cara membuat alat tanam padi tabela, Lihat selengkapnya

Diposting pada

cara membuat alat tanam padi tabela- penanaman dengan teknik moderen ini, dapat mempercepat waktu dan tenaga yang di butuhkan.

Tabela adalah salah satu proses penanaman dengan cara di sebar. biasanya penanaman padi pada umumnya di tanam satu persatu.

Namun dengan cara ini, proses penanaman secara di disebar dengan menggunakan alat buatan dan mudah dalam proses penanamannya.

Tabela mempermudah penanaman petani dalam tekniknya. karena tanpa bersusah payah memindah benih dari tempat penyebaran ke lahan utama.

Hanya saja dalam teknik ini dapat berpengaruh pembengkakan penggunaan bibit bisa lebih banyak dari cara pemindahan bibit.

Yah tahu sendiri teknik tabela dengan cara di sebar langsung kearea lahan tanpa sistem sebar pindah benih.

Pembuatan alat tabela pun juga bisa anda buat sendiri di rumah tanpa keahlian khusus. sangat simple dan praktis bisa di buat dengan mudah.

Berikut ini cara pembuatan tabela : klik link disini

Keuntungan Menggunakan Tabela

  • Sangat mudah di gunakan oleh petani tanpa harus sekil yang tinggi.
  • Meningkatkan proses penanaman
  • Dapat mengoptimalkan dalam penggunaan bibit
  • Tabela hanya menggunakan sistemperawatan sederhana saja. dan tanpa perawatan khusus mudah di simpan di luar maupun di dalam. tapi cuci setelah pemakaian.
  • Aman untuk lingkungan dan tidak perlu tambahan bensin

penggunaan alat ini, memang sangat mudah dan dapat mingkatkan hasil panen padi. sehingga jika area penanaman yang luas, anda tidak perlu biaya untuk upah orang banyak bisa menggunakan alat ini agar lebih cepat.

Persiapan Sebelum Menggunakan Tabela

Sebelum benih di gunakan ada beberapa cara pengobatan sebelum benih di tanam secara langsung menggunakan tabela. yaitu dengan cara rentelada atau bisa disebut merendam benih dengan air selama 1 sampai2 malam.

Perawatan Ini bertujuan sebagai berikut

1. Untuk Memisahkan Gabah Hampa

Proses perendaman benih sebelum di pakai wajib di pakai, agar benih padi yang akan di tanam akan tumbuh dan maksimal dalam pertumbuhannya.

benih biji padi yang sudah direndam akan di bedakan menjadi 2 kelompok. yaitu kelompok mengambang dan cekung.

Ambil kelompok biji-biji benih yang mencekung tandanya bibit padi ini, sudah sipa di aplikasikan langsung ketanah dengan menggunakan teknik tabela.

Untuk biji yang mengambang harus di keluarkan dari rendaman tersebut, karena bibit yang mengambang biasanya bibit yang tidak memiliki isi dan tidak akan tumbuh jika di tanam.

2.Mempercepat Proses Pengecambahan Pada Bibi Padi

Dalam proses mempercepat pengecambahan membutukan waktu selama 2 hari direndam dalam air, maka pengencambahan akan lebih cepat dan siap di tanam secara langsung.

Bacajuga: cara membuat pupuk kompos

Cara Kerja Tabela

  • Silahkan masukan bibit anda kedalam pipa utama, biasanya setiap lubang akan berisi 0,5 Kg. terdapat 4 lubang utama tabela, akan berisi bibit sekitar 2 kg untuk semua lubang.
  • Jangan Lupa Tutup Lubang dengan menggunakan sabuk karet
  • setelah itu, tabela siap ber oprasi. Biasanya bisa anda tarik atau di dorong untuk cara kerjanya sendiri sangatlah mudah. Balok yang terdapat di bawah tabela akan berfungsi sebagai penanaman padi.
  • Lalu pada bagian roda akan berputar pipa utama akan naik turu dan bibit padi mulai tersebar di area penanaman. dengan teknik ini dapat meningkatkan panen yang meningkat, kareana bibit juga sudah disortir seperti cara diatas

Kemudahan tabela dapat di buat petani dengan kontruksi pada pembuatan alat ini sangat mudah. apalagi dalam pengoprasianya hanya tarik dan dorong saja.

Bahan baku utama yang di gunakan yaitu menggunakan kayu, yang brgitu mudah di dapatkan oleh pentani.

BacaJuga:cara membuat pupuk organik cair dari kotoran kambing

Bahan-Bahan Pembuatan Tabela

  1. Kayu
  2. Pipa saluran
  3. Batang
  4. karet Ikat pinggang
  5. alat kontruksi : Paku, Martil, Gergaji, Meteran, Cangkul, dan lain-lain.

Dampak Teknologi Bagi Petani

untuk dampak lingkungan tentu saja tidak ada, namun dampak positif bagi petani yaitu, dapat mempermudah penanaman dan memper kecil biaya upah dalam tenaga yang di butuhkan.

banyak juga dukungan dengan adanya alat ini. bahkan banyak peneliti malah mendukung untuk mengobtimalkan pembuatan alat tanam padi tabela karena mudah di laukan dan dapat mengoptimalkan panen padi.

Nah begitulah cara pembuatan tabela dan cara kerja. dengan pembuatan bahan baku bisa anda ndapat di rumah dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *