Cara Budidaya ikan Platy Dengan Mudah

Diposting pada 170 views

Cara Budidaya ikan Platy Dengan Mudah Di rumah– merupakan ikan yang sangat bagus jika di jadikan ikan hias di akuarium dirumah anda.

Dengan warna yang indah tentunya banyak sekali orang yang ingin membudidayakan ikan ini.

Ikan ini memang tidak mahal beda dengan ikan yang lainya, mungkin jika dipasaran ikan ini hampir sama harga dengan ikan guppy.

Ikan platy sendiri banyak di gemari karena perwatan yang mudah dan gampang berkembang biak sehingga banyak sekali yang ingin membudidayakanya.

Budidaya ikan platy kini telah banyak dikembang oleh masyarakat indonesia. karena banyak orang yang menggemari ikian platy sebagai ikan hias.

Namun dalam berbudidaya wajib anda ketahui adalah bagaimana cara memulai dengan langkah yang benar untuk mendapatkan hasil yang baik.

Jika anda takut gagal krena tidak mengetahui bagaimana cara membudidayakanya tenang saja.

Dalam pembahasan kali ini saya akan sedikit langkah awal cara membudidayyakan ikan ini dan bagaimana cara perwatanya yang baik

Maka dari itu simak pembahasan tentang ikan platy ini dengan benar agar tidak gagal paham untuk memulainya seperti berikut :

Cara Budidaya Ikan Platy

Dalam pembahasan inti ini saya sarankan untuk membacanya secara beruntun agar tidak salah faham dalam membudidayakanya.

Dengan mengikuti langkah- langkah yang saya berikan yang sudah teruji keberhasilnya.

Karena dalam ilmu budidaya pengetahuan teori-teori untuk memulainya sangat penting dan dapat menangani kendala saat terjadi pada usaha pembudidayaan kita.

Kenapa banyak orang yang gagal dalam bidang budidaya, salah satu faktor penyebanya adalah mereka tidak mau mencari pengatahuan tentang langkah pembudidayaan yang benar.

Berikut ini langkah yang benar untuk anda memulainya :

1. Cara Memilih indukan Ikan Platy

Hal yang peratama untuk memulai bagaimana cara membudidayakan ikan platy adalah memilih indukan yang baik dan berkualitas produksi bagus.

Dalam pemilihan indukan ikan palaty pun tidak boleh anda lakukan dengan semabarangan agar tidak gagal usaha budidaya anda dalam bidang ikan hias jenis ini.

Jika memilih indukan yang baik dan bagus sangat mempengaruhi pendapatan hasil budidaya yang kita jalankan.

Ciri ikan yang baik untuk indukan sebagai berikut :

  • Ikan aktive
  • Tidak cacat dan sehat
  • Warna ikan cerah sekali
  • Postur tubuh ikan ideal
  • Bagian mata sangat cerah dan tidak berkabut

Nah kini anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih indukan ikan pelaty yang baik untuk dibudidayakan.

Selajutnya anda juga harus bisa membedakan mana bentuk ikan jantan dan betina sehingga tidak salah mengambil saat akan di pijahkan.

Bacajuga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Kolam Terpal

2. Cara Membedakan Jenis Ikan Jantan Dan Betina

Yang perlu anda ketahui bahwa membedakan ikan platy jantan dan betina adalah bisa melalui betuk tubuh, sisik, sirip, ekor, warna pada tubuhnya, hingga bentuk kepala ikan.

Untuk lebih mudah anda pahami lihat penjelasan di bawah ini :

  • Cara pertama mengamati dari bentuk tubuh, ikan betina memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih gemuk dari pada ikan Jantan.
  • Cara Yang kedua mengamati dari bentu ekor ikan, ikan platy jantan memiliki ekor lebih mengerucut/lancip di bagian bawah, menyerupai pedang dan lebih lebar dari ekor betina. sedangkan ikan betina memiliki ekor tidak terlalu lebar.
  • Cara Mengamati Berdasarkan Bentuk Sirip, biasanya ikan jantan memiliki bentuk sirip yang mengerucut di bagian bawah perutnya, sedangkan pada ikan betina memiliki sirip yang tidak lancip atau bisa dikatakan bulat.
  • Cara mengamaty dari warna tubuh ikan pelaty, warna ikan betina tidak cerah yaitu kusam, namun warna ikan pejantan lebih cenderung cerah dan cantik di bandingkan ikan betinanya.
  • Cara mengamati dari pola sisik ikan pelaty, sisik ikan betina memiliki lebih halus dan bagus dengan bentuk yang sangat teratur di bandingkan ikan yang jantan. Ikan yang jantan jika diraba akan terasa kasar sekali.
  • Cara mengamati dari ukuran kepala ika platy, Kepala ikan yang jantan memiliki ukuran kepala lebih besar dari kepala sang betina dan hampir sama dengan ukuran tubunya. Betina memiliki kepala yang lebih kecil dan tubuhnya lebih gemuk dari pada kepalanya.

3. Cara Menyediakan Akuarium

Akurium sangat di butuhkan nantinya untuk digunakan sebagai tempat pemijahan ikan pelaty, namu jika anda menggunkan kolam biasa atau tangki semen juga bisa

Untuk ukuran akuarium harus 30 x 30. namun anda juga harus juga menyesuaikan jumlah ikan yang akan di pijah berapa banyak. Jika ukuran diatas bisa mencapai kapasitas 20-40 ekor.

4. Persiapkan Jaring

Siapkan jaring, bertujuan agar anakan ikan tidak dimakan induknya, maka dari itu masukan anakan ikan platy kedalam jaring yang sudah anda siapkan sebelum ikan pelaty berkembang biak.

Carilah jaring yang tidak terlalu rapat agar anakan ikan bisa melewati tetapi indukan tidak dapat melewatinya.

5. Proses Pemijahan Ikan Platy

Masukan air bersih yang tidak tercemar, dengan takaran secukupnya atau 3/4 akuarium saja.

Pemasangan jaring dapat anda lakukan jika masa pemijahan berhasil maka ikan akan hamil dan ber kembang biak, baru anda masukan jaring tersebut kedalam akuarium.

pada masa pemijahan anda harus memberikan pakan juga secara rutin dua kali dalam satu harinya.

Jika kekurangan pakan maka dapat mengganggu proses pemijahan dan kesehatan indukan ikan platy.

Proses pemijahan biasanya bisa anda lakukan selama jangka waktu satu minggu paling lama. sebelum anda mengangkat sang betina bisa melakuakan pemeriksaan sudah ada tanda perubahan apa belum.

Ciri – Ciri Ikan Platy Hamil

Salah satu tanda kehamilan Ikan pelaty adalah perut akan berubah buncit dan bagian perut akan berubah Transparan akan terliahat binti hitam di bagian perut ikan platy betina.

Waktu paling lama ikan pelaty biasanya pmemakan waktu satu bulan saja, pada usia tersebut ikan akan melahirkan. jangan lupa untuk menyiapkan jaring tersebut

Ciri – Ciri ikan Platy Akan Melahirkan

Jika sudah terlihat jelas bintik hitam pada bagian perut itu pertanda akan segera melahirkan. Saat kehamilan ikan berikan makan rutin.

Setalah ikan melahirkan anakan ikan yang masih kecil anda bisa memisahkan atau memberi jaring agar Makan ikan tidak di makan induknya sendiri.

Alangkah lebih baiknya anda bisa memisahkannya saja agar tidaka dapat di santap oleh induknya. Anda bisa menyiapkan akurium khusus indukan setelah melahirkan.

Dalam waktu 2 minggu ikan baru siap di pijah kembali dengan pejantannya

Bacajuga: Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember

6. Cara merawat larva Ikan pelaty

Larva yang baru lahir tidak langsung bis bereng baru bis berenang poda usia 2 hari setelah pasca melahirkan.

Hal yang wajib anda ketahui adalah cara merawat larva platy ini sangat penting agar larva dapat hidup demua dan akan mendapatka hasil budidaya ikan palaty sukses meraup pundi rupiah dari sini.

Larva tadi jika anda lihat larva udah siap mekan berikan pakan yaitu dengan kutu air yand dapat anda bli atau cari sendiri.

Berikan juga pakan cacing sutra, cacing darh dan pakan sejenis yang dapat membuat larva cepat bertumbuh dewasa.

Jagan tergesa – gesa memanen ikan pelaty yang akan di jual takutnya ikan dapat mati ketiak ikan belum cukup umur lihat dahulu sebelum memanen apakah ikan sudah panatas atau belum.

Demikaianlah pembahasan tentang ikan pelaty semoga dapat menginspirasi kalian membudidayakan ikan hias jenis platy ini dengan cara mengikuti langkah diatas terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *