Budidaya Jamur Merang Dengan Media Kardus

Diposting pada

Budidaya Jamur Merang- menggunakan kardus jika di fikir sangat unik, bila biasanya menggunakan gergaji atau tumpukan merang saja.

Jamur memang sangat mudah tumbuh sehingga mudah juga untuk di budidayakan.

Sampai kini pun jamur menjadi bahan masakan yang banyak di gemari disemua kalangan muda,dewasa,dan anak-anak.

Jika anda mempunyai kardus bekas yang tidak terpakai bisa anda jadikan untuk bahan/atau media pembuatan jamur merang.

Peluang budidaya jamur sangat baik dan sangat menjajikan apalagi bajan yang digunakan sangat mudah anda dapatkan.

Dapat memberi penghasilan tambahan bagi anda, dalam perawatanya juga mudah tidak sesulit jamur yang lain.

Keunggulan jamur merang dengan media tumbuh menggunakan bahan baku kardus, banyak dilirik oleh petani karena jamur yang dihasilkan jauh lebih putih bersih, kenyal, dan tidak apek.

Proses pemasaranya pun juga tidak susah masakan jamur masuk dalam nominasi masakan yang banyak di sukai masyarakat di indonesia.

Nah untuk anda yang ingin mebudidayakan jamur merang sangatlah tepat karena dapat menambah penghasilan anda perbulan.

Jamur merang memiliki masa panen yang cepat tumbuh dan memiliki masa penen yang sangat singkat sebagai pendongkrak pehasilan anda.

Sebenaranya jamur merang yang saya bahas ini tidak jauh beda dengan jamur merang biasanya. Tetapi yang membedakan adalah media bahan tambahan dalam penanamnya yaitu dengan tambahan kardus bekas.

Kardus Yang Digunakan Media Tambahan Jamur Merang

Dalam memilih kardus yang digunakan sebagai media tanam jamur mearang juga tidak sembarangan. Gunakan kardus yang tebal untuk penamabahan media tumbuh.

Anda bisa memilih kardus bekas pak rokok sebagai media bahan tumbuh jamur, karena bekas pak rokok memiliki kardus yang tebal sehingga mudah anda dapatkan juga di warung atau toko terdekat.

Atau bisa juga menggunakan kardus teh gelas, bungkus kaleng dan juga bekas mie instant.

Memang sangat unik jika kita bayangkan dengan media tambahan kardus bekas tetapi anda boleh mencoba jamur yang di hasilkan pun akan terasa lebih bagus di bandingkan jamur yang hanya mengunakan media merang saja.

BacaJuga : Cara Sukses Bertani singkong Yang Baik

Cara Membuat Budidaya Jamur Menggunakan Kardus Bekas

cara membuat jamur jerami

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara pembuatanya dengan benar jangn anda asal mebudidayakanya, jika anda mengalami masalah dalam pembuatanya juga akan mempengaruhi pertumbuhan jamur.

Makanya di pembahasan kali ini jangan sampai anda melewatkan tanpa mempelajari dengan benar bagaimana cara yang baik dalam pembuatan jamur merang dengan bahan tambahan kardus bekas ini.

Seseorang yang sudah membudidayakan jamur ini dan mendapatkan hasil Jamur yang banyak mereka sudah mempelajari bagaimana cara pembuatanya dengan benar.

Pembuatan media tanam adalah salah satu penentu penghasilan anda dalam membudidayakan jamur. Nah berikut ini Cara pembuatanya

Bahan Pembuatan Jamur Merang

  1. Jerami
  2. limbah ampas
  3. Kapur CaCO3
  4. pupuk Kandang

Alternatif Jerami

  1. Alang – alang
  2. Batang Jagung
  3. Eceng gondok
  4. Kelaras pisang
  5. jerami padi

Alternatif Ampas

  1. ampas tahu
  2. ampas sagu
  3. Hampas kapuk
  4. ampas tempe

Cara Membuat Lahan Pertumbuhan Jamur merang

  1. Buatlah kubung, yang bisa anda buat dengan mengunakan bambu/kayu, buatlah ukuran 4×5 meter persegi dan tingginya hanya 3,5, Meter.
  2. Pembuatan kubung bisa anda diarea pekarangan rumah anda saja agar tidak jauh dari pantauan anda untuk setiap harinya, gunakan anyaman bambu sebagai pelapis pinggirnya.
  3. Setelah kubung yang anda buat tadi sudah jadi Jangan lupa lapisi dengan plastik. Anda bisa menggunakan plastik polytilin atau dengan menggunakan palstik tipis kering, fungsinya agar terhindar dari bakteri.
  4. Silahkan anda potong kardus dengan bentuk kecil-kecil lalu anda rendam dengan air.
  5. Proses perendaman kardus tamabahkan kapur dan dedak. Jika tidak ada dedak anda bisa mennggunakan bekatul dan limbah makanan.
  6. Dalam pembuatan jamur ini gunakan bahan alami saja, jangan mengunakan bahan kimia karena akan berdampak pada kualitas jamur yang akan dihasilkan, (gunakan pupuk Kandang saja)
  7. Setelah semua bahan seperti Merang, Kardus, jerami, Pupuk Kandang Secukupnya jangan terlalu banyak, lalu masukan kedalam polybag dan bariskan kedalam kubung yang sudah anda buat.
  8. Untuk sistem kubung bisa langsung anda hamparkan langsung kedalamnya.
  9. Setelah itu diamkan selama 5-10 hari agar media tanam dapat tumbuh jamur yang bagus.
  10. lalu anda tutup agar jika di ruangan terbuka atau ditempat tanpa atap
  11. Monitor pertumbuhan media selama 3 hari kedepan dan jangan lupa lakukan penyiraman setiap hari.

Nah sebelm polybag di bariskan dalam kubung jangan lupa sterillkan terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri dengancara mengelap bagian dinding dan lantai kubung tersebut.

Klik Video Pembuatan Jamur Merang

Semoga dalam pembahasan kali ini dapat membuat anda berniat untuk menekuni budidaya jamur merang. Yah tidak lah susah dalam menumbuhkan jamur tidak ada perwatan khusus untuk jamur merang sendiri.

Karena pada dasarnya jika kita lihat disawah anyak sekali jamur yang tumbuh di bagian limbah padi jadi akan lebih mudah jika kita membuat jamur dengan menggunakan merang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *