Cara Budidaya Ikan Koi Di Kolam Terpal

Diposting pada 18 views
Cara budidaya ikan koi di kolam terpal

Cara Budidaya Ikan Koi Di Kolam Terpal- Walaupun ikan jenis ini biasanya dipelihara pada kolam semen.

Namun cara yang akan saya bahas kali ini bagaimana cara budidaya ikan koi dengan menggunkan kolam terpal

Nah buat anda yang belum mengatahui bagaimana cara budidaya ikan koi dalam kolam terpal simak penjelasan kali ini hingga selesai.

Budidaya ikan koi kini menjadi salah satu prospek terbaik untuk mendatang kauntungan yang lumayan.

Cara pembudidayaan ikan koi sebenarnya tidak lah susah. Tetapi untuk pemula wajib mengetahui bagaimana cara melakukannya.

Mungkin anda kaget apakah ikan koi benar-benar bisa di budidayakan dalam kolam terpal.

Karena pada umumnya para pencinta ikan banyak yang menggunakan kolam semen dan memiliki air yang jernih sebagai tempat pembudidayaan.

Jika kita menggunakan kolam semen tentu biaya yang di keluarkan tidak lah sedikit. Namun tenang saja ada kok jalan pintas untuk memperkecil modal.

Dengan menggunakan kolam terpal biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam pun tidak begitu banyak.

Apabila anda berminat untuk membudidayakan ikan koi bisa dengan menggunakan kolam terpal sebagai jalan pintasnya.

Simak pembahasan bagaimana cara memulai berbudidaya ikan koi dengan kolam terpal berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Koi Kolam Terpal Untuk Pemula

Sebenarnya cara pembudidayaan menggunakan kolam terpal banyak dilakukan oleh peternak ikan yang tidak memiliki lahan yang luas.

Apabila anda mempunyai lahan yang luas bisa saja membuat kolam secara permanen, Kolam permanen sebenarnya sangat bagus untuk berbudiaya ikan koi. tetapi mungkin faktor lahan dan modal yang membuat keberatan.

Sehingga dengan kolam terpal bisa menjadi solusi agar tetap bisa membudidayakan ikan koi. Tetapi jangan salah hasilnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Untuk perawatan dilakukan sebanarnya tidak jauh berbeda. Tetapi yang membedakan adalah tempat pembudidayaan saja.

Ikan koi sebenarnya adalah salah satu jenis ikan mas dengan warna yang beragam, warna tersebut yang membedakan dengan ikan mas bila dilihat secara fisik.

Dengan warna yang cantik itulah banyak orang yang mencari ikan ini untuk dijadikan ikan peliharaan, sehingga permintaan pasar untuk ikan jenis koi meningkat tinggi.

1. Cara Menyiapkan Kolam Ikan Koi

Langkah pertama dengan menyiapkan terpal yang akan dijadikan kolam nantinya. anda bisa membelinya dipasaran banyak yang menyediakan.

Pembuatan kolam bisa disesuiakan dengan keadaan lahan yang akan dijadikan kolam pembudidayaan.

Dan juga tentukan ikan yang akan dimasukan kedalam kolam terebut. agar nanti tidak saling berhimpitan atau membuat ikan koi akan stres dan mati

akibat penempatan ikan yang terlalu banyak di satu kolam melebihi kapasitas kolam tersebut.

Selain itu buatlah kolam pada tempat yang aman dan memiliki suhu yang baik. pada tempat tidak mengalami perubahan suhu secara extrim dapat berdampak buruk terhadap ikan koi yang anda budidayakan.

Contoh tempat yang aman untuk dijadikan kolam adalah tidak ada perdator yang dapat memakan ikan koi dan aman dari tangan pencuri.

Apabila pembuatan kolam pada tempat yang berpotensi dekat dengan predator, ikan koi akan terancam dan dapat di mangsa.

Contoh pembuatan kolam ikan koi, jika anda mempunyai luas lahan yang akan di jadikan kolam dengan ukuran 20 x 10 meter persegi.

Jadi pada ukuran lahan tersebut bisa anda buat kolam sebanyak 2 hingga 3 kolam dengan ukuran kolam 3 x 2 x 1 m .

Setelah sudah menemukan ukuran anda bisa menyiapkan bahan yang dibutuh untuk membuat rangka kolam.

Pembuatan rangka kolam dapat dibuat dengan bambu yang sudah dibelah atau juga bisa menggunakan kayu. buatlah rangka sekokoh mungkin agar tidak jebol saat di isi air.

Setelah rangka sudah anda buat dan sudah dipastikan kuat dan tidak ambruk maka lakukan pemasangan terpal ke rangkaian yang sudah di buat tadi.

Namun jika anda tidak bisa membuatnya sendiri jangan dipaksa karena rangkaian tidak kokoh. anda bisa menyuruh salah satu tukang terdekat rumah anda untuk membuatkan rangkaian kolam.

Setelah pembuatan kolam selesai, lakukan pengisian air terlebih dahulu terhadap kolam baru, dengan ketinggian air 0,5 meter. Jangan langsung mengisi air kolam secara penuh. Lalu diamkan selama satu hari. setelah itu isi air dengan penuh.

Jangan lupa memasang Filter pada kolam tersebut agar dapat menyaring kotoran ikan, air pada kolam tersebut tetap bersih dan mengalir.

Ikan mas koi sangat menyukai air yang mengalir. sehingga ikan akan gerak dan nafsu makan ikan semakin tinggi.

2. Menyiapkan Induk Ikan Koi

Jika anda sudah memiliki indukan ikan koi langkah selanjutnya adalah dengan mengawinkan ikan koi. Namun apabila belum memiliki indukan bisa membelinya di penyedia indukan ikan koi terpercaya.

Dengan memilih indukan yang berkualitas, hasil peranakan indukan pun akan baik dan memiliki postur pertumbuhan seperti induknya.

Yah kita tahu sendiri harga indukan ikan koi memang tidak lah murah. Tetapi jika hasil dari indukan yang berkualitas maka hasil budidaya pun akan lebih baik lagi.

Indukan yang tidak memiliki kualitas baik, memang tergolong murah, namun hasil anakan ikan yang dilahirkan juga tidak baik.

Sehingga saya sarankan untuk menggunakan indukan yang memiliki kualitas terbaik, walaupun mahal tetapi anakan yang dilahirkan jauh lebih baik.

Setelah indukan sudah siap dikawinkan, buatlah tempat kolam pemijahan dengan menambahkan media ijuk, serabut kelapa, atau tanaman air.

Penambahan media diatas adalah untuk ikan koi menempelkan telur dikolam pemijahan. Setelah ikan koi sudah bertelur di kakaban( media untuk bertelur ). Pindahkan kakaban ke kolam pembesaran.

Setelah telur ikan koi menetas proses ini memang harus dilakukan dengan teliti untuk mengurangi tingkat kematian pada anakan koi.

Dari segi perawatan harus dilakukan semaksimal mungkin. Tetaplah menjaga suhu air kolam agar tidak mengalami perubahan secara tiba-tiba.

Pada kolam pembesaran juga memerlukan tanaman air untuk anak ikan berlindung agar pada saat panas matahari trik, ikan tidak tersiksa dan mati.

Apabila anda mengalami masalah saat anakan ikan sudah anda rawat dengan benar, akan tetapi tetap mengalami masalah.

Upayakan anda mencari tahu pada ahlinya untuk memecahkan masalah tersebut. Jika anda masih bingung dengan penjelasan para ahli perternak ikan koi coba anda cari tahu di internet.

anda salah satu penghobi ikan hias dan sudah cukup lama menekuninya, saya rasa untuk membudidayakan ikan hias jenis koi sangat mudah dan dengan cepat anda mengatasi masalah yang terjadi.

Namun jika anda belum pernah sama sekali merawat ikan hias, alangkah lebih baiknya mencari informasi cara merawat ikan hias dan memperdalam pengetahuan untuk membudidayakan ikan koi.

Kelebihan Dan Kekurangan Kolam Terpal

Cara-budidaya-ikan-koi-di-kolam-terpal

Budidaya ikan koi dengan kolam terpal memang sangat terbilang mudah dan modal awal yang tidak besar.

Sehingga Menjadi salah satu cara memperkecil pengeluaran modal pembuatan kolam pembudidayaan.

Nah membudidayakan dengan kolam terpal juga ada kelebihan dan ada juga kekurangannya loh.

Setiap teknik atau cara pasti ada kekurang sudah menjadi hal yang wajar, Tetapi tetap saya bahas dalam pembahasan kali ini agar anda mengetahuinya dan lebih memahami dimana kekurangan dan kelebihan kolam terpal.

Kelebihan Kolam Terpal

1. Kondisi Air Lebih Stabil

Kelebihan menggunakan kolam terpal sebagai kolam pembudidayaan tentu kebersihan kolam lebih terjaga dan mudah dibersihkan.

menjaga suhu kolam pun sangat mudah jika menggunakan kolam terpal. apabila pada kolam tersebut memiliki sinar matahari trik dan ikan tidak nyaman anda bisa memindahkan katempat yang lebih sejuk.

Sehingga penentuan volume pada kolam terpal jauh lebih terkontrol dan mudah melakukan perawatan pada ikan mas koi tetap.

Kolam terpal memiliki sifat yang tidak permanen, sehingga lebih mudah untuk menggeser bila kolam terlalu panas terpancar sinar matahari.

Banyak sekali para pembudidaya ikan hias yang memilih membudidayakan ikan hias menggunakan kolam terpal.

2. Perawatan Kolam Praktis Dan Cepat

Walaupun kolam pembudidayaan menggunakan kolam terpal, tentu saja harus merawat dengan cara menguras air dan mengeringkan kolam.

Kolam dikeringkan agar dasar kolam bersih dan tidak kotor, sehingga kolam tidak tercemar oleh penyakit dan bakteri yang dapat menyerang ikan koi.

Dengan menggunakan kolam terpal tentu akan lebih mudah dan cepat, hanya memakan waktu 1 hari saja sudah cukup.

Namun jika menggunakan kolam semen atau tanah bisa memakan waktu berhari-hari untuk menguras dan mengeringkan kolam.

Sehingga perawatan jauh lebih mudah menggunakan kolam terpal dan ikan dapat terkontrol kesehatanya.

Kekurangan Kolam Terpal

Jika menggunakan kolam terpal tentu harus membelinya lagi, apabila pada bagian terpal yang sudah mulai rusak. Dengan begitu kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Berbeda dengan kolam permanen kita hanya membutuhkan satu kali saja untuk mengeluarkan modal pembuatanya.

Kolam terpal juga mudah mengalami kebocoran dan jika sudah bocor perlu mengganti atau menambal pada bagian terpal yang bocor.

Apabila terpal masih bagus dan belum rusak, namun mengalami kebocoran anda bisa menambal saja dan tidak perlu membelinya.

Selain itu juga hewan predator rawan menyerang. banyak terjadi hewan memasuki kolam seperti tikus,kucing.

Apabila anda berada di daerah perkotaan tentu hewan predator ini sering berkeliaran di sekeliling kita.

Sehingga anda memerlukan penutup pada bagian atas kolam menggunakan kawat jaring agar kucing dan tikus tidak masuk kedalam kolam pembudidayaan.

Demikian lah bagaimana cara membudiayakan ikan koi menggunakan kolam terpal. semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Bacajuga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *