Cara Budidaya Ikan Molly Untuk Pemula

Diposting pada 57 views
Cara Budidaya Ikan Molly

Cara budidaya ikan molly sekarang ini sudah banyak di gemari oleh masyarakat indonesia. Sehingga permintaan pasar pun menaik.

Selain permintaan Meningkat dan memiliki peluang yang bagus untuk berbudidaya ikan molly.

Kita dapat membuat kesenangan tersendiri melihat keindahan ikan ini di dalam aquarium dan Apabila suasana hati sedang tidak bagus bisa membuat kita tenang.

Jika berniat untuk membudidayakan ikan molly, bisa anda coba dan tidak sulit dalam perawatanya.

Untuk peralatan berbudidaya ikan molly juga tidak terlalu mahal, sehingga tidak terlalu menguras modal yang anda keluarkan untuk memulainya.

Ikan molly tidak dapat hidup dan berkembang baik apabila air akurium kotor segera kita ganti dan selalu memberikan pakan yang cukup ikan akan tetap hidup.

Keunikan ikan molly adalah memiliki bentuk tubuh yang gendut dan pada bagian perut ikan berbentuk buncit.

Corak warna pada ikan molly sangat khas, dengan warna beraneka ragam yaitu orange, coklat., hitam, dan masih banyak lagi.

Ikan Yang lucu dan unik ini, banyak di gemari oleh pencinta ikan hias. Oleh karena itu mereka memilih untuk membudidayakan sendiri.

Walaupun banyak pencinta ikan molly yang memilih membudidayakan sendiri, tetapi banyaknya permintaan sehingga penjual ikan hias banyak yang kualahan dan kehabisan stok ikan molly.

Nah suatu peluang yang bagus untuk anda memulai berbudidaya ikan molly dan sudah pasti akan meningkatkan keuntungan yang tinggi.

Namun sebelum anda memulainya alangkah baiknya mengetahui bagaimana cara berbudidaya yang benar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tidak usah binggung untuk mencari tahu kesana kesini, dalam pembahasan kali ini saya sedikit berbagi bagaimana cara memulai berbudidaya ikan molly yang pertama harus di lakukan ikuti cara berikut ini.

Asal-Usul Ikan Molly

Sebelum memasuki pembahasan utama sedikit saya ceritakan asal usul ikan molly dan habitat asalnya.

Ikan molly memang sangat populer di indonesia. Tetapi sebenarnya ikan ini bukan asal indinesia, namun berasal wilayah negara Meksiko, Florida, Virginia.

Mungkin masih banyak yang belum mengatahui negara asal ikan cantik ini berasal dari mana. Bahkan ada juga yang bilang bahwa ikan ini berasal dari indonesia.

Sebenarnya ikan ini berasal di negara meksiko, floridina, dan virginia. Sudah tahu kan bahwa ikan ini berasal dari negara diatas.

Pada Habitat aslinya atau dialam liar ikan molly tinggal pada perairan yang memiliki suhu sekitar 25 sampai 28 C.

Dan Berada di perairan memiliki kemasaman/Ph sekitar 8. Namun di indonesia ikan ini sudah biasa hidup pada kemasaman di bawah 8 masih tetap bisa bertahan.

Ikan Molly adalah salah satu ikan yang tidak bisa menyesuaikan perubahan suhu sangat tinggi secara tiba-tiba.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Molly

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai berbudidaya ikan molly dengan benar, yang bisa anda lakukan dirumah sendiri dengan mudah.

1. Siapkan Aquarium

Untuk berbudidaya ikan molly langkah pertama adalah menyiapkan tempat pembudidayaan dengan menggunakan aquarium.

Tempat Adalah salah satu penunjang utama untuk menentukan hasil budidaya ikan dan menjamin kesehatan ikan dalam tempat pembudidayaan.

Saya sarankan tempat pembudidayaan menggunakan aquarium saja, saya rasa jauh lebih efektif dan menjamin kesehatan ikan karena mudah dirawat dan mudah mengganti air ketika kotor.

Ikan molly sangat menyukai tempat yang terbuka dan pada tempat tersebut memiliki pencahayaan yang cukup terang.

Jangan membudidayakan ikan ini dengan kolam semen karena sangat tidak cocok. Ikan molly kurang menyukainya dapat menghambat perkembangan ikan molly yang anda budidayakan.

Namun ada juga yang membudidayakan ikan ini menggunakan kolam semen. tetapi saya lebih memilih untuk membudidayakan ikan ini di aquarium sehingga ikan yang saya budidayakan cepat berkembang.

2. Mengatur Suhu Aquarium

Mengatur suhu pada tempat pembudidayaan agar ikan molly agartidak mengalami stres saat di masukan tempat tersebut.

Seperti yang saya bilang tadi bahwa ikan molly tidak mudah beradaptasi pada tempat yang mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba.

Maka dari itu kita harus mengatur suhu pada tempat pembudidayaan dengan ukuran yang tetap dan tidak mengalami perubahan.

Untuk ukuran suhu pada ikan hias molly sekitar 24-30 derajat celsius saja. Usahakan pada tempat pembudidayaan memiliki suhu seperti diatas.

Apabila tempat pembudidayaan ikan molly tidak memiliki suhu 24-30 derajat celsius maka ikan tidak dapat berkembang dengan baik. Bahkan bisa menimbul kematian pada ikan molly

Jika anda ingin ikan berkembang dengan baik bisa membelikan oksigen untuk ikan molly yang anda budidayakan.

3. Membedakan Ikan Molly Jantan Dan Betina

Sebelum anda membudidayakan ikan tentu anda harus mengetahui bagaimana membedakan jenis molly betina dan molly jantan.

Sehingga anda dapat memijah ikan dengan mudah memisahkan pada tempat pemijahan khusus yang sudah anda siapkan.

Berikut ini cara mudah mengenali ikan molly jantan dan betina dengan memeriksa dari ciri dan betuk tubuhnya.

A. Ukuran Tubuh Ikan Jantan Dan Betina

Untuk membedakan ikan molly betina dan jantan bisa membedakan dari betuk tubuhnya. Karena sudah pasti berbeda ciri dan bentuk tubuh ikan jantan dan betina.

Ikan molly jantan memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ukuran betina lebih besar dari ikan pejantan. Pada bentuk tubuh betina memanjang dan memiliki tubuh yang bulat.

B. Bentuk Kepala Jantan Dan Betina

Perbedaan juga bisa kita lihat dari bentuk kepala ikan molly. Pada ikan jantan memiliki bantuk kepala berukuran kecil dan jarak mata dan ujung mulut lebih dekat

Ikan molly betina memiliki bentuk kepala sedikit besar dan memiliki mulut lebih besar dari ikan jantan dan mulut lebih mancung kedepan ketimbang ikan pejantan.

C. Corak Warna Ikan Molly Jantan Dan Betina

Perbedaan corak warna ikan bisa dilihat dari corak warna ikan jantan dan betina terlihat sangat jelas. Walaupun ikan ini memiliki ragam warna tetapi masih terlihat perbedaanya.

Ikan betina memiliki corak warna sedikit gelap di bandingkan ikan jantan dan kurang menarik.

Ikan jantan memiliki corak warna yang terang sehingga daya tarik warna lebih terlihat ketimbang warna betina agak sedikit gelap.

D. Bentuk Sirip Ikan Molly Jantan Dan Betina

Ikan molly memiliki sirip yang hampir mirip dengan ikan cupang, namun sirip ikan molly tidak terlalu besar seperti ikan cupang.

Sirip ikan molly jantan memiliki bentuk sirip yang panjang dan lebih lebar dari ikan betina, sirip tersebut tepat dibawah perut ikan dan warna pada sirip berseri-seri.

Sedangkan ikan molly betina memiliki sirip pendek dan kecil, serta warna sirip hanya satu warna saja.

E. Perbedaan Sirip Bawah Perut Ikan Molly

Untuk melihat perbedaan ikan molly jantan dan betina bisa dilihat dari betuk sirip bagian bawah perut ikan.

Ikan molly jantan memiliki Gonopodium yaitu ada sirip yang meruncing di bagian bawah perut ikan.

Untuk Ikan betina tidak memiliki sirip yang runcing. Tetapi bentuk sirip ikan betina berbentuk lebar dan bulat.

Nah mudah bukan? membedakan bentuk ikan jantan dan betina. sehingga ketika ikan akan di pijahkan Dengan mudah membedakan ikan jantan dan betina.

4. Cara Menjodohkan Ikan Pelaty

Menjodohkan adalah salah satu langkah yang wajib diketahui oleh pembudidaya ikan molly maupun ikan hias lainya.

Karena proses penjodohan atau bisa di sebut pemijahan adalah agar ikan cepat beranak dan berkembang lebih banyak lagi.

Penjodohan ikan molly tidak dapat anda lakukan secara sembarangan harus melihat dari segi umur ikan yang sudah siap di jodohkan.

Biasanya ikan molly sudah siap di pijahkan dengan pejantan yaitu pada usia ikan sudah mencapai 4 sampai 5 bulan.

Anda juga bisa melihat dari kelamin ikan.Apabila ikan yang sudah memiliki warna kelamin yan cerah, itu tandanya ikan molly sudah siap di pijahkan untuk beranak.

Masukan sepasang ikan molly dan beritempat khusus untuk mejodohkan ikan, lalu anda bisa menunggu selama 2 sampai 7 hari agar ikan positif sudah mulai hamil.

5. Ciri-Ciri Ikan Molly Hamil

Membedakan ikan molly hamil memang membedakan sedikit sulit jika dilihat dari bentuk perut. Namun lebih tepatnya ikan molly yang positif hamil memiliki perut yang lebih besar.

Namun ada juga ikan molly yang bisa dilihat dari segi bintik hitam berada di perutnya untuk memastikan kehamil.

Yang perlu diketahui meilhat kehamilan dari segi bentuk perut mempunyai bintik hitam di perut ikan, memang tidak semua ikan molly dapat dilihat.

Hanya beberapa ikan molly yang bisa dilihat warna bintik hitam yang mempertandakan bahwa ikan molly sudah hamil.

Untuk mengetahui kebenarannya, anda bisa melihat dari segi bentuk perut yang besar.

Bacajuga : Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

6. Penyiapan Tempat Anakan Ikan Molly

Penyiapan tempat anakan ikan molly yang sudah melahirkan bisa dipisah degan indukanya. Karena bisa saja ikan tersebut dimakan oleh induknya sendiri atau pejantannya.

Sehingga agar ikan tidak terancam dan mati di makan ikan molly dewasa lakukan pemisahan dengan menggunakan aquarium baru atau bisa juga menggunakan ember plastik sebagai tempat pemisahanya

Ikan molly juga tergolong ikan yang mau memakan anakannya sendiri. jadi sifat ikan ini memang sama dengan ikan pelaty dan ikan guppy.

Jika ikan sudah diamankan di tempat yang berbeda dan tidak bercampur dengan ikan dewasa. lakukan perawatan anak ikan dengan memperhatikan pakan dan air pada aquarium/ember sudah kotor lakukan penggantian agar anak ikan cepat tumbuh besar.

Bacajuga : Cara Budidaya ikan Platy Dengan Mudah

7. Pemberian Pakan Ikan Molly Yang Baik

Pakan yang baik untuk ikan molly dewasa yaitu anda bisa memberikan pakan cacing pipih yang bisa didapatkan dipasaran, biasanya banyak yang menjual cacing jenis ini.

Pakan cacing pipih dipercaya dab sering digunakan oleh master pembudidaya untuk meningkatkan kesehatan ikan dan perkembangan ikan molly.

apalagi pemberian cacing pipih ke ikan yang sedang hamil sangat dianjurkan karena dapat membantu ikan saat melahirkan dan tetap sehat setelah ikan melahirkan.

Kandungan nutrisi untuk pertumbuhan ikan molly, cacing pipih adalah salah satu pakan yang tepat. Apabila cacing pipih susah anda dapatkan atau tidak ada yang menjual disekitar rumah anda bisa menggantinya dengan pakan pur.

Penggunaan pakan pur juga baik, namun gunakan pur yang halus agar ikan molly mudah mencernanya. berikan pakan sebanyak 2 x dalam sehari.

Untuk pemberian pakan pada anakan ikan molly yang baru melahirkan bisa menggunakan pakan kutu air. Untuk mendapatkan kutu air bisa mencari sendiri di area got atau comberan.

Namun jika anda jijik untuk mecarinya sendiri bisa mencarinya di toko ikan hias terdekat rumah anda. Agar anak ikan molly cepat tumbuh dewasa. anda juga bisa melkukan penambahan vitamin.

Bacajuga :Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember

8. Jaga Kebersihan Aquarium Ikan Molly

Apabila air didalam Aquarium kotor sebaiknya anda lakukan pergantian air secepatnya. Karena ikan molly akan sudah berkembang jika air tidak bersih.

Jangan memberikan pakan secara berlebihan, karena dapat mengotori air di aquarium. Berikan pakan secukupnya saja agar air tidak mudah kotor.

Sangat berpengaruh sekali jika air didalam aquarium pembudidayaan kotor, ikan molly akan mati karena terdapat kuman yang akan membunuh ikan molly.

Pergantian air bisa anda lakukan dengan jangka waktu 2 minggu sekali agar tetap menjaga kebersihan aquarium.

Ikan akan cepat berkembang jika air didalam aquarium terjaga kebersihannya, sehingga ikan tersebut tidak mengalami masalah atau terkena penyakit yang dapat membuat ikan mati.

Gunakan oksigen pada aquarium pembudidayaan. Agar tidak mudah keruh dan kotor sehingga dapat mengontrol kebersihan air.

Demikianlah pembahasan bagaimana cara yang tepat agar sukses membudidayakan ikan hias jenis molly ini.

Perlu pengetahuan dan cara perawatan yang efektif untuk menjalankannya. banyak orang yang mengabaikan hal ini padahal sangat dibutuhkan metode dan cara yang tepat untuk memulainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *