Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember

Diposting pada
cara budidaya ikan guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy -merupakan ikan yang berasal dari amerika. ikan ini sangat mudah untuk di budidayakan tidak perlu peralatan yang mahal.

Ikan guppy yang jantan memiliki bentuk sirip ekor yang sangat cantik sekali. sehingga banyak penghoby yang menjadikan koleksi.

Apalagi mengingat bahwa ikan guppy mudah dalam perawatanya jarang terkena penyakit stress sehingga banyak sekali peminat yang ingin membudidayakan.

Sirip yang cantik dan indah itu, hanya dimiliki oleh ikan guppy yang jantan saja. Jika betina berbeda hanya memilki sirip yang biasa saja.

Keunggulan dari ikan guppy cepat berkembang biak dan tidak perlu membuatkan tempat khusus. Karena pada habitat aslinya ikan guppy tahan segala cuaca dan tidak mudah stress seperti ikan lainya.

Nah mungkin sebagian dari anda belum mengetahui bahwa ikan guppy bukanlah ikan yang berasal dari indonesia.

Sejarah ikan ini sebenarnya dari Amerika Selatan dan masuk ke Indonesia pada tahun 1920. Yang dibawa dari negara aslinya kemudia di lepaskan di perairan di Indonesia.

Pada habitat aslinya di amerika sana ikan guppy adalah ikan air tawar yang dapat bertahan di air payau juga. ikan guppy biasanya berada di tempat yang airnya tenang.

simak pembahasan kali ini bagaimana cara budidaya denga wadah ember :

Wadah Peternakan Ikan Guppy

Sebelum melakukan budidaya sebaikny anda bisa melakukan persiapan wadah terlebih dahulu. ketika indukan yang akan anda budidayakan sudah anda beli dari peternakan sudah siap di masukan kedalam tempat tersebut.

Berikut ini alat yang perlu dipersiapkan untuk budidaya ikan guppy. Siapkan wadah/kotak, aerator dan tanaman air. Untuk persiapan tangki ikan guppy anda bisa menggunakan akuarium, tangki semen dan ember plastik pun sudah cukup.

Ada beberapa lokasi dan fungsi tempat yang anda buat untuk budidaya ikan guppy yang wajib anda ketahui.

Dengan membuat tempat pemisahan dan penetasan, tempat pemijahan, tempat penetasan dan pembibitan namun dalam satu tempat yang di bentuk terpisah.

Untuk menentukan ukuran tangki bisa di sesuaikan dari seberapa banyak ikan yang anda miliki. Jika ikan hanya sedikit saja yang anda budidayakan tidak perlu menggunakan tangki yang besar bisa gunakan yang kecil saja sudah cukup bagus.

Cara Memilih Indukan Ikan Guppy Yang Bagus

Perbedaan ikan guppy betina dan jantan adalah betina tidak memiliki sirip dan warna yang kusam dan membosankan, Namun perbrdaan jantan memiliki sirip yang indah dengan warna yang bervariasi atau pun satu warna sirip tersebut hampir mirip dengan ikan cupang.

Tubuh ikan guppy betina memiliki bentuk yang bulat dan lebih besar dari tubuh ikan guppy jantan.

Sedangakan ciri tubuh ikan guppy jantan kurus kecil namun memiliki sirip yang indah dan lebar.

Indukan yang siap di pijah adalah indukan yang berumur 4 bln. yang menetuka warna ikan guppy adalah faktor genetis. untuk mendapatkan warna keturanan ikan bisa anda silang saat proses pemijahan agar mendapatkan katurunan yang memiliki warna yang cantik.

Cara pemisahan Indukan Ikan Guppy

sebelum anda memijahkan ikan guppy silahkan anda pisahkan terlebih dahulu ikan guppy betina dan ikan guppy jantan di wadah yang terpisah. pada wadah tersebut isi dengan air bersih yang tidak tercemar.

Ganti air selama 3 hari sekali, jangan membuang semua air didalam wadah tersebut cukup setengah saja lalu anda tambahkan air yang baru.

Dalam proses pemisahan ini anda tetap memberi pakan setiap hari pada ikan guppy yang anda gunakan pakan yang baik seperti Dhapania atau moina berikan sebanyak 2 kali sehari. Pemberian pakan agar memberikan ikan tidak stress saat akan di pijahkan.

Proses pemisahan adalah agar ikan cepat berkembang biak saat dipijahkan dalam satu wadah yang sama.

Cara pemijahan ikan Guppy

  • Siapkan tempat pemijahan dengan mengisi dengan air bersih pada wadah tersebut, lalu biarkan air selama 24 jam sebelum anda memasukan ikan yang akan di pijahkan.
  • Wadah yang anda isi air kedalamannya tidak boleh lebih 25 cm dengan kapasitas ikan per wadah 30 ekor/100 liter air.
  • Gunakan ukuran akuarium yang berukuran luas 1,0 x 0,5 meter, ukuran tersebut dapat menampung skitar 30 ekor ikan guppy siap pijah.
  • Dapat anda tambahkan tanaman air yang berfungsi sebagai tempat bercumbunya ikan guppy. bisa anda cari di toko terdekat anda.
  • Pemijahan secara masal sangat di anjurkan dari pada satu persatu, jika secara masal akan lebih cepat ikan berkembang biak satu sama lain dan lebih praktis.
  • Aturan pemasukan pemijahan ikan betina dan jantan yaitu 1:5, namun jika anda masih ragu bisa gunakan penambahan komposisi 1:2 agar anda yakin dapat terbuahi semua.

Cara memasukan ikan yang siap di pijahkan :

  • Masukan terlebih dahulu ikan yang betina pada pagi hari, lalu anda masukan yang janta pada sore hari.
  • Biarkan ikan yang anda pijah selama 4-7 hari selama pemijahan tidak mungkin akan sama pembuahan jantan kepada betina makanya biarkan sampai jangka diatas.

Cara Penetasan Benih Ikan Guppy

Siapkan wadah penetasan lalu isi wadah tersebut dengan air yang bersih dan tidak terkena pencemaraan yang dapat membunuh benih ikan.

Selanjutanya berikan aerasi secukupnya jangan terlalu kuat agar tidak mengganggu larva ikan. Jangan lupa menjaga kebersihan air dengan mengganti selama 3 hari sekali. dalam proses pembenihan induk tetap di berikan pakan 2 kali sehari.

Ikan guppy adalah salah satu ikan yang melahirkan. emberio yang tumbuh di dalam perut dan siap melahirkan.

Masa kehamilan bisa anda hitung dari saat pemijahan dilakukan, induk akan beranak pada usia kehamilan selama 3-4 minggu.

Cara mengatahui bahwa ikan guppy hamil akan terlihat saat 2 minggu setelah masa pemijahan. bagian anus ikan guppy akan terlihat gelap dan perut sedikit membuncit.

Dalam satu Kali pembuahan ikan guppy dapat hamil 1-3 kali, krena ikan ini dapat menampung seperma didalam perut.

Jarak kehamilan dari hamil yang pertama untuk dapat hamil kembali pada jangka waktu 1-5 minggu dari pasca beranak pertama.

Jika induk yang anda gunakan bagus maka akan melahirkan 30 sampai 100 ekor anak ikan. Setelah melahirkan alangkah lebih baik memisahkan anak dan indukan.

Karena terkadang ikan guppy indukan dapat memangsa anakannya sendiri. apalagi jika di campurkan dengan pejantan lebih ganas lagi anakan bisa habis di makan.

Persiapan Kolam Pendederan

Persiapan kolam pendederan dapat anda lakukan terlebih dahulu sebelum indukan ikan guppy melahirkan. Tujuanya dari pembuatan kolam pendederan adalah memisahkan anakan dengan indukan ikan guppy.

Untuk pembuatan kolam pendederan sendiri dapat anda lakukan di kolam terbuka agar mendapatkan sinar matahari langsung.

Ketika kolam di ruangan terbuka bertujauan menjaga kesehatan anakan ikan guppy, dari segala penyakit yang dapat menyerangnya.

Jangan lupa di dalam kolam harus anda isi dengan air bersih dengan mengganti tiga hari sekali. Nah didalam kolam tersebut harus dikasih tanaman air seperti eceng gondok, apu-apu, dan sejenistanaman air untuk berteduhnya anakan ikan guppy agar tidak mati kepanasan.

Alasan kenapa harus di tempat terbuka dan mendapatkan sinar matahari langsung, untuk menghindari penyakit yang menyerang dan juga dapat memberikan warna yang cemerlang pada tubuh anakan ikan guppy.

Ukuran Kolam Anakan Ikan Guppy

  • Anda bisa mengunakan bak semen dengan ukuran 1 x 1 x 0,5 meter
  • Atau bisa dengan ukuran bak semen 2 x 2 x 0,5 meter

Untuk ukuran diatas dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan seberapa banyak anakan ikan yang anda punyai.

Ukuran Tinggi Air Kolam Pendederan

Untuk tinggi air kolam jangan lupa bikin pembuangan air agar saat hujan tidak banjir, tinggi air yang anda masukan kedalam bak sekitar 40 cm dan dalam jangka waktu 2-3 hari untuk mengganti air yang baru.

Pakan Anakan Ikan Guppy

Proses pemberian pakan sendiri harus dilakukan dengan baik dengan memilih pakan yang dapat mengacu percepatan pertumbuhan anakan ikan yang baru umur 5 hari, gunakan pakan seperti infusoria , kutu air, dan artemia.

Pada usia anak ikan usia 20 hari, anda bisa memilah antara jantan dan betina. Biasanya ikan guppy yang jantan yang paling laku dipasaran dijadikan ikan hias yang akan terlihat cantik saat di akuarium.

Bacajuga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Kolam Terpal

Cara mengobati Penyakit Pada Ikan Guppy

Dalam pembudidayaan ika guppy bisa di bilang mudah jika kita sudah mengetahui cara pembudayaanya dan cara mengatasi permasalah pada ikan guppy.

Waspadai Penyakit yang dapat menyerang ikan guppy, Karena ikan guppy dapat mati dan hasil pembudidayaan ikan guppy .

Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang ikan guppy dan bagaimana cara mengatasinya?

Tenang saja akan saya jelaskan bagaimana cara mengatasi penyakit ini saat menyerang ikan guppy yang sudah terbukti dilakukan beberapa peternak yang sudah sukses membudidayakan ikan ini.

Kenali Jenis Penyakit Yang Menyerang Ikan Guppy

  • Bercak – bercak putih yang dapat menyerang pada bagian kulit ikan Guppy.
  • Penyakit bengkak, jika ikan guppy terserang penyakit ini badanya akan membengkak dan gelisah.
  • Jamur Mulut dapat menyerang di bagian mulut dengan ciri bercak putih di bagian mulut ikan guppy.
  • Penyakit Insang, jika terkena penyakit ini cirinya insang akan membuaka dan akan mengapung diatas ikan tidak mau makan.
  • Penyakit Kembung Ikan yang terkena penyakit ini ikan akan sudah berenag kedasar kolam dan perut mengembung.

Cara mengobati penyakit diatas seperti berikut :

  • Bercak putih cara mengobatinya adalah ikan yang sakit anda masukan kedalam tempat yang sudah anda siapkan dan diisi dengan air satu galon lalu anda berikan 2 tetes alkhol metapen dan masukan garam dapur sedikit saja, lalu diamkan beberapa saat ikan yang anda masukan lalu diangkat kembali.
  • Penyakit bengkak cara mengobatinya adalah silahkan anda isolasi ikan dengan mengisi dengan satu galon air dan mncampurkan air tersebut dengan garam inggris, masukan ikan beberapa saat saja lalu diangkat.
  • Jamur Mulut cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan auromycin 25 mg, dengan memasukan kedalam air 1 galon, lalu tambahkan 1 tetes obat merah dan 2 tetes metopen. Masuka ikan beberapa saat saja jangan terlalu lama.
  • Penyakit insang dan kembung cara mengobatinya adalah siap kan 1 sendok teh garam inggris degan takaran 1/2 liter air, dan diamkan selama 3 samapi 4 jam. karena jika penyakit ini menyerang banyak yang tidak dapat bertahan hidup jika ikan terkena penyakit ini sebaiknya anda pisahkan saja.

Demikian pembahasan bagaimana cara mengatasi dan cara berbudidayaa ikan guppy agar mendapatkan hasil penjualan ikan yang menguntungkan, semoga dapat membantu kalian yang ingin menjalakan budidaya ikan guppy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *