bengkuang.

Namun anda tetap harus menjemur setelah anda petik biji tersebut agar mudah memisahkan biji dari cangkangnya.

Bentuk biji bengkuang berbentuk polong yang bulat. setelah proses pemisahan biji bengkuang siap anda jadikan bibit untuk anda tanam di area peladangan atau area persawahan.

tidak ada perwatan khusus untuk pembuatan benih bengkuang cukup anda siram dan pupuk menggunakan pupuk kandang saja.

Cara ini juga sudah saya buktikan dan berhasil menghasilkan bibit unggul yang dapat menghasilakan panen bengkuang yang super.

Semoga sampai disini pembahasan pembuatan bibit bengkuang dapat membantu anda dalam budidaya bengkuang. UntuK video Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *