Cara Mambuat Bonsai Kelapa Sendiri

Diposting pada 42 views
Cara membuat bonsain kelapa

Cara Mambuat Bonsai Kelapa– bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang bisanya di gunakan untuk mehiasi ruangan ataupun pekarangan rumah.

walaupun kita ketahui bahwa pembuatan bonsai ada beberapa jenis tanaman yang sangat susah dalam proses pembutanya butuh waktu bertahun-tahun.

Namun juga ada beberapa jenis tanaman yang mudah untuk dijadikan tanaman bonsai, salah satunya adalah tanaman kelapa ini.

Ya walaupun mudah tetapi, tidak semua orang dapat membuatnya, karena dalam sistem bonsai butuh keahlian dalam bidang ini.

Makanya harga tanaman yang sudah di bonsai tidak murah tergolong mahal. karena cara pematanya memakan waktu yang panjang, bahkan ada yang bertahun-tahun.

Dalam Pembahasan kali ini, sedikit menjelaskan bagaimana cara pembuatan bonsai kelapa yang benar agar mendapatkan hasil yang bagus.

Jika anda seorang pemula yang baru bterjun dalam bidang bonsai, dengan alasan bisnis ini lebih menjajikan bisa menyimak pembahasan kali ini dengan tuntas agar tepat untuk memulainya.

Yang perlu anda ketahui bahwa pembuatan bonsai kelapa ataupun bonsai lainya. Hal yang utama harus anda perhatikan adalah tingkat kesabaran yang kuat dan keuletan menjalankannya.

Seperti yang saya jelaskan diatas pembuatan bonsai memakan waktu yang lama. simak berikut ini cara pembuatanya.

Jenis – Jenis Kelapa Yang Dapat Di Bonsai

Sebelum menuju pembahasan utama anda perlu mengetahui kelapa apa saja yang dapat di jadikan bonsai. pemilihan kelapa adalah penentu utama dalam berahasilnya pembonsaian.

Jangan sampai anda salah dalam memilih kelapa yang akan anda gunakan dan pekerjaan anda akan sia-sia atau tidak mendapatkan hasil apapun.

Maka dari itu anda perlu memperhatikan dalam pembuatan utama adalah jenis kelapanya yang akan di gunakan

Berikut ini kelapa yang dapat anda jadikan bahan bonsai yang sudah teruji keberhasilanya :

  • Kelapa gading susu
  • Kelapa gading merah
  • kelapa albino

Pemilihan Bibit Kelapa Terbaik

Pemilihan bibit juga sangat mempengaruhi hasil pembuatan bonsai kelapa. Bibit bisa di Katakan babak penentu hasil bonsai.

Setiap bibit yang berkaualitas akan lebih mudah dirawat dan akan tumbuh lebih subur jika dirawat dengan benar.

banyak seseorang yang gagal dalam sistem bonsai dengan hasil yang tidak memuaskan karena asal mengambil kelapa yang dijadikan bonsai

Berikut ini bibit kelapa yang bagus di jadikan Bonsai :

  • Bibit berkualaitas dapat menggunakan salah satu jenis kelapa di atas, gunakan kelapa yang sudah tua agar lebih muda tumbuh.
  • Gunakan kelapa yang dipetik dari pohonnya, jangan menggunakan kelapa yang sudah jatuh karena kebanyakan batok kelapa mudah pecah dan rapuh.
  • Pilih lah kelapa yang kecil tetapi tetapi yang memiliki akar yang banyak.

Cara Menumbuhkan Buah Kelapa Yang Akan Di Bonsai

Jika sudah mempersiapkan buah kelapa hasil petikan yang sudah tua, lalu anda letakan buah tersebut di tempat yang lembab.

Bisa anda siram setiap hari dan setelah 2-3 minggu akan tumbuh tunas pada bagian kelapa tersebut.

peletakan buah kelapa dalam masa penumbuhan tunas sangat mempengaruhi hasil bonsai yang akan anda buat.

Jika anda mengiginkan akar mengelilingi pada bagian buah tersebut letakan kelapa posisis berdiri/vertikal dan jika anda mengiginkan bentuk bonsai seperti keong letakan pada posisi horizontal.

Dalam sistem penumbuhan ini, kita akan membentuk dahulu bagian akar seperti yang kita inginkan.

Tahap Pelaksanaan Bonsai Kelapa

  • Tahap pertama bila tunas pada kelapa sudah tumbuh dengan tinggi sekitar 3-5 cm anda bisa membuka serabut kelapa dengan hati hati agar tidak mengenai akarnya bisa menggunakan Sendok, golok dan alat lainya.
  • Apabila pembersihan serabut sudah bersih dan hanya menyisakan batok. namun biasanya masih ada serabut kecil yang tertinggal pada bagian batok anda bisa membersihkan kembali hingga rapi menggunakan pisau.
  • Silahkan sayat 2-3 helai saja bagian tunas bawah yang sudah tua. Tujuannya agar bonsai terlihat rapi saat di masukan dalam pot.
  • Agar bonsai kelapa dapat tumbuh dengan cepat gunakan botol air mineral yang sudah di potong.

Bacajuga : cara beternak kroto dengan toples dengan mudah

Cara Tepat membentuk batang Bonsai Kelapa

Proses pembentukan menunggu waktu saat bonsai tumbuh sekitar 15-20 cm. silahkan anda sayat tunas Paling bawah agar terlihat rapi.

Jangan sampai anda menyayat bagian tunas yang masih muda dapat beresiko bonsai kelapa mati dan akan membusuk.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai tunas yang masih muda, butuh ketelatenan dalam proses ini.

Proses penyayatan dapat anda lakukan 3 hari sekali saja. Penyayatan bertujuan agar kelapa bonsai tidak dapat tumbuh besar.

Jika sudah anda sayat jangan lupa untuk melakukan penyiraman setiap hari hanya sekali saja.

Demikian lah bagaimana cara membuat bonsai yang benar dan menghasilkan bonsai yang bagus sebagai tanaman hias anda dengan modal yang sangat kecil.

Tetapi dalam pembuatanya sangat lama jika kita hobby dalam dunia bonsai dapat melakukannya sendiri di rumah cara yang sudah saya bahas diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *