Cara Budidaya Cacing Sutra Untuk Pemula

Diposting pada 30 views
cara budidaya cacing sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra untuk pemula- Merupakan salah satu cacing yang sangat dibutuhkan oleh peternak ikan.

Usaha budidaya cacing sutra jika saya amati memang sekarang ini sangat mejanjikan untuk mendatang pundi-pundi rupiah.

Cacing sutra merupakan salah satu pakan untuk pembenihan ikan dan sangat di gemari oleh semua peternak ikan untuk pakan yang efektif.

Banyak sekali pembudidaya ikan sehingga pekan jenis cacing sutra banyak dicari untuk membesarkan bibit ikan dan menghasilakan bibit berkualitas.

Budidaya cacing sutra pun sangat mudah dan simple dalam perawatanya sehingga cepat mengahasilkan pundi uang denga cepat.

Makanya dijaman sekarang ini banyak yang ingin mempelajari bagaimana cara membudidayakan cacing ini.

Walaupun mudah dibudidayakan tetapi ada beberapa tahap perawatan yang harus di pelajari agar tidak salah melakukan penerapannya.

Apalagi masih pemula dalam usaha budidaya cacing sutra tentu harus masih banyak belajar dan memperluas pengetahuan

Mangapa harus begitu? dengan mengetahui segala teori dan kesulitan dalam pembudidayaannya akan membuat Anda mengetahui bagaimana memaksimalkan hasil yang di dapat nantinya.

Sedikit mengulas kembali tentang pengelompokan cacing sutra. cacing sutra memiliki postur tubuh yang kecil dan pendek.

Dalam ilmu sain cacing sutra adalah salah satu jenis kelompok yang termasuk Tubifex Sp. Jadi cacing sutra memiliki postur yang pendek dan kecil dengan hidup berkelompok.

Salah satu contoh saat cacing di tempatkan pada suatu wadah akan berkumpul dan menyerupai koloni atau gumpalan yang berwarna merah dan melambai-lambai.

Cacing sutra memiliki ukraran yang lebih pendek tidak seperti cacing tanah seperti biasanya. Ukuran cacing sutra pun hanya mencapai 1 sampai 2 cm saja.

Mungkin buat petani yang mempunyai rawa sering menemukan atau melihat di lumpur sawah. Karena pada dasarnya cacing ini hidup di lumpur dan dasar perairan.

Seperti saya terangkan diatas mengapa cacing ini sering dicari, memiliki manfaat yang besar sekali untuk dijadikan pakan oleh para peternak bibit ikan.

Selain itu juga jika dijadikan usaha sampingan sangat memudahkan anda untuk menghasilkan unag tambahan dan mudah dilakukan dirumah sendiri dengan modal yang minim sekali, Berikut penjelasanya.

Manfaat Cacing Sutra

Sebelum memasuki tahap awal tentang bagaimana cara membudidayakan cacing sutra anda wajib mengatahui dahulu apa saja manfaat cacing sutra.

Jika kita tidak mengetahui manfaatnya kan terbilang aneh dan mungkin banyak yang bingung untuk memasarkanya. apa lagi anda masih baru dalam usaha jenis ini pasti akan bingung menjualnya.

Berikut manfaat cacing sutra dijual dipasaran :

  • Manfaat cacing sutra sebagai pakan ternak yang baik untuk pertumbuhan hewan dengan gizi yang tinggi
  • dijadikan pakan ikan air tawar untuk menunjang pertumbuhan ikan memiliki daging yang berkualitas
  • Untuk pakan buidaya belut benih
  • Untuk pakan ternak lele memiliki daging yang super
  • Pakan Lobster air tawar
  • Pakan Hewan Unggas
  • Pakan hewan peliharaan

Pakan cacing sutra paling banyak di gunakan oleh pembudidaya benih ikan untuk mempercepat pertumbuhanya. Harga cacing sutra pun terbilang sangat mahal dibanding dengan pakan jenis pelet.

Jika ingin menekuni usaha ini, sangat tepat sekali pembudidayaan mudah dilakukan dan tidak perlu pusing untuk memasarkan cacing yang sudah anda budidayakan.

Apabila konsumen mengetahui anda membudidayakan cacing sutra tanpa anda menawarkan maka akan berdatangan dengan sendiri ke tempat pembudidayaan anda dirumah.

Keuntungan yang didapatkan pun bisa berkali lipat dari modal yang anda keluarkan . sehingga usaha budidaya cacing sutra sangat berpontensi memberikan hasil yang belipat ganda.

Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Baik Dan Benar

Media-budidaya-cacing-sutra

Dengan menekuni usaha dan dilakukan dengan serius maka hasil yang didapatkan akan lebih baik.

Untuk memulai budidaya cacing sutra anda juga harus mengetahui bagaimana langkah pengaplikasian yang benar agar dapat dilakukan tanpa Ada kendala sedikit pun.

Teori dan langkah sangat berperan untuk menunjang kesuksesan dalam menjalankan budidaya apapun, sehingga sebelum memulainya lakukan riset pengetahuan terlebih dahulu agar tidak melakukan kesalahan yang bersifat merugikan.

Mengapa saya selalu menyampaikan seperti ini? Jika budidaya dilakukan dengan cara asal-asalan dapat mengakibatkan budidaya yang sudah anda bangun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Maka lakukan dengan benar dengan mencari pengetahuan tentang pembahasan budidaya yang akan anda lakukan. bisa juga mempelajarinya dengan yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

Namun tenang saja dalam pembahasan kali dapat anda pelajari teknik dasar untuk memulai budiaya cacing sutra dengan mudah di pahami. Simak penjelasanya seperti berikut :

1. Bibit Cacing Sutra

Nah untuk urusan mendapatkan bibit sendiri anda tidak usah bingung bisa didapatkan dengan mudah. Biasanya di tempat toko ikan hias dan pakan ternak hewan banyak yang menjual pakan ikan jenis cacing sutra ini.

Namun jika berada di wilayah yang mendukung berada di dekat persawahan dan rawa bisa mencarinya sendiri di bagian lumpur yang berada di sawah. Jika anda tidak mau ribet mencarinya bisa membelinya di tempat toko yang sudah saya sebutkan diatas.

Namun anda juga harus memilih bibit yang berkulitas agar cacing tidak mati saat anda budidayakan. atau anda bisa membelinya saja agar terjamin kualitas bibit yang sudah anda pilih.

Ciri-ciri cacing sutra berkualitas :

  • Pilihlah bibit yang memiliki gumpalan merah dan bergerak aktif, gerakan bibit cacing yang baik akan lebih cepat menandakan cacing tersebut sehat dan tidak ada masalah.
  • Nah langkah selanjutnya pisahkan terlebih dahulu gumpalan cacing tersebut dan pindahkan dalam wadah secara terpisah. jangan lupa memberi air bersih dalam wadah tersebut.
  • Mamisahkan gumpalan cacing dengan tujuan untuk lebih memastikan cacing sutra tidak ada bakteri berbahaya dan logam yang terkandung dalam kelompok gumpalan cacing tersebut.
  • Setelah sudah di pisahkan dalam wadah, lakukan proses karantina didalam wadah tersebut selama 2-3 hari dan memberi aliran air bersih didalam wadah tersebut dengan volume yang kecil. Jangan memberikan aliran dengan volume yang besar dapat berakibat cacing akan mati.
  • Usahakan pada air yang akan dialirkan memiliki tingkat oksigen yang cukup untuk masa karantina cacing sutra.
  • atau anda kurang yakin kadar oksigen pada air tersebut tidak mencukupi bisa menambahkan alat aerator.

2. Media Budidaya Cacing Sutra

Media budidaya cacing sutra

Setelah anda sudah mendapatkan bibit cacing yang berkuliatas. sambil menunggu masa karantina bibit selesai, langkah selanjutnya anda menyiapkan tempat pembudidayaan. penyiapan media ada dua macam yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan media lumpur dan air biasa.

Apabila anda memilih menggunakan media lumpur anda bisa mencarinya sendiri. Namun penggunaan media lumpur tidak bisa di pilih sembarangan.

Harus memilah lumpur yang berkualitas dan tidak ada kandungan logam didalam lumpur tersebut. Cari lah lumpur yang berada disawah cukup aman untuk dijadikan media pembudidayan cacing sutra.

Walupun menggunakan media lumpur anda juga harus mengaliri air didalam media lumpur tersebut agar cacing tetap berkembang dan tidak memiliki masalah sedikitpun.

Namun jika anda memilih menggunakan media air ikuti langkah-langkah berikut untuk menyiapkannya :

  • Cara berikut ini adalah menggunakan media air dan tidak perlu anda mencari lumpur.
  • Dengan menggunakan media air anda bisa lebih menghemat pengeluaran, hanya saja anda mempersiapkan nampan untuk wadah medianya.
  • Jangan lupa siapkan air bersih, media ini sangat berperan penting untuk menjaga perkembangan pembudidayaan cacing harus disiapkan dengan benar dan jangan menggunakan air yang tercemar.
  • Air yang terdapat pada wadah nampan yang sudah anda siapkan usahakan memiliki air yang mengalir dengan volume yang kecil.
  • Untuk media nampan anda bisa memilih nampan plastik yang disusun serapi mungkin dan susunan berbentuk rak.
  • Cara mengaliri air didalam nampan, anda cukup meletakan saluran air pada nampan paling atas. atau anda mempunyai cara tersendiri yang terpenting ada aliran air yang mengalir dalam wadah pembudidayaan.

3. Pemindahan Bibit cacing sutra

Jika anda sudah menyiapkan tempat media pembudidayaan langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit yang sudah selesai masa karantina.

Pemindahan bibit juga tidak dapat dilakukan sembarangan agar bibit yang anda pindah kedalam tempat pembudidayaan tidak mati dan bisa berkembang dengan baik hingga masa panen tiba.

Berikut cara pemindahan bibit cacing sutra yang benar yang dapat anda lakukan dirumah tanpa melakukan kesalahan pemindahan :

  • Lakukan pemindahan bibit cacing sutra dengan secara pelan dan berhati-hati agar bibit tidak mengalami stress.
  • Jangan melakukan pemindahan dengan tangan secara langsung, gunakan sendok atau jaring ikan yang berukuran kecil.
  • Yang perlu anda ketahui bahwa pemindahan dengan tangan dapat mengakibatkan kegagalan dalam pembudidayaan cacing sutra.
  • Lakukan pemindahan dengan cepat agar bibit cacing sutra tidak mati.

4. Perawatan Cacing Sutra

Perawatan adalah salah satu langkah paling penting agar hasil panen pun bisa membuahkan hasil yang baik. Lakukan dengan langkah dibawah ini agar cacing sutra yang anda panen memiliki kualitas baik untuk dijual dipasaran nantinya.

Dengan perawatan yang benar tentu cacing sutra akan menjadi lebih baik dan tidak mengalami kegagalan dalam pembudidayaannya.

  • Yang perlu diperhatikan setiap hari adalah melakukan pengontrolan debit air yang mengalir pada media pembudidayaan.
  • Dengan memberikan ukuran debit air yang mengalir yang tepat cacing dapat berkembang biak dengan baik. Ukuran yang tepat debit air pada media adalah sekitar 5 hingga 7 cm. tidak berlebihan dan tidak boleh kurang juga.
  • Apabila debit selalu normal otomatis okesigen pada tempat pembudidayaan akan selalu terjaga dengan baik dan usahakan air yang mengaliri tidak mengandung bahan kimia atau pun tercemar agar mendapatkan hasil budidaya cacing sutra memiliki kualitas gizi yang tinggi.

5. Makanan Cacing sutra

Selain kita harus memperhatikan perawatan, kita juga harus memberikan pakan terhadap cacing sutra. Sehingga cacing yang dibudidayakan dapat hidup dengan memberikan pakan yang bergizi.

Mungkin kebanyakan orang banyak yang berfikir bahwa cacing tidak membutuhkan pakan. Cacing juga membutuhkan pakan untuk mendapatkan Asupan gizi agar tetap hiudup dan berkembang.

Oleh karena itu pakan yang diberikan kepada cacing sutra yang anda budidayakan harus sesuai dan memiliki kualitas baik.

Jika anda masih bingung pakan apa yang baik untuk cacing sutra, tenang saja saya akan memberi penjelasanya dalam poin ini.

Jenis pakan yang nantinya akan diberikan kepada cacing harus menyiapkan bahan organik atau bahan berkomponen yang nantinya dapat difermentasikan. Berikut penjelasanya.

Makanan Cacing Sutra yang baik :

  • Makanan cacing sutra dapat anda berikan berupa bahan organik yang nantinya dapat di fermentasikan. Bahan tersebut harus memiliki tekstur yang lembek dan mudah hancur agar mudah dicerna oleh cacing sutra. Dengan begitu pakan yang diberikan dengan melalui fermentasi dapat mengandung nutrisi yang cukup untuk cacing sutra.
  • Selain berupa pakan organik, anda juga bisa memberikan pakan berupa ampas tahu. Pada kandungan ampas tahu banyak mengandung protein dan nutrisi yang baik, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan pakan jenis ini.
  • Yang dimaksut dengan pakan organik adalah berupa sampah sisa makanan dan sebelum diberikan anda bisa fermentasi terlebih dahulu.
  • Pakan organik yang sudah fermentasikan dapat diberikan pada cacing sutra saat sudah memasuki umur budidaya mencapai 10 hingga 12 hari. dihitung dari masa pemindahan cacing sutra ketempat pembudidayaan.
  • Jika ingin budidaya cacing sutra memiliki hasil yang melimpah anda bisa menambahkan kotoran ayam yang sudah di fermentasikan terlebih dahulu dan berikan pakan tambahan berupa sawi yang sudah di hancurkan atau difermentasikan terlebih dahulu.

Walaupun cacing memiliki mulut yang kecil tetap saja sangat membutuhkan pakan yang baik dan berkualitas jika pada kolam pembudidayaan. sehingga Saat akan dipanen dengan memperhatikan pakan diatas dapat memberikan hasil keuntungan yang maksimal.

6. Panen Cacing Sutra

Sebenarnya pemanenan cacing sutra sangat mudah akan tetapi perlu dilakukan dengan benar agar cacing tidak mudah mati saat dipasarankan.

Nah untuk pemanenan sendiri berbeda dengan budidaya jenis lain, akan tetapi pemanenan cacing sutra dapat dilakukan dengan memangkas bagian atasnya saja dan tidak mengambil semua cacing yang berada dalam tempat pembuidayaan.

Dengan mangambil sebagian cacing ditempat pembudayaan, yang nantinya cacing bagian bawah akan mulai berkembang lagi. sehingga bibit dapat terus menghasilkan populasi setelah dipanen tanpa membongkar semua cacing sutra yang di tempat pembudidayaan.

Jadi pada intinya pemanenan juga memerlukan perlakuan dan pengaplikasaian yang benar agar bibit sekali dimasukan dapat berkembang dan selalu mendapat hasil yang melimpah saat dipanen kembali.

Berikut ini cara pemanenan cacing sutra yang benar :

  • Cara memanen dapat dilakukan saat usia pembudidayaan cacing sutra sudah mencapai 70 hingga 75 hari. dihitung dari awal bibit dimasukan.
  • Alat yang perlu anda sediakan adalah kain berwarna gelap untuk menutupi tempat pembudidayaan yang anda gunakan.
  • Lalu setelah itu anda biarkan kain menutupi tempat pembudidayaan selama 5 hingga 6 jam dan lihat perubahan cacing pada wadah tersebut.
  • Setelah anda membuka anda bisa mengumpulkan cacing dengan menggunakan sendok atau jaring ikan berukuran kecil dan pindahkan pada tempat yang sudah siapkan untuk memanen.

Nah gimana mudahkan bagaimana cara membudiyakan cacing sutra dapat dilakukan dengan sederhana. Dengan mengetahui dan memahami pembelajaran diatas dengan benar dan beruntun insayaallah hasil panen akan sukses dan mendatangkan keuntungan yang berkalipat.

BacaJuga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *